Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

Opini · 9 Jun 2022 09:58 WIB

Peran Komunikasi Pembangunan Dalam Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Batanghari


 Peran Komunikasi Pembangunan Dalam Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Batanghari Perbesar

Penulis: Marina Oktavia 2120862003 Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

Peningkatan kualitas UMKM dalam rangka meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi tentunya tidak dapat terlepas dengan proses komunikasi. Manusia selaku pelaku UMKM senantiasa memerlukan komunikasi baik untuk berinteraksi dengan sesama pelaku UMKM maupun dengan berbagai pihak lainnya untuk menjalin kerjasama sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara bersama-sama.

Tujuan yang hendak dicapai oleh seseorang tentunya mempengaruhi jenis komunikasi apa yang akan digunakannya sehingga tujuan dan isi komunikasinya pun akan berbeda. Ketika komunikasi hendak digunakan untuk membantu mencapai _agenda Sustainable Development Goals_ (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) maka jenis komunikasi yang diperlukan adalah komunikasi pembangunan.

BACA LAINNYA  Demi Untuk Mudik, Warga Rela Antrian Menunggu Vaksin Booster

Komunikasi pembangunan merupakan komunikasi yang digunakan untuk pembangunan. Komunikasi pembangunan memiliki tujuan akhir berupa peningkatan kualitas hidup yang baik bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi, sosial maupun politik (Cangara 2020: 315).

Kabupaten Batang Hari menyimpan segudang potensi produk unggulan yang merupakan hasil dari para pelaku UMKM. Salah satu produk unggulan dari kabupaten Batang Hari ialah gula aren. Namum dari sekian banyak pelaku UMKM di kabupaten Batang Hari hanya beberapa saja yang sudah bisa dikatakan mandiri baik dari segi pengembangan maupun pemasaran, selebihnya masih membutuhkan pemberdayaan agar tercipta kemandirian yang sempurna.

DISKOPERINDAG sebagai bagian dari pemerintah daerah kabupaten Batang Hari melakukan beberapa hal sebagai bentuk pemberdayaan terhadap UMKM di Batang Hari. Pemberdayaan tersebut berupa:
Pembentukan sentra sebagai pusat kegiatan usaha.
Melakukan pelatihan-pelatihan dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia pelaku UMKM.
Menyediakan pendamping bagi para pelaku UMKM.

BACA LAINNYA  Bupati Masnah Busro Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi Ke-50

Pada proses pemberdayaan UMKM ini, komunikasi pembangunan sangat diperlukan sebab melalui komunikasi pembangunan dapat memberikan informasi kepada masyarakat seputar program pembangunan yang sedang atau akan dijalankan oleh pemerintah daerah melalui DISKOPERINDAG. Selain itu melalui melalui komunikasi pembangunan juga memungkinkan untuk masyarakat aktif dalam pengembangan usahanya.

Pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh DISKOPERINDAG kabupaten Batang Hari terdiri dari membentuk sentra sebagai pusat kegiatan usaha, melakukan pelatihan-pelatihan dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia pelaku UMKM dan menyediakan pendamping bagi para pelaku UMKM.

BACA LAINNYA  Asa Firli untuk Pegiat Media

Peran komunikasi pembangunan kabupaten Batang Hari dalam memberdayakan UMKM di Batang Hari berupa komunikasi pembangunan memberikan informasi bagi masyarakat mengenai agenda pembangunan, komunikasi pembangunan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan produknya.

Berbagai peran komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Batang Hari melalui DISKOPERINDAG memberikan dampak dalam memberdayakan UMKM di Batang Hari, dimana para pelaku UMKM dapat mengetahui agenda pembagunan sehingga dapat ikut berpartisipasi aktif serta para pelaku UMKM dapat mempelajari dan menguasai skill yang dibutuhkan utuk mensukseskan agenda pembangunan.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Frozen Food Ditengah Ketidakpastian Waktu

9 Juni 2022 - 09:56 WIB

Membangun Integritas Parpol dan Melepaskan Cengkraman Oligarki

7 Juni 2022 - 20:24 WIB

Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia

26 Januari 2022 - 21:25 WIB

Asa Firli untuk Pegiat Media

24 Januari 2022 - 07:03 WIB

Pentingnya Peran Orang Tua  dalam Menghadapi Anak Remaja Zaman Now

14 November 2021 - 00:02 WIB

Dampak Industri Komunikasi yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja

11 November 2021 - 18:34 WIB

Trending di Opini