Menu

Mode Gelap
Facebook Mulai Uji Coba Kurangi Konten Politik di 80 Negara, Termasuk Indonesia Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

Provinsi Jambi · 28 Sep 2020 13:09 WIB

Polda Jambi Tambah Kamera CCTV Asap Digital Pemantau Kebakaran Hutan


 Ilustrasi karhutla Perbesar

Ilustrasi karhutla

Kabarjambikito.com Polda Jambi melakukan penambahan baru dua lokasi pemasangan kamera CCTV “Asap Digital’ yang dirancang untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

“Saat ini Polda Jambi bersama PT Telkom sedang melakukan pemasangan di dua lokasi baru untuk kamera CCTV ‘Asap Digital’.Selumnya sudah ada sepuluh lokasi yang telah terpasang dan bisa dipantau melalui command center asap digital di Mapolda Jambi,” kata Kapolda Jambi, Inspektur Jenderal Firman Shatyabudi melalui Dirreskrimsus, Kombes Pol Edi Faryadi, di Jambi Senin 28 September 2020.

Kedua lokasi baru pemasangan CCTV asap digital tersebut berada di Kabupaten Sarolangun dan di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjungjabung Barat.

BACA LAINNYA  Polda Jambi Berikan Bantuan Kredit, Apa Benar?

Dilansir dari Tempo.co, Kepolisian daerah kini telah menambah jaringan lebih luas lagi aplikasi asap digital yang bisa dipantau dari command center di Mapolda Jambi. Penambahan pemasangan dan operasional perangkat tersebut dicek langsung Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi bersama Kabid Humas Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi.

Dengan penambahan bila terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di daerah tersebut akan cepat terdeteksi dan cepat juga dalam penanganan pemadamannya.

Selain itu peran masyarakat didorong lebih lagi dalam menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Dalam membuka lahan agar dengan cara yang ramah lingkungan. Memasuki musim kemarau tahun ini, dibutuhkan monitoring karhutla melalui aplikasi yang dinamakan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Digital atau ‘Asap Digital’ merupakan aplikasi yang memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti CCTV, kondisi udara, hotspot dan data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.

BACA LAINNYA  Serahkan Berkas Keanggotaan, BITnews.id Merapat ke JMSI Jambi

Sebelumnya Polda Jambi juga telah memasang peralatan monitoring di ruang kerja As Ops Kapolri di Mabes Polri guna dapat memantau langsung aplikasi asap digital tersebut jika terjadi karhutla di Provinsi Jambi. Kemudian beberapa lokasi pemasangan CCTV ‘asap digital’ juga ada di hutan lindung gambut Londerang, dua titik di Kabupaten Tanjab Timur dan Muarojambi.

BACA LAINNYA  Libur Hari Besar Islam Sering Digeser, MUI: Harusnya Mengikuti Hari Besar Keagamaan

Sedangkan tujuh lokasi di Jambi yang sudah terpasang cctv nya ada di Betung Kumpeh, Suak Kandis, Sungai Aur ketiga di Kabupaten Muarojambi, kemudian di Sungai Jeruk, Rantau Indah keduanya di Tanjungjabung Timur dan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) dan di Telkom Jambi.

Keunggulan dari aplikasi “asap digital” ini bisa memantau adanya asap yang bersumber dari api dan sebelum api tersebut membesar agar segera dipadamkan dengan mengerahkan personil satgas karhutla yang terdekat dengan lokasi serta dibantu oleh pihak perusahaan.

Tempo.co

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sumur Minyak Illegal di Batanghari Dipaparkan Depan Menteri ESDM RI

15 Oktober 2021 - 14:39 WIB

Peduli Sesama, WSA Polda Jambi Berikan Bantuan

15 Oktober 2021 - 12:36 WIB

Lantik Eselon III dan IV, Wagub Abdullah Sani Minta Pejabat Bangun Tim Work

14 Oktober 2021 - 19:21 WIB

Wagub Abdullah Minta Seluruh OPD Kabupaten/ Kota Segera Buat Regulasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020

13 Oktober 2021 - 02:10 WIB

Angka Kemiskinan Meningkat 7,79 Persen, Wagub Abdullah Minta Perhatikan 6T

13 Oktober 2021 - 01:58 WIB

Temui Rektor Unja, Partai PKM-U Siap Sinergi Wujudkan Renstra Unja Smart 2020-2024

12 Oktober 2021 - 18:34 WIB

Trending di Kabar Daerah