Menu

Mode Gelap
Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi Mursyid : Tepat Mendagri dan Gubernur Jambi Pilih Hendrizal, Pengalamannya Sangat Lengkap. Muncul Wajah Baru di Tubuh Pengurus Pemuda Pancasila Jambi, Begini Komentar Panglima Ardi Jum’at Berkah, Masyarakat: Bertemu Bupati Saja Kami Sudah Senang Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru

Hukrim · 13 Nov 2021 12:24 WIB

Polres Bungo Berhasil Meringkus Pelaku Pencuri Buku Nikah


 Kapolres Bungo, AKBP Guntur didampingi Kasat Reskrim AKP Septa, Kanit, Kakan Kemenag Bungo, M Ikbal dan Kasi Binmas Islam saat Konferensi pers di Mapolres Bungo Perbesar

Kapolres Bungo, AKBP Guntur didampingi Kasat Reskrim AKP Septa, Kanit, Kakan Kemenag Bungo, M Ikbal dan Kasi Binmas Islam saat Konferensi pers di Mapolres Bungo

Kabarjambikito.com – Tidak menunggu lama, Polres Bungo berhasil ungkap siapa pelaku dari pencuri buku nikah di kantor Kemenag Bungo, Jambi. Peristiwa itu terjadi, Senin 1 November 2021 lalu.

Kapolres Bungo, AKPB. Guntur Saputro mengatakan, AS (37) pelaku utama pencuri buku nikah berhasil meringkus, Jumat (12/11) di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang Sumatera Barat. Dan tiga pelaku lain sebagai penadah inisial, BT (68) HZ (36) dan YA (66) diringkus di Pesisir Sumatera Barat dan dari Provinsi Riau.

BACA LAINNYA  Sekda Dorong Pinang Sebagai Komoditi Ekspor Utama Jambi

“Pelaku sindikat pencuri buku nikah ini sudah melaksanakan aksi pencurian ini sudah berkali-kali mereka lakukan. Para Pelaku juga sudah biasa mencuri buku nikah dengan sasaran kantor Kemenag dan KUA yang ada di Sumatera termasuk Kemenag Bungo,”ujarnya kepada Sidakpost.id media partner Kabarjambikito.com.

Dikatakan, semua pelaku memiliki peran yang berbeda ada sebagai pelaku utama yang mencuri buku nikah dari Kemenag dan juga ada peran sebagai penampung buku nikah yang siap dijual kepada para penyedia nikah siri.

BACA LAINNYA  Lewat Pintu Rahasia Ketua DPRD Bungo Ngelabuhi Media, Jadi Sorotan Publik

Pelaku memang sudah biasa mencuri buku nikah untum meraup keuntungan dari jasa penyedia nikah siri. Selama ini aksi mereka berlangsung mulus karena dibantu oleh para pegawai sara atau orang yang biasa menyedia tempat nikah siri.

“Semua barang bukti hasil kejahatan pelaku berhasil kita amankan, seperti uang Rp 7 juta hasil penjualan buku nikah dan juga 2560 buku nikah yang belum terjual. Yang sudah terjual 440 buku dengan jumlah 20 pasang,”katanya.

BACA LAINNYA  Perusahaan Tak Jalankan Komitmen, Masyarakat Sungai Bengkal Tutup Akses Jalan

Sebut Kapolres, pelaku menyebutkan semua buku nikah setelah dicuri maka akan serahkan kepada penampung setelah itu baru dicari pembelinya. Aksi sudah lama dilakukan para pelaku di wilayah Sumatera.

“Untuk pelaku utama dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian. sedangkan bagi pelaku penadah mereka disangkakan dengan pasal 480. Sindikat ini sudah berpengalaman untuk mencuri buku nikah tersebut,”pungkas Guntur.

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pelaku Pembacok Anaknya Sendiri Ditangkap di Kebun Sawit Warga

18 Mei 2022 - 21:06 WIB

Lucu!! Aksi Kades Ini Malah Bikin Uang Rp. 1.4 M Yang Akan Diterima Desa berubah Jadi DP Mobil

14 Mei 2022 - 14:27 WIB

Pelaku Penusuk Leher Warga Marosebo Ulu Berhasil Diamankan Polisi

13 Mei 2022 - 09:14 WIB

Hanya Gegara Lempar Kunci Motor, Satpam Bunuh Rekannya Sendiri

12 Mei 2022 - 17:28 WIB

Nekat Tusuk Polisi Dengan Tombak, Tiga Peluru Tembus Dada DPO Curat di Jambi

11 Mei 2022 - 08:28 WIB

Satpam Ditemukan Meninggal Dunia Diduga di Tusuk Pelaku Pencuri Buah Sawit

9 Mei 2022 - 06:40 WIB

Trending di Hukrim