Menu

Mode Gelap
Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

Nasional · 26 Feb 2022 23:07 WIB

Peduli, JMSI PP Galang Donasi Untuk Korban Gempa Pasaman Barat


 Peduli,  JMSI PP Galang Donasi Untuk Korban Gempa Pasaman Barat Perbesar

Kabarjambikito.com – Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (PP JMSI) menginisiasi penggalangan donasi untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, melalui rekening BRI 0058-01-02566-53-9 atas nama Pengurus Daerah (Pengda) JMSI Sumatera Barat.

“Hari ini, Pengurus Pusat telah berkordinasi dengan Pengda JMSI Sumbar. Diputuskan, melakukan aksi sosial berupa aksi donasi untuk korban gempa di Sumatera Barat,” ungkap Ketua Umum PP JMSI, Teguh Santosa melalui Sekjen JMSI, Mahmud Marhaba yang ditugaskan untuk melakukan komunikasi dengan Sekretaris Pengda JMSI Sumbar, Aguswanto, Sabtu (26/02/2022).

Menyukseskan agenda kepedulian terhadap sesama ini, ungkap Mahmud, PP JMSI telah menginstruksikan semua Pengda JMSI se-Indonesia, untuk menggalang donasi bagi korban gempa, baik secara tunai maupun non tunai.

BACA LAINNYA  Warga Temukan Tukang Pangkas Rambut Tidak Bernyawa Lagi

“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap saudara kita di Sumbar terutama di lokasi gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. Kita berdoa, dengan bantuan yang terkumpul disetiap Pengda, Pengcab dan seluruh anggota JMSI se-Indonesia nanti, bisa meringankan beban duka para korban,” harap Ketum Teguh Santosa.

Sementara, Sekretaris Pengda JMSI Sumbar, Aguswanto pada pengurus pusat menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas inisitif penggalangan dana bantuan ke semua anggota, Pengda dan Pengcab di seluruh Indonesia serta mitra kerja terkait.

BACA LAINNYA  Dampak Industri Komunikasi yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja

“Terima kasih atas donasi yang akan dikumpulkan. Insya Allah, ini akan memberikan barokah untuk kita semua,” ungkap Aguswanto.

Menurut Aguswanto, donasi yang dikumpulkan ini, pemanfaatannya nanti akan menunggu hasil assesment bencana yang masih berlangsung oleh tim BPBD Sumbar serta Pasaman Barat dan Pasaman.

Diberitakan, gempa darat dengan intensitas 6,2 SR terjadi Jumat, pukul 08.39 WIB dengan pusat gempa di 0.15 LU – 99.98 BT atau 18 km timur laut Pasaman Barat.

Laporan BNPB pada Jumat per pukul 21.00 WIB, gempa ini telah menyebabkan jatuhnya 7 orang korban jiwa, 10 orang mengalami luka berat, 75 orang luka ringan.

BACA LAINNYA  Pakar Hukum: Ketua KPI Bisa Dikenakan Pindana dalam Kasus Pelecehan Seksual, Kenapa Harus Viral Dulu?

Selain itu, menyebabkan, sedikitnya 5.000 jiwa mengungsi di 35 titik pengungsian yang berada di Kecamatan Talamau, Pasaman, Kinali di Kabupaten Pasaman Barat.

Kemudian, terdapat 1 KK/2 jiwa mengungsi ke rumah kerabat di Kabupaten Limapuluh Kota dengan korban terdampak sebanyak 16 KK (53 jiwa).

Selain itu, gempa juga menyebabkan galodo (pergerakan lumpur bercampur air) yang berasal dari arah Gunung Pasaman. Galodo ini menerjang sejumlah pemukiman penduduk dan lahan pertanian.

Pantauan lapangan, galodo ini terjadi akibat tebing Gunung Pasaman ini mengalami terban cukup luas, yang kemudian menimbun sumber air dari sejumlah sungai yang berasal dari gunung itu. [*]

Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

16 Mei 2022 - 13:54 WIB

Sadis!! Warga Marosebo Ulu, Batanghari Ditemukan Dengan Leher di Gorok

13 Mei 2022 - 06:24 WIB

Tito Karnavian Bakal Lantik 5 Pj Gubernur Hari Ini

12 Mei 2022 - 07:30 WIB

Antar Istri ke Kota Jambi, Pulangnya Rumah di Bobol Maling

30 April 2022 - 15:24 WIB

Mahasiswi FKIP Universitas Jambi Ditemukan Tidak Bernyawa di Kamar Kos

28 April 2022 - 08:33 WIB

DOR! Pak Guru MIT Tewas Ditembus Peluru

28 April 2022 - 06:01 WIB

Trending di Nasional