LIVE TV
Tugu Keris Kembali Ditutup, Puluhan Pedagang Datangi Kantor Camat Kota Baru Viral Curhatan Wanita Hamil di Luar Nikah, Kekasih Tak Mau Tanggung Jawab Mantapkan Langkah Demi Desanya, Komaruzzaman Daftarkan Diri Sebagai Cakades Pulau Tak Bisa Berlayar Karena Kendala Izin, 8 Kapal Ini Terkatung-Katung, Kemana Pemerintah? Diduga Ada Permainan, Komisi II DPRD Tanjabbar Bakal Panggil Dinas PH

Home / Nasional

Jumat, 28 Mei 2021 - 13:23 WIB

Peringatan Maulid Nabi di Petamburan Bukan Kejahatan, HRS Tak Terbukti Lakukan Penghasutan

Habib Rizieq besama mantan FPI dalam tahanan

Habib Rizieq besama mantan FPI dalam tahanan

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Habib Rizieq Syihab dan lima terdakwa lainnya, yaitu Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi, Maman Suryadi dengan hukuman delapan bulan penjara atas kasus kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama delapan bulan,” kata Hakim Suparman Nyompa di PN Jaktim, Kamis, 27 Mei 2021.

Hakim menyatakan Habib Rizieq dan lima mantan pengurus FPI lainnya bersalah karena melanggar protokol kesehatan dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang didalamnya juga dilakukan akad nikah putri keempat HRS.

Baca Juga   Puluhan Ribu Surat Suara dan Logistik PSU Didistribusikan ke Tiga Kecamatan di Muaro Jambi

Meski demikian, hakim menegaskan bahwa acara pernikahan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Petamburan itu bukanlah kejahatan. Sehingga HRS dan kawan-kawan tidaklah melakukan tindak kejahatan.

Catatan kedua, kata kuasa hukum HRS, Aziz Yanuar, pasal 160 tentang penghasutan yang dituduhkan jaksa kepada kliennya juga tidak terbukti. “Alhamdulillah tidak terbukti,” kata dia.

Baca Juga   Sedang Pesta Sabu di Hotel Lima Oknum Polisi dan Tiga Warga Sipil Ditangkap

Karena itu Aziz menilai, tidak sepantasnya Habib Rizieq dikenakan hukuman kurungan badan. Tim kuasa hukum, lanjut Aziz, akan berusaha melakukan langkah-langkah hukum agar seluruh terdakwa dapat bebas murni kerena pelanggaran protokol kesehatan tidak pantas mendapat hukuman kurungan.

Menanggapi, vonis delapan bulan penjara untuk HRS dan lima mantan pengurus FPI, Aziz menyebut bila tim kuasa hukum mengaku masih pikir-pikir.

“Terkait dengan ancaman hukumannya sekali lagi kita dan tim serta HRS masih pikir-pikir,” kata Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga   JMSI Maluku Bentuk Panitia Pelantikan dan Raker

HRS sendiri telah menjalani penahanan selama lima setengah bulan.

Untuk diketahui, pada 10 Desember 2020, HRS resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan oleh Polda Metro Jaya. Selang seminggu lebih menjadi tersangka kerumunan di Petamburan, Habib Rizieq juga ditetapkan menjadi tersangka kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Pada 12 Desember 2020, Habib Rizieq ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Sumber: Suaraislam.id

Share :

Baca Juga

Nasional

Inikah Capres 5 Besar Survei yang Jadi Jagoan Poros Partai Islam?

Nasional

Sukses Gelar Webinar di HUT I, JMSI Optimis 2021 Jadi Konstituen Dewan Pers

Nasional

Kapolri Listyo Sigit: Penggunaan UU ITE Sudah Tidak Sehat

Nasional

Jumat Besok PA 212 Demo Besar di Istana, Tuntut Habib Rizieq Dibebaskan

Hukrim

Sadis! Gara- gara Game Online, Hafiz Quran Dibunuh Teman Sendiri

Hukrim

Belum Lama Divonis, Nurhadi Kembali jadi TSK Kasus Suap Eks Bos Lippo Group

Nasional

Polisi Tembak Mati 6 Laskar FPI, Komnas HAM Bentuk Tim Penyelidikan

Nasional

ASN Yang Nekat Mudik Akan Diberi Sanksi