LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Kuliner

Selasa, 13 April 2021 - 16:25 WIB

Pilihan Menu Takjil Untuk Buka Puasa Yang Wajib Anda Coba

Wah puasa telah datang lagi, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat berpuasa adalah adzan maghrib. Kenapa tidak setelah seharian menahan rasa lapar dan haus akhirnya waktu berbuka tiba. Selain untuk melepas dahaga dan lapar, berbuka puasa sangat ditunggu karena adanya berbagai macam takjil yang menggugah selera. Bagi Anda yang berpuasa berikut ini rekomendasi menu takjil untuk buka puasa yang wajib Anda coba.

1. Es Cendol

Salah satu menu takjil yang paling populer yaitu Es Cendol. Dengan rasanya yang manis dan segar akan menggugah selera Anda. Es Cendol dapat ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Cendol terbuat dari tepung beras lalu disajikan dengan gula merah cair, santan dan parutan es.

2. Bubur Campium

Bubur Kampiun ini merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat. Meskipun makanan khas Sumatera Barat, Bubur Kampiun ini juga bisa ditemukan di berbagai kota lainnya di luar Sumatera Barat. Konon katanya Bubur Kampiun ini namanya diambil dari kata champion, yang artinya bubur pemenang karena berhasil menjadi juara dalam kompetisi lomba sajian bubur di Bukittinggi.

Baca Juga   Dikira Razia, Sejumlah Pengendara Putar Balik, Padahal Polisi Bagi-bagi Takjil

3. Sop Buah


Sop Buah merupakan perpaduan berbagai macam buah dengan susu, sirup manis dan ditambah es. Biasanya buah yang dipakai dalam membuat shop buah seperti semangka, Anggur, buah naga, alpukat, kiwi dan berbagai macam buah-buahan lainnya. Karena rasanya yang manis, segar ditambah aneka buah menjadikan sop buah sebagai menu takjil yang banyak penggemarnya.

4. Bubur Kacang Ijo

Sesuai dengan namanya makanan ini berbahan dasar kacang hijau dan ditambah dengan kuah santan. Biasanya Bubur Kacang Ijo ini juga ditambah dengan roti tawar dan ketan hitam. Bubur kacang Ijo ini sangat mudah ditemukan apalagi saat mau buka puasa, banyak sekali pedagang takjil yang menjual bubur kacang ijo ini.

Baca Juga   Lagi-lagi Cimol Meledak Bikin Geger, Warganet Malah Salfok ke Sini

5. Kolak

Selain bubur, Kolak juga menjadi menu favorit sebagai takjil saat buka puasa. Yang paling sering ditemukan biasanya kolak ubi atau kolak pisang. Kolang-kaling dan Labu juga sering di jadikan kolak. Meskipun banyak makanan lain sebagai menu berbuka puasa tapi kolak masih saja menjadi primadona orang Indonesia terutama sebagai takjil berbuka puasa.

6. Jus

Untuk pilihan menu takjil berbuka puasa yang menyehatkan apalagi kalo bukan Jus atau Smoothies. Selain menyehatkan Jus atau Smoothies juga akan menyegarkan. Menu ini menjadi pilihan terutama bagi mereka yang sedang mengurangi konsumsi gula dan lemak. Buah yang sering di jadikan jus atau smoothies antara lain seperti Mangga, Alpukat, Wortel, Tomat dan buah Naga. Selain itu untuk Jus kadang juga mengkombinasikan dengan sayuran.

7. Aneka Gorengan

Menu satu ini pasti selau hadir untuk menemani buka puasa. Gorengan selain karena banyak yang menjualnya, harganya pun juga tergolong sangat murah. Ada aneka gorengan untuk menemani buka puasa seperti Bakwan, Tempe Goreng, Mendoan, Pastel, Risoles dan berbagai gorengan lainnya. Cukup dengan menambahkan saos sambal, uh.. rasanya tidak ada yang bisa menyaingi.

Baca Juga   Resep Sup Tofu dan Telur, Hidangan Nikmat saat Hujan

8. Es Jeruk Kenapa Muda

Selain jus, Anda juga dapat memilih Es Jeruk Kelapa Muda sebagai takjil berbuka puasa yang menyehatkan. Hanya dengan satu buah kelapa muda dan buah jeruk ditambah dengan sebongkah es maka Anda akan langsung segar saat tegukan pertama. Anda juga dapat menambahkan sedikit gula tau madu untuk menambah citarasa manis.

Itu dia 8 pilihan menu takjil untuk buka puasa yang wajib Anda coba. Jadi Anda pengen mencoba menu yang mana duluan? Atau Anda punya menu tersendiri, jangan lupa tulis di sini

Share :

Baca Juga

Kuliner

Sempat Heboh, PUPR Provinsi Jambi Janji Bangun Jalan Rusak di Tanjabtim

Kuliner

Lagi-lagi Cimol Meledak Bikin Geger, Warganet Malah Salfok ke Sini

Kuliner

Uji Nyali Bakso 2 KG, Bang Jhon Jambi Tumbang

Kuliner

Resep Sup Tofu dan Telur, Hidangan Nikmat saat Hujan

Kuliner

Viral Wanita Cantik Penjual Rujak, Pria Beli 3 Kali dalam Sehari

Kuliner

Gulai Terjun Asal Mersam Ikuti Festival Kuliner Nusantara Jambi

Kuliner

Yuk Masak Tempoyak Ikan Patin Khas Jambi, Ini Resepnya

Kuliner

Unik Hanya Satu Di Jambi, Ini Menu Andalan GEKRAF