Menu

Mode Gelap
Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

Pencerahan/ Hikmah · 10 Feb 2022 08:09 WIB

Merawat Persaudaraan


 Merawat Persaudaraan Perbesar

OLEH: IMAM NUR SUHARNO

Persaudaraan (ukhuwah) adalah satu konsepsi Islam yang menyatakan bahwa setiap Muslim dengan Muslim yang lainnya adalah bersaudara. Banyak ayat Alquran dan hadis yang menjadi landasan konsep ini.

Dalam Islam, ukhuwah bermakna suatu ikatan persaudaraan antara dua orang atau lebih berdasarkan keimanan. Persaudaraan Islam merupakan ikatan yang paling hakiki dan kuat, mengungguli semua jenis ikatan lainnya. Boleh jadi, ikatan lainnya hanyalah bersifat sarana ukhuwah, tetapi tidak dapat dijadikan dasar yang kuat bagi bangunan persaudaraan.

Agar tali persaudaraan (ukhuwah) ikatannya tetap terjaga dengan baik dan kokoh maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk merawat persaudaraan dalam Islam. Pertama, memberitahukan kecintaan kepada orang yang kita cintai secara langsung.

BACA LAINNYA  Soal Sertifikat Vaksin Jokowi Ramai di Medsos, Ini Tanggapan Kemenkes

Nabi SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian mencintai saudaranya hendaknya ia memberitahu saudaranya itu bahwa ia mencintainya.” (HR Bukhari).

Kedua, minta didoakan apabila berpisah. Nabi SAW bersabda, “Tidak seorang hamba Mukmin berdoa untuk saudaranya dari kejauhan melainkan Malaikat berkata: ‘Dan bagimu juga seperti itu’.” (HR Muslim).

Ketiga, menunjukkan kegembiraan dan senyuman jika bertemu. Nabi SAW bersabda, “Janganlah engkau meremehkan kebaikan (apa saja yang datang dari saudaramu), dan jika kamu bertemu dengan saudaramu maka berikan dia senyum kegembiraan.” (HR Muslim).

BACA LAINNYA  Maulana Janji Akan Bantu Warga Dan Bangun Sekolah Yang Terbakar di Kasang

Keempat, berjabat tangan jika bertemu. Nabi SAW bersabda, “Tidak ada dua orang mukmin yang bertemu lalu berjabatan tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (HR Abu Dawud).

Kelima, saling mengunjungi. Keenam, saling memberi hadiah. “Wahai para wanita Muslimah, janganlah seorang tetangga memandang rendah pemberian tetangganya meski hanya sop kaki kambing.” (HR Bukhari).

Ketujuh, membantu keperluannya. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kedelapan, memenuhi hak ukhuwah. Nabi SAW bersabda, “Hak Muslim atas Muslim lainnya ada enam.” Kemudian ditanyakan kepada beliau, “Apa itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Jika engkau menjumpainya, ucapkan salam. Jika ia mengundangmu, penuhilah. Jika ia meminta nasihatmu, nasihatilah. Jika ia bersin lantas ia memuji Allah, jawablah. Jika ia sakit, jenguklah. Dan jika ia meninggal dunia, iringilah jenazahnya.” (HR Muslim).

BACA LAINNYA  Sempat Viral Hilang, Mahasiswi Ini Pergi Menemui Kekasihnya

Kesembilan, mengucapkan selamat. Nabi SAW biasa mengucapkan, baarakallahu laka wa baaraka alaika wa jama’a bainakuma fi khair” pada pasangan yang menikah (HR Abu Dawud). Semoga Allah membimbing kita kaum Muslimin agar dapat merawat tali persaudaraan. Amin.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Siapa Sebenarnya Sosok Ebit Lew

13 Mei 2022 - 14:23 WIB

UAS: Azan Itu Lafadz Allah, Yang Terganggu Musti di Ruqyah

25 Februari 2022 - 11:37 WIB

Refliksi Sumpah Pemuda Dalam Mendorong Generasi Muslim Berkualitas

28 Oktober 2021 - 08:29 WIB

Ganjaran Istri yang tak Membangkang pada Suami

28 Oktober 2021 - 07:36 WIB

Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

12 Oktober 2021 - 07:32 WIB

Orang yang Memperoleh Syafaat Khusus di Hari Kiamat

10 Oktober 2021 - 23:19 WIB

Trending di Pencerahan/ Hikmah