Menu

Mode Gelap
Harga Buah Sawit Anjlok, Dewan Batanghari Gelar RDP Agar BBM Subsidi Tepat Sasaran, Al Haris Gandeng Polda Jambi Al Haris Harapkan Qori dan Qori’ah Harus Percaya Diri Bupati Masnah Busro Kukuhkan Kades Sebagai Pemangku Adat Terima Kunjungan Silaturahmi Pengurus KNPI, Irjen Pol Rachmad: Polri Siap Bersinergi

Hukrim · 16 Feb 2022 12:08 WIB

Menipu Warga, Dua Oknum Wartawan Diamankan Polisi


 Jajaran Polres Merangin saat gelar press release kasus oknum wartawan Perbesar

Jajaran Polres Merangin saat gelar press release kasus oknum wartawan

Kabarjambikito.com – Memaknai idealita pada hakikatnya mudah. Idealita itu memiliki makna ‘apa yang seharusnya didapatkan/diperoleh’. Wartawan dituntut mengembangkan profesi jurnalistiknya untuk mencerdaskan bangsa.

Moralitas merupakan keseluruhan norma-norma, nilai-nilai dan sikap seseorang atau masyarakat. Moralitas adalah sikap hati yang terungkap dalam perbuatan lahiriyah. Moralitas terdapat apabila orang mengambil sikap yang baik karena ia sadar akan kewajiban dan tanggungjawabnya dan bukan ia mencari keuntungan.

Seorang wartawan dalam melakukan tugas jurnalistik juga wajib profesional, tidak menodai profesi sebagai pers. Jika profesi tersebut tidak dijaga maka akan merusak oknum wartawan itu sendiri.

BACA LAINNYA  Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen

Seperti kejadian di Kabupaten Merangin, dua oknum wartawan yang AT (45), warga Desa Tambang Emas Pamenang Selatan bersama rekannya SN (43), warga Tran C2, diringkus oleh jajaran Satreskrim Polres Merangin.

Dia oknum tersebut ditangkap, karena diduga telah penipu RM (40), warga Kecamatan Pamenang, dengan berjanji akan menyelesaikan kasus pidana yang menimpa suami korban.

Kedua oknum wartawan tersebut menawarkan diri akan membantu suami korban, dengan syarat ada pulus semua jadi mulus.

Namun aksi yang dilakukan oleh oknum wartawan tersebut, malah mencatut nama Kapolres dan pejabat Kejaksaan Negeri Merangin.

BACA LAINNYA  88 Pengaduan Kasus Investasi Penipuan Ternak Lele Yang Telah Diterima Polda Jambi

Mendengar hal ini membantu RM terbujuk rayu, dan memberikan kepada dua oknum wartawan itu sejumlah uang Rp 43 juta.

” Karena saya percaya kepada mereka, saya beri uang Rp 43 juta untuk membantu selesaikan kasus suami saya,” ungkap RM, Selasa (15/2/2022).

Merasa kasus suaminya tak kunjung selesai, membuat RM kecewa dan dirinya merasa di tipu. Akhirnya korban melaporkan ke Polres Merangin

Terkait hal ini, Kapolres Merangin AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata SIK, membenarkan.

“Bedasarkan laporan warga yang merasa dirugikan, kami mengaman dua orang tersangka dugaan penipuan. Mereka berjanji akan akan menyelesaikan kasus suami korban, tenyata tidak selesai. Akibat itu korban mengalami kerugian Rp 43 juta oleh kedua tersangka,” ungkap Kapolres saat gelar press release.

BACA LAINNYA  Siswi SMP Dirudapaksa Teman Kenalan di Instagram, Habis Minum Air Putih Tiba-tiba Pusing dan Lemas

Lanjut Kapolres, kedua tersangka secara bersama dengan menjanjikan sesuatu terhadap orang yang sedang terkena proses hukum dan itu tidak dibenarkan.

Yang lebih parahnya lagi, kedua tersangka juga mencatut beberapa nama pejabat di Kabupaten Merangin dalam menjalankan aksinya.

“Akibat perbuatanya, kedua pelaku diganjar dengan Pasal 378 jo 372 KUHP, ancaman pidana maksimal lima tahun penjara,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 114 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lucu!! Aksi Kades Ini Malah Bikin Uang Rp. 1.4 M Yang Akan Diterima Desa berubah Jadi DP Mobil

14 Mei 2022 - 14:27 WIB

Pelaku Penusuk Leher Warga Marosebo Ulu Berhasil Diamankan Polisi

13 Mei 2022 - 09:14 WIB

Hanya Gegara Lempar Kunci Motor, Satpam Bunuh Rekannya Sendiri

12 Mei 2022 - 17:28 WIB

Nekat Tusuk Polisi Dengan Tombak, Tiga Peluru Tembus Dada DPO Curat di Jambi

11 Mei 2022 - 08:28 WIB

Satpam Ditemukan Meninggal Dunia Diduga di Tusuk Pelaku Pencuri Buah Sawit

9 Mei 2022 - 06:40 WIB

Wakil BPD Tebing Tinggi Diringkus BNNK Batanghari

25 April 2022 - 17:13 WIB

Trending di Hukrim