LIVE TV
Cegah Claster Baru, Tempat Wisata di Kota Jambi Ditutup Pasca Lebaran, 98 Warga Tanjabbar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, Ini Himbauan Bupati Fadhil Arief Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli

Home / Nusantara

Jumat, 29 Januari 2021 - 18:34 WIB

PKB Minta Abu Janda Diproses: Hukum Tak Boleh Pandang Bulu

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meminta kepolisian mengusut laporan dugaan rasisme Permadi Arya terhadap Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meminta kepolisian mengusut laporan dugaan rasisme Permadi Arya terhadap Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)

JAKARTA — Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meminta kepolisian memproses kasus dugaan rasisme yang dilakukan pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda, terhadap mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai.

“Kalau sudah dilaporkan, tugas polisi menindaklanjuti secara terbuka, adil dan berdasarkan pada bukti-bukti, tidak terkecuali pada Abu Janda. Hukum tidak boleh pandang bulu atau berpihak pada kelompok tertentu,” kata Jazilul kepada CNNIndonesia.com, Jumat (29/1).

Jazilul mengajak semua pihak agar berhati-hati dalam mengeluarkan ujaran berupa fitnah, hoaks, dan rasis. Jazilul mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk karena terdiri dari berbagai ras, suku, agama, dan asal-usul.

Baca Juga   Abu Janda Dipanggil Bareskrim Terkait Cuitan 'Islam Arogan' Besok Senin

“Saya pun prihatin, kenapa saat ini kita gampang sekali saling singgung, saling benci dan saling lapor. Perlu juga ditempuh langkah mediasi dan kekeluargaan,” ujar wakil ketua MPR itu.

Sebelumnya, KNPI melaporkan Abu Janda ke Bareskrim Polri terkait dugaan rasisme ke Pigai. Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/0052/I/Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021.

Baca Juga   Melalui Garda Bangsa, Wujudkan Program Kerja Fadhil Bakhtiar

“Bahwa kami hari ini telah melaporkan akun Twitter @permadiaktivis1 yang diduga dimiliki oleh saudara Permadi Arya alias Abu Janda,” kata Ketua Bidang Hukum DPP KNPI, Medya Rischa Lubis kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/1).

Lihat juga: Susi Pudjiastuti Serukan Netizen Unfollow Akun Abu Janda
Medya menyebut cuitan itu bernuansa ujaran kebencian yang berbalut SARA. Selain itu, kata Medya, kata-kata evolusi yang disampaikan Abu Janda merupakan penghinaan bentuk fisik bagi masyarakat yang menempati satu wilayah dengan Pigai.

Baca Juga   Soal SE Kapolri, IPW Minta Jenderal Listyo Sigit Lebih Tegas ke Bawahannya

“Kata-kata evolusi itulah yang jadi garis bawah bagi kami untuk melaporkan akun @permadiaktivis karena diduga telah menyebarkan ujaran kebencian” ucap Medya.

Abu Janda pun angkat suara atas laporan tersebut lewat akun Twitternya. Dalam cuitan itu, Abu Janda turut mengunggah sebuah video berisi pernyataan Pigai yang dinilai bersikap rasis ke etnis Jawa.

“Mau maen lapor-laporan ke polisi isu rasisme bang @harisknpi? Yuk, maen kita. Kita lihat laporan siapa yang diproses,” cuit Abu Janda di akun Twitternya.****

Share :

Baca Juga

Nusantara

Video Detik-detik Masjid Dilempari Bom Molotov di Cengkareng, Api Berkobar

Nusantara

RS Ummi Bogor Dibanjiri Karangan Bunga Habib Rizieq Lekas Sembuh

Nusantara

Memiliki Segudang Pengalaman, Irjen Pol Wahyu Widada Layak Memimpin Polri

Nusantara

Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala Ungkap Hal Rahasia, “Terus Terang Saya Sakit Hati”

Nusantara

Jodhi Yudono Rilis Single Religi Doa

Nusantara

30 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Siap Disebar Tahun Depan

Nusantara

Potret Habib Rizieq Imami Polisi saat Salat Magrib

Nusantara

Harusnya Dirangkul, Bukan Malah Dipukul