Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia JMSI Silaturahmi ke HIPMI Bahas HUT JMSI Ke2 di Kendari SulTeng Kepala SKK Migas Tinjau Sumur Eksplorasi Manpatu-1X Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat

Home / Ekonomi / Kabar Daerah / Provinsi Jambi

Senin, 10 Januari 2022 - 07:34 WIB

Melalui DUMISAKE Pemprov Jambi Terus Berupaya Dorong UMKM

Kabarjambikito.com Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,S.H.,M.H, menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya mendorong dan mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Jambi.

Hal tersebut dinyatakan Sekda saat menutup secara langsung Pameran dan Bazar UMKM dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Jambi Tahun 2022, bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (09/01/2022).

“Pameran dan bazar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 65 Provinsi Jambi yang menampilkan produk-produk UMKM dari seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.Ini merupakan salah satu upaya kita dalam mendorong dan mendukung UMKM yang ada,” kata Sekda.

BACA LAINNYA  HUT PGRI KE-76, Kepsek ke Siswa: Tanamkan Adab dan Displin

Sekda menuturkan, selain sebagai salah
satu upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mempromosikan hasil karya para
pengrajin serta produk para pelaku UMKM, kegiatan ini merupakan terobosan dari Pemerintah Provinsi Jambi dengan melakukan kerjasama dengan PT. Grab Indonesia, dalam launching Belanja Langsung Pengadaan atau yang dikenal dengan BELA PENGADAAN.

“Tidak hanya itu, tidak lama lagi kita akan mengadakan launchingplatform belanja lainnya seperti Mbizmarket dalam suatu wadah marketplace yang dinamakan dengan BLANJO (Belanja LANgsung Jambi Online),” tutur Sekda.

 

“Tidak hanya itu, tidak lama lagi kita akan mengadakan launching
platform belanja lainnya seperti Mbizmarket dalam suatu wadah marketplace yang dinamakan dengan BLANJO (Belanja LANgsung Jambi Online),” tutur Sekda.

BACA LAINNYA  Wagub Abdullah Sani Dukung Forum BKPRMI Provinsi Jambi

 

Sekda mengungkapkan, UMKM adalah
penyumbang produk domestik bruto (PDB) Nasional dan memiliki peran penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia, dimana Pemerintah memiliki peran sebagai katalisator dan fasilitator.

 

“Sebagai katalisator, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE), dalam Pilar Jambi Tangguh, memberikan bantuan modal kerja bagi UMKM dan sebagai fasilitator, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan pendampingan bagi para pengrajin dan pelaku usaha,” ungkap Sekda.

 

Pemerintah Provinsi Jambi melakukan pendampingan bagi para pengrajin dan pelaku usaha.

Sekda mengharapkan, para pengrajin danbpelaku usaha UMKM memiliki sikap yang adaptif dan kreatif dalam mengelolabsumber daya alam Provinsi Jambi yang sangat kaya dan beragam, sehingga dapat memasarkan produk produknya pada level nasional dan internasional.

BACA LAINNYA  Danrem 042/Gapu Ikuti Literasi Keuangan bersama OJK Jambi  

Pada akhir acara, diumumkan pemenang sekaligus pembagian hadiah kategori stand terbaik Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi yang diberikan kepada Juara 1 Kota Sungai Penuh, Juara 2 Kabupaten Bungo, Juara 3 Kota Jambi, dalam hal ini Kota Sungai Penuh keluar sebagai Juara Umum kategori stand terbaik Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Untuk Kategori stand terbaik
OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, Juara 1 Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Juara 2 Dinas Kelautan dan Perikanan, Juara 3 Dinas Sosial,
Kependudukan dan Catatan Sipil, serta kategori stand terfavorit diberikan
kepada KPW Bank Indonesia Provinsi Jambi.

(Adv)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Hingga Saat Ini di Batanghari Tercatat 14 ASN Yang Ajukan Mutasi

Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Alharis Siapkan Bantuan dan Pendidikan Anak Panti Asuhan

Bungo

Rio Asal Bungo Ini Siap Rebut Kursi Nomor Satu di Pilkada 2024

Kabar Daerah

Juara 1 Perlombaan Seloko Meminang, Ada Hasan Dibalik Tiga Pemuda Ini

Kabar Daerah

Hari Batik Nasional, Umy Dhilah Sadat : Ingin Batik Khas Tanjabbar Dikenal Luas

Batanghari

Besok Kamis Pilkades, Animo Masyarakat Cukup Tinggi Terhadap A Roni Ali

Ekonomi

Wabup BBS Dampingi Wagub Abdullah Sani Hadiri Kegiatan Program Peremajaan Sawit Rakyat di Sungai Bahar

Batanghari

Pilkades Kembang Seri, Anang Fahri Raih Suara Terbanyak