Menu

Mode Gelap
Sekda Sempat Bertanya Tentang Kegiatan di 2021, Fadhil Arief: Saya Yakin Hutang Lunas dan Jalan Tetap Dibangun JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi

Kota Jambi · 21 Mar 2022 20:20 WIB

Pemerintah Kota Jambi Beri Kabar Gembira Jelang Ramadhan 1443 H


 Pemerintah Kota Jambi Beri Kabar Gembira Jelang Ramadhan 1443 H Perbesar

Kabarjambikito.com — Bulan Ramadhan 2022 / 1443 memang tinggal hitungan hari. Saat ini, Bulan Syaban yang merupakan pintu gerbang Bulan Ramadhan akan memasuki 20 hari terakhir. Itu artinya umat Islam akan kedatangan bulan istimewa untuk menjalankan ibadah yakni puasa Ramadhan.

Jika mengacu pada hisab awal Ramadhan 1443 / 2022 dilansir dari falakiyah nu, akhir Bulan Syaban 1443 H yakni Jumat 1 April 2022. Tinggi hilal hakiki 2 derajat. Sedangkan puasa Ramadhan atau 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu 2 April 2022.

Namun, hisab awal lembaga falakiyah NU itu belum final dan masih akan melakukan pengamatan atau rukyatul hilal pada Jumat, 1 April 2022.

BACA LAINNYA  Terkait PTT Titipan, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto: Sebut Saja Nama Yang Menitip

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah mengumumkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 2 April 2022. Keputusan itu berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah NOMOR 01/MLM/I.0/E/2022.

Penetapan 1 Ramadan tersebut adalah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ada satu momen yang tidak bisa lepas saat bulan suci ramadhan tiba yakni pasar beduk yang menjadi ajang menggairahkan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi kolase kehadiran kue-kue tradisional khas daerah itu dalam sajian menu takjil.

Keberadaan pasar beduk itu, sudah berlangsung sejak lama sekali, terutama saat bulan puasa tiba, namun beberapa tahun terakhir ini selama masa pandemi warga Kota Jambi harus menahan diri untuk memanjakan mata dan berbelanja membeli takjil untuk menu buka puasa.

BACA LAINNYA  Sang Guru Dilantik Sebagai Bupati Oleh Anak Didiknya

Nah, kabar gembira pada Ramadhan 1443 H, tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Jambi akan mempersilahkan para pedang untuk berjualan di pasar beduk sebagai penumbuhan ekonomi.

Hal tersebut di jelaskan oleh Wakil Walikota Jambi, Dr. dr. Maulana. MKM, dimana orang nomor dua di Kota Jambi itu meminta kepada instansi terkait untuk mempermudah pengelola pasar beduk, disamping itu Wawako Maulana juga memerintahkan kepada camat untuk mengkordinir agar tertib.

BACA LAINNYA  Pengaspalan Jalan H. Zainir Havis Provinsi Jambi Dapat Keluhan PKL Tugu Keris

” Pasar bedug harus di permudah, hanya saja dikoordinir camat untuk ketertibannya, untuk penumbuhan ekonomi ” Katanya, Senin (21/03/2022), Malam

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jambi, Yon Heri. ME menyebutkan ,pengelola pasar beduk di Kota Jambi harus melapor ke Diserindag Kota Jambi untuk aktivitas pasar beduk itu agar dapat di koordinir oleh pihak kecamatan.

” Ya pengelola pasar bedug hanya lapor ke perindag, selanjutnya perindag menyampaikan info ini ke camat agar mereka monitor untuk ketertiban, tidak perlu izin ” Ujarnya. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 158 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Maulana Janji Akan Bantu Warga Dan Bangun Sekolah Yang Terbakar di Kasang

8 Mei 2022 - 18:53 WIB

Dapat Bingkisan Lebaran Gratis, Emak-Emak di Jambi Siap Hadapi Idul Fitri 2022

29 April 2022 - 20:45 WIB

Ratusan PHL, Driver Ojol dan Anak Yatim di Jambi Sumringah Terima Paket Sembako Gratis

28 April 2022 - 19:41 WIB

Bukber Dengan DPC , Hafiz Fattah Berharap Marosebo Ulu Jadi Lumbung Suara

23 April 2022 - 08:32 WIB

Gelar Nuzulul Qur’an, DPW PPP Jambi Ajak Anak Muda Wariskan Kepemimpinan Masa Mendatang

19 April 2022 - 04:46 WIB

Berbagi Zakat Maal, Warga Sijenjang Doakan Wawako Maulana

17 April 2022 - 18:26 WIB

Trending di Kota Jambi