Menu

Mode Gelap
Bantu CSR, PT VAT Perbaiki Akses Jalan SMK Negeri 6 Batanghari Fadhil Terpilih Ketua Umun Asprov PSSI Jambi 2021-2025 Pasca PWN, Gubernur Al Haris: Dapat Wujudkan Rintisan Kampung Pramuka Tim UNRAS ini Akan Bertarung di Mabes Polri Mewakili Provinsi Jambi Lantik 278 Pejabat Eselon II, III, dan IV , Wagub Abdullah Sani Minta Sinergi Lintas OPD

Pendidikan · 22 Nov 2021 19:11 WIB

Peningkatan Kualitas Pendidikan Pada Era Digital Melalui Peran Kehumasan Pendidikan


 Oleh: Marina Oktavia
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fisip Unand Padang Perbesar

Oleh: Marina Oktavia Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fisip Unand Padang

Oleh: Marina Oktavia
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fisip Unand Padang

Pada era globalisasi, dimana seluruh aktivitas dari berbagai dunia dapat diakses dengan mudah melalui media teknologi yang diciptakan. Lalu, bagaimana dampak yang dihasilkan dari digitalisasi zaman terhadap tingkat pendidikan di Indonesia?

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Lembaga pendidikan dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.

Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula.

Hal ini mendorong seluruh lapisan masyarakat begitu memperhatikan perkembangan dunia pendidikan.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Penyelenggaraan pendidikan ditujukan pada penyiapan generasi penerus yang berperan dalam perkembangan bangsa dan negara Indonesia pada masa yang akan datang. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan memiliki fungsi untuk membina kepribadian, mengembangkan kemampuan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang ditujukan pada peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupan.

BACA LAINNYA  Mantap!! PilRT di Kota Jambi Bak Pemilihan Kepala Daerah

Peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari peran beberapa pihak, baik instansi pendidikan maupun masyarakat itu sendiri.

Melalui instansi pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan tidak luput dari peran humas pada instansi pendidikan. Fungsi humas untuk instansi pendidikan sangatlah penting. Sebab dengan adanya humas yang baik, instansi pendidikan dapat melanjutkan eksistensi instansinya supaya bisa menggunakannya sebagai salah satu cara yang efektif untuk membuat instansinya menjadi “ada” dan mempunyai citra (image) yang baik di masyarakat.

Konsep dan aplikasi humas dalam suatu instansi pendidikan bisa dan relatif mudah untuk dilaksanakan. Dalam hal ini adalah adanya keinginan dari lembaga tersebut untuk sadar akan fungsi dan tugas kehumasan.

Fungsi humas pendidikan tidak jauh berbeda dengan fungsi hubungan masyarakat secara umum yaitu menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, bagaimana membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya, untuk mencegah terjadinya rintangan psikologis, baik yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya (Rosady, 1991). Secara lebih spesifik, fungsi humas pendidikan di sekolah mencakup tujuh pokok berikut:

BACA LAINNYA  Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ?

1. Mengembangkan pengertian masyarakat tentang semua aspek pelaksanaan program pendidikan di sekolah.

2. Untuk dapat menetapkan, bagaimana harapan masyarakat terhadap sekolah dan apa harapan-harapanya mengenai tujuan pendidikan di sekolah

3. Untuk memperoleh bantuan secukupnya dari masyarakat kepada sekolahnya, baik finansial, materiil maupun moril.

4. Menimbulkan rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap kualitas pendidikan.

5. Mengikutsertakan masyarakat secara kooperatif dalam usaha memecahkan persoalan pendidikan dan meningkatkan kerjasama antara sekolah dengan masyarakat.

6. Memperkokoh tujuan serta peningkatan kualitas hidup dan penghidupan masyarakat.
7. Menggairahkan masyarakat untuk menjalin hubungan dengan sekolah.

Berdasarkan uraian tentang fungsi pelaksana humas pendidikan, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksana kehumasan bekerja pada dua dimensi operasional, yaitu fungsi kehumasan dan aktivitas humas itu sendiri.

Fungsi Humas

Pada dimensi ini pelaksana humas melaksanakan penelitian, perencanaan, koordinasi, administrasi, produksi, pelibatan masyarakat dan sebagai penasehat pimpinan

BACA LAINNYA  HIMAKOJA Lahirkan Ratusan Kader, Siap Bangun dan Jaga Kota Jambi

Aktivitas Humas

Pada tataran aktivitas, seorang pelaksana humas harus melakukan pencarian fakta atau permasalahan (fact finding), perencanaan (planning), komunikasi (communication), evaluasi (evaluating).

Melihat dari pemaparan fungsi humas diatas, dapat disimpulkan jika humas sangat berperan penting dalam pengembangan suatu instansi pendidikan melalui komunikasi dan relasi yang dibangun melalui kehumasan.

Hal tersebut semakin kuat, ketika era modern atau digitalisasi seperti sekarang ini peran humas sangat penting dalam penyebaran informasi seputar pendidikan kepada masyarakat melalui media teknologi yang telah diciptakan.

Peran humas dalam peningkatan kualitas pendidikan dalam suatu instansi memang tidak sevital tenaga pendidik yang berkontak langsung dengan peserta didik.

Namun tidak bisa pula dipungkiri, penyebaran informasi atas kualitas pendidikan yang telah diciptakan oleh instansi tersebut merupakan peran humas yang berujung pada timbulnya stigma baik serta nilai dari masyarakat atas kualitas pendidikan yang telah dibangun.

Selain itu, pelayanan yang disediakan humas juga menjadi salah satu faktor pendukung dari peningkatan citra instansi di mata masyarakat selaku penikmat pelayanan dari humas.***

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mulai 2022 Gubernur Jambi Berikan Bea Siswa Untuk Anak Hafiz Al Qur’an Perbulan

8 November 2021 - 08:37 WIB

HIMAKOJA Lahirkan Ratusan Kader, Siap Bangun dan Jaga Kota Jambi

7 November 2021 - 20:12 WIB

JMSI Lahat Jadi Pemateri Kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Emirates Islamic School

4 November 2021 - 15:46 WIB

Pemilihan Ketua Umum PMII Batanghari Semakin Dekat

3 November 2021 - 19:27 WIB

Fadhil Arief Minta Guru PAUD Batanghari Ciptakan Anak Cerdas dan Kreatif

2 November 2021 - 16:17 WIB

Dampak Perkembangan Teknologi Melalui Industri Komunikasi dan Informasi Terhadap Perilaku Seksual Remaja

31 Oktober 2021 - 12:57 WIB

Trending di Pendidikan