Menu

Mode Gelap
Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025 Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

Kabar Daerah · 29 Okt 2021 18:00 WIB

Mursyid Sonsang: Guru Bukan Hanya Mengajar Ilmu Pengetahuan, Tapi Membuat Siswa Berahlak Mulia


 Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Provinsi Jambi, Mursyid Yusmar Sonsang (kemeja putih) Perbesar

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Provinsi Jambi, Mursyid Yusmar Sonsang (kemeja putih)

Kabarjambikito.com – Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Provinsi Jambi, Mursyid Yusmar Sonsang dan Wydiaswara BKSDM, Jhon Eka Powa menjadi narasumber dalam rapat koordinasi Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang digelar Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, di aula kantor itu, Kamis (28/10/2021).

Rakor dihadiri lebih dari 100 orang tenaga pengajar tingkat SMA/SMK se Provinsi Jambi dibuka oleh Assisten 1 Sekda Pemprov Jambi, Arpani Saharudin dan dimoderatori Chairul Saleh, PLT Sekban Kesbangpol Jambi.

Kepala Kesbangpol Muhkti Said yang diwakili Nelly Baiyani, Kabid Pengembangan Nilai Nilai Kebangsaan mengatakan kegiatan ini bertujuan mendapat masukan dari nara sumber dan peserta bagaimana penguatan pendidikan wawasan kebangsaan bisa lebih mantap di waktu mendatang.

BACA LAINNYA  Tiga Calon Rebut Kursi Kepemimpinan DPD IWO Batanghari

Dalam makalahnya berjudul ‘Tenaga Pendidik Ujung Tombak Pemantapan Wawasan Kebangsaan’, Mursyid Sonsang memaparkan betapa besarnya peran guru untuk mendidik generasi penerus bangsa dalam memantapkan wawasan kebangsaan.

“Ada perubahan orientasi yang terjadi saat ini bahwa guru lebih banyak mengajar daripada mendidik, ini perlu menjadi perhatian dari pemangku bidang kependidikan,” kata Mursyid.

Menurut Mursyid, seyogianya guru bukan sekadar mengajar ilmu pengetahuan tapi bagaimana bisa mendidik siswa bermoral yang baik, memiliki karakter kepribadian bangsa dan berahklak mulia.

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat, Sambut Kunker Ketua Pengadilan Agama Provisi Jambi

Mursyid berujar, pemantapan kebangsaan itu bisa saja dilakukan saat pembelajaran atau sebelum pembelajaran. Banyak media pendidikan yang bisa digunakan, misalnya film animasi, permainan game yang muatannya mengambarkan patriotik, kebaikan dan pesan moral lainnya.

Nara sumber dari BKSDM Provinsi Jambi, Jhon Eka Powa sepakat dengan Mursyid Sonsang, bahwa peran tenaga kependidikan sangat penting dalam memberikan contoh teladan kepada murid muridnya dalam menerapkan nilai wawasan kebangsaan.

” Nilai luhur wawasan kebangsaan itu lebih mudah dijerna anak didik dengan memberikan contoh teladan,” ujar mantan Kabag Humas Pemkot Jambi ini.

BACA LAINNYA  Perbaiki Alat Elektronik, Warga Ini Meninggal Dunia Bersimbah Darah

Ditambahkan Mursyid Sonsang yang juga alumni Lemhannas PPSA 18 Tahun 2018 ini, saat ini bangsa kita membutuhkan contoh teladan yang baik untuk generasi muda ini.

” Para orang tua, guru/dosen, para pejabat publik, tokoh tokoh masyarakat berilah contoh teladan dan satu kata dengan perbuatan kepada anak anak bangsa ini,” ujar Master Pendidikan ini.

Ayah dari Taruna Akpol, Fachri Muhammad Murysid ini menyebutkan, nilai-nilai kebangsaan yang sudah kita sepakati bersama diambil dari nilai luhur nenek moyang dahulu, seperti gotong royong, toleransi, musyawarah dan mufakat seperti yang terkandung dalam Pancasila.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari

4 Desember 2021 - 23:02 WIB

Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

4 Desember 2021 - 21:37 WIB

Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka

4 Desember 2021 - 17:52 WIB

Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi

4 Desember 2021 - 10:52 WIB

Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

4 Desember 2021 - 08:07 WIB

Pasca Kaburnya Tahanan, Anggota Polres Batanghari Masih Diperiksa Bid Propam

3 Desember 2021 - 08:01 WIB

Trending di Kabar Daerah