Menu

Mode Gelap
Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025 Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

Batanghari · 27 Okt 2021 17:03 WIB

Pemkab Batanghari Bakal Anggarkan 31 Unit Power Thresher Untuk Petani Padi


 Foto Ilustrasi Mesin Perontok Padi (Power Thresher) Perbesar

Foto Ilustrasi Mesin Perontok Padi (Power Thresher)

Kabarjambikito.com – Potensi lahan pertanian yang ada di Kabupaten Batanghari dimanfaatkan secara optimal oleh para petani. Untuk mendukung hal itu, dukungan terhadap sektor pertanian sangat diperlukan guna meningkatkan hasil produksi pertanian lokal.

Seperti di Dusun Tengah, Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari lahan sawah warga yang sebuah kurang lebih 30 hektare sangat membutuhkan mesin perontok Padi (Power Thresher).

” Petani di sini kalau lagi penen kekurangan alat perontok padi, karena ketika penen padi disini serentak,” kata Zukni, Rabu (27/10/2021).

BACA LAINNYA  Terkait Truk Batubara di Bakar Warga, Polda Jambi Minta Para Sopir Patuhi Jam

Terkait hal tersebut, Kelompok Tani Dusun Tengah, Desa Rambutan Masam akan mengajukan proposal, untuk minta bantuan kepada Pemkab Batanghari melalui Dinas Pertanian, Batanghari.

Sementara saat redaksi Kabarjambikito.com konfirmasi dengan Kepala Dinas Pertanian Batanghari, Mara Muliya Pane, SP mengatakan, untuk tahun 2022 Pemkab akan mengangar sebanyak 31 unit Power Thresher (mesin perontok padi) untuk petani Batanghari. Bantuan ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 27 unit.

BACA LAINNYA  Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri

” Kalau tidak ada perubahan lagi, pada tahun 2022 Pemkab Batanghari anggarkan 31 unit mesin perontok padi,” katanya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Katanya, bagi kelompok tani boleh mengajukan proposal ke Dinas Pertanian Batanghari. Dengan melengkapi administrasi.

” Siapa yang cepat mengajukan akan diberikan bantuan. Tapi nama juga harus diketahui oleh Petugas Penyuluhan setempat, ” jelasnya.

BACA LAINNYA  Setiap Hujan Deras Pemukiman Warga Banjir, Warga: Kemana Lagi Kami Mengadu

Saat Kabarjambikito.com menyinggung kelompok tani Dusun Tengah, Desa Rambutan membutuhkan mesin perontok. Pane menyebutkan, di Desa Rambutan Masam termasuk menjadi prioritas Pemkab Batanghari untuk produksi padi. Namun katanya juga akan mengecek luas lahan sawah. Karena sekurangnya sawah kelompok tani seluas 10 hektare.

” Di situ ada Petugas Penyuluhan namanya Eko. Dan di sana ada 8 kelompok tani,” ujarnya setelah menelpon Petugas Penyuluhan, Eko.

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari

4 Desember 2021 - 23:02 WIB

Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025

4 Desember 2021 - 21:37 WIB

Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka

4 Desember 2021 - 17:52 WIB

Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi

4 Desember 2021 - 10:52 WIB

Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

4 Desember 2021 - 08:07 WIB

Pasca Kaburnya Tahanan, Anggota Polres Batanghari Masih Diperiksa Bid Propam

3 Desember 2021 - 08:01 WIB

Trending di Kabar Daerah