Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Sumur Energi di Kawasan PT Reki di Batanghari Meledak, Satu Orang Alami Luka Serius Heboh !!! Warga Muaro Jambi Temukan Mayat Dalam Lobang Jenderal Kapolri Listyo Sigit: Penerapan PPKM Level 1 Hingga 4 di Jambi Menunjukkan Progres yang Baik

Home / Batanghari / Ekonomi

Rabu, 15 September 2021 - 15:24 WIB

Panen Jagung Raya di Karmeo, Sekda Azan Berharap Bisa Jadi Motivasi Petani Lain

Sekda Batanghari H Muhammad Azan, SH panen raya jagung di Desa Karmeo

Sekda Batanghari H Muhammad Azan, SH panen raya jagung di Desa Karmeo

Kabarjambikito.com – Mewakili Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief SE, Sekretaris Daerah (Sekda) H Muhammad Azan SH menghadiri acara Penen Raya Jagung bersama Kelompok Tani Sumber Sari, di Desa Simpang Karmeo, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari.

Selain Sekda juga tampak hadir Asisten II Pemerintahan, Muhammad Rifa’i Kadir, kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Batanghari, Kepala Bagian Sumber Daya Alam (Kabag SDA), Ketua Tim Motivator Desa Simpang Karmeo, Camat Batin XXIV, Ketua BPD, perwakilan Maneger PT. East Seed Indonesia, Sekdes Simpang Karmeo, para petani dan undangan lainnya.

Irsadul Ngibat, dalam hal ini sebagai pemilik utama lahan petani jagung manis mengatakan, kelompok tani Sumber Sari dalam melakukan penanaman Jagung tidak bergerak sendirian, tetapi juga dibantu dengan kerja sama dari pihak PT. East Seed Indonesia (Panah Merah) yang merupakan PT dalam bidang pembibitan.

BACA LAINNYA  Viral Emak-emak Mencuri Susu Asal Malang, Begini Cerita Pengurus RT

“Alhamdulillah ini merupakan panen raya yang pertama kelompok tani jagung kami. Untuk diketahui, dalam pelaksanaan bercocok tanam jagung yang saat ini kita lakukan pemanenan, ini semua bukan karena hasil kerja keras petani sendiri, tetapi atas bantuan kerja samanya Panah Merah juga,” kata Irsadul Ngibat saat menyampaikan sambutannya pada saat panen raya Rabu(15/09/2021).

Ia juga menjelaskan, untuk luas lahan yang saat ini dikelola oleh kelompok tani Sumber Sari seluas 1 hektare dan semua di tanamkan dengan 5 jenis bibit jagung manis.

“Untuk luasan lahan yang kami tanami jagung yaitu sekitaran 1 Haktar dan untuk saat ini baru kami tanami 5 macam jenis bibit jagung yang bibitnya kami dapati dari pihak Tanah Merah yaitu bibit Jangung Manis Skada, Jagung manis bonansa, Jagung manis ketan, Jagung manis kulut(3 warna, kuning, ungu dan pink) dan Jagung kumala,” jelasnya.

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Minta Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19 Harus Sinergi Antar Pemkab dan Seluruh Elemen

Irsadul berharap, kedepan tidak hanya melakukan kerja sama dengan pihak Tanah Merah saja, tetapi ia berharap pihak pemerintah kabupaten bisa memberi bantuan maupun membimbing petani yang ada di Desa simpang Karmeo.

“Kami sebagai petani sangat berharap setelah panen ini akan ada bantuan dari pemerintah turun ke lahan pertanian kami memberi bimbingan maupun bantuan pupuk,” harapnya.

Pada kesempatan itu Sekda Azan mengatakan, pihak pemerintah Kabupaten Batanghari sangat membantu segala kegiatan masyarakat dalam bidang pertanian.

“Dengan adanya kegiatan panen raya jagung saat ini, kita dari pemerintah kabupaten, terutama dari Dinas pertanian dan ketahanan pangan akan selalu mensuport serta mendampingi kelompok tani mekar sari dan lainnya. Dengan adanya kelompok tani Mekar Sari di Simpang Karmeo ini maka bisa memotivasi, mengembangkan, dan memperluaskan semangat bertani kepada kelompok tani lainnya yang ada di Kabupaten,” ujar Setda Azan.

BACA LAINNYA  How One Furniture Manufacturer Goes 'Beyond Sustainability'

Kemudia Azan juga menyebutkan, agar para petani untuk tidak pernah merasa segan untuk berkomunikasi dengan pejabat terkait apabila ada pembahasan tentang pertanian.

“Jangan pernah mengira darah kami ini darah biru, tapi kami di sini para pejabat yang di depan ini termasuk saya sendiri (red- Sekda) juga merupakan darah merah, jadi mari bersama-sama kita berdoa semoga anak-anak muda Desa Simpang Karmeo saat ini bisa juga menjadi Sekda atau Kepala Dinas bahkan jadi Blbupati untuk beberapa tahun kedepannya,” sebut Azan.

(Society/Puji)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Tiga Desa di Batanghari Terjangkau oleh Indosat Ooredoo

Batanghari

Jadi Pembicara Webinar Nasional PB-HMI, Fadhil Arief: Fokus Perbaiki Sektor Hulu Pertanian

Ekonomi

Ketemu Menteri PUPR , Gubernur Al Haris Bahas Pembangun Ujung Jabung

Batanghari

Wabup Bakhtiar: Program Prioritas Butuh Dukungan Infrastruktur Dasar

Ekonomi

Sawah Talang Umo Tinggal Jadi Magnet Warga , Pemkab Batanghari: Akan Kita Dijadikan Tempat Wisata

Batanghari

Berikan Bantuan Stimulus UMKM, Fadhil Arief: Pergunakan Sebaik Mungkin

Batanghari

BPBD Batanghari Dapat Bantuan Sweb Antigen Sebanyak 175 Unit dari PT PMG

Batanghari

Permudakan Penanganan Pasien Isolasi Mandiri, Dinkes Batanghari Jalin Kerjasama dengan Kominfo Batanghari