Menu

Mode Gelap
Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi Mursyid : Tepat Mendagri dan Gubernur Jambi Pilih Hendrizal, Pengalamannya Sangat Lengkap. Muncul Wajah Baru di Tubuh Pengurus Pemuda Pancasila Jambi, Begini Komentar Panglima Ardi Jum’at Berkah, Masyarakat: Bertemu Bupati Saja Kami Sudah Senang Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru

Nasional · 26 Okt 2021 20:30 WIB

Meninggal 10 Hari Sebelum Pencoblosan, Calon Kades Ini Menang Telak


 Meninggal 10 Hari Sebelum Pencoblosan, Calon Kades Ini Menang Telak Perbesar

NASIONAL – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menjadi perbincangan banyak orang. Hal ini lantaran calon petahana di Pilkades Muara Dua, Kecamatan Cikulur yang bernama Jakaria menang, namun dia diektahui telah meninggal dunia sekitar 10 hari sebelum pencoblosan.

Di desa tersebut terdapat dua calon yang maju di Pilkades yaitu almarhum Jakaria dan Rusnata. Diketahui bahwa alamarhum Jakaria menang telak atas Rusnata. Jakaria memperolah 2.550 suara, sementara Rusnata hanya memperoleh 926 suara.

BACA LAINNYA  Berikut Rangkaian Rakernas JMSI di Semarang

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lebak, Babay Imroni kepada wartawan mengatakan, bahwa sesuai aturan yang ada, almarhum Jakaria secara aturan tetap ditetapkan sebagai pemenang dan akan dilantik.

“Berdasarkan aturan, baik Permen (Peraturan Menteri) maupun Perbup (Peraturan Bupati), bahwa pemenang tetap dilantik. Namun diberhentikan dan ditunjuk Pjs,” kata Babay Imroni, Senin (25/10/2021).

Sementara itu ketua Ormas Badak Banten Perjuangan Eli Syahroni yang juga merupakan kerabat dekat almarhum mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Muara Dua yang telah berjuang mensukseskan Jakaria sebagai calon kepala desa nomor urut satu di Pilkades.

BACA LAINNYA  Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK, Rizal Ramli Beri Pujian Ubaidillah Badrun

“Alhamdulillah masyarakat tetap kokoh dalam kerangka kebersamaan berada di barisan almarhum Jakaria, hal itu yang terbangun sejak almarhum masih ada, dan ini dapat kita saksikan dengan perolehan suaranya yang cukup besar,” katanya.

BACA LAINNYA  Sandiaga Uno Pamit dari Menteri Parekraf

Eli berharap Bupati Lebak dapat menjalankan kewajiban mengangkat Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa berdasarkan undang-undang dan Peraturan daerah yang memiliki kekuatan hukum tetap, untuk mengangkat dan menetapkan PJS Kepala Desa Muaradua.

“Ada peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti Perda no 1 tahun 2015, di paragraf 4 tentang tatacara Pilkades pasal 8,9,10 dan 11 untuk di jadikan dasar mengangkat dan menetapkan PJS Kepala Desa Muaradua,” tuturnya.

Sumber: Merdeka.com

Artikel ini telah dibaca 460 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Bangun Kualitas Pers

19 Mei 2022 - 06:39 WIB

JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol

17 Mei 2022 - 13:29 WIB

Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

16 Mei 2022 - 13:54 WIB

Tito Karnavian Bakal Lantik 5 Pj Gubernur Hari Ini

12 Mei 2022 - 07:30 WIB

DOR! Pak Guru MIT Tewas Ditembus Peluru

28 April 2022 - 06:01 WIB

Benarkah Habib Rizieq Dinobatkan Imam Besar oleh Dedengkot NU?

27 April 2022 - 00:45 WIB

Trending di Nasional