Menu

Mode Gelap
Al Haris Apresiasi Upaya Muhamadiyah Tingkatkan SDM Jambi Kebakaran Dzulhijah Muara Bulian, Santri Harus Kehilangan Tempat Tinggal Saat Fadhil Arief Pidato, Tiga Oknum Camat Ini Asyik Ngobrol Jamaah Haji Asal Sarolangun Persiapkan Diri Sebelum Wukuf di Arafah Tuntut Kenaikan Gaji, Anggota BPD Se-Sarolangun Gelar Unjukrasa

Provinsi Jambi ยท 28 Sep 2020 13:09 WIB

Polda Jambi Tambah Kamera CCTV Asap Digital Pemantau Kebakaran Hutan


 Ilustrasi karhutla Perbesar

Ilustrasi karhutla

Kabarjambikito.com Polda Jambi melakukan penambahan baru dua lokasi pemasangan kamera CCTV “Asap Digital’ yang dirancang untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

“Saat ini Polda Jambi bersama PT Telkom sedang melakukan pemasangan di dua lokasi baru untuk kamera CCTV ‘Asap Digital’.Selumnya sudah ada sepuluh lokasi yang telah terpasang dan bisa dipantau melalui command center asap digital di Mapolda Jambi,” kata Kapolda Jambi, Inspektur Jenderal Firman Shatyabudi melalui Dirreskrimsus, Kombes Pol Edi Faryadi, di Jambi Senin 28 September 2020.

Kedua lokasi baru pemasangan CCTV asap digital tersebut berada di Kabupaten Sarolangun dan di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjungjabung Barat.

BACA LAINNYA  End The Summer with Serenity at Calabash Cove Resort And Spa

Dilansir dari Tempo.co, Kepolisian daerah kini telah menambah jaringan lebih luas lagi aplikasi asap digital yang bisa dipantau dari command center di Mapolda Jambi. Penambahan pemasangan dan operasional perangkat tersebut dicek langsung Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi bersama Kabid Humas Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi.

Dengan penambahan bila terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di daerah tersebut akan cepat terdeteksi dan cepat juga dalam penanganan pemadamannya.

Selain itu peran masyarakat didorong lebih lagi dalam menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Dalam membuka lahan agar dengan cara yang ramah lingkungan. Memasuki musim kemarau tahun ini, dibutuhkan monitoring karhutla melalui aplikasi yang dinamakan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Digital atau ‘Asap Digital’ merupakan aplikasi yang memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti CCTV, kondisi udara, hotspot dan data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.

BACA LAINNYA  Al Haris Sebut Masyarakat Jambi Paling Bahagia Peringkat 4 Nasional

Sebelumnya Polda Jambi juga telah memasang peralatan monitoring di ruang kerja As Ops Kapolri di Mabes Polri guna dapat memantau langsung aplikasi asap digital tersebut jika terjadi karhutla di Provinsi Jambi. Kemudian beberapa lokasi pemasangan CCTV ‘asap digital’ juga ada di hutan lindung gambut Londerang, dua titik di Kabupaten Tanjab Timur dan Muarojambi.

BACA LAINNYA  Al Haris: Kami Menunggu Ide-ide Cerdas dan Gagasan dari KAHMI dan FORHATI Untuk Jambi

Sedangkan tujuh lokasi di Jambi yang sudah terpasang cctv nya ada di Betung Kumpeh, Suak Kandis, Sungai Aur ketiga di Kabupaten Muarojambi, kemudian di Sungai Jeruk, Rantau Indah keduanya di Tanjungjabung Timur dan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) dan di Telkom Jambi.

Keunggulan dari aplikasi “asap digital” ini bisa memantau adanya asap yang bersumber dari api dan sebelum api tersebut membesar agar segera dipadamkan dengan mengerahkan personil satgas karhutla yang terdekat dengan lokasi serta dibantu oleh pihak perusahaan.

Tempo.co

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Atas Partisipasi Aktif, Ketua KONI Provinsi Jambi Terima Penghargaan dari Kapolda

6 Juli 2022 - 19:58 WIB

Fasilitasi UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

1 Juli 2022 - 20:49 WIB

Kapolda Jambi Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

30 Juni 2022 - 06:56 WIB

Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media

28 Juni 2022 - 20:14 WIB

Al Haris Berkomitmen Bangun SDM Dibidang Kesehatan

23 Juni 2022 - 21:22 WIB

Hadi Prabowo Sebutkan Data Baru Dugaan Korupsi Anak Perusahaan PTPN 6

22 Juni 2022 - 14:28 WIB

Trending di Provinsi Jambi