Menu

Mode Gelap
Al Haris Terima Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda, Salah Satunya Tari Ngebeng Asal Rambutan Masam Pemilihan Bujang Gadis Batanghari 2021, Bima Aditia Raih Sebagai Wakil III Mantan Istri Zumi Zola Diperiksa KPK M ZineDine Zidane Dinobatkan Sebagai Bujang Favorit Batanghari 2021 Air Bersih Mengalir Ke Penjuru Kota, Maulana Terima Perpamsi Award 2021

Batanghari · 26 Okt 2021 20:12 WIB

Produksi Petani Alami Peningkatan, Pemkab Batanghari Bakal Tambah Petugas Penyuluhan


 Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane Perbesar

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane

Kabarjambikito.com – Guna untuk meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Batanghari, Pemkab Batanghari akan menambahkan sebanyak 16 petugas penyuluhan pertanian.

“Sudah dianggarkan di APBD tahun 2022 untuk penambahan 16 orang penyuluh pertanian, tujuannya untuk mendampingi petani meningkatkan produksi,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane di Batanghari, Selasa (26/10/2021).

Lebih lanjut Ia mengatakan, di masa pandemi COVID-19 Pemerintah Kabupaten Batanghari mengambil peluang untuk meningkatkan produksi pertanian. Dimana di masa pandemi COVID-19 permintaan bahan pangan yang diproduksi oleh petani mengalami peningkatan. Peluang tersebut di manfaatkan pemerintah daerah itu untuk meningkatkan produksi pertanian sebagai upaya memenuhi permintaan yang meningkat.

BACA LAINNYA  Kreen.... BKP Batanghari Bakal Jadikan Hutan Kota Muara Bulian Tempat Wisata

Dengan demikian sektor pertanian memiliki peluang yang sangat besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Batanghari yang mana sebagian besar mata pencaharian masyarakat di daerah itu sebagai petani.

Peraturan Menteri Pertanian nomor 72 tahun 2011 tentang pedoman formasi jabatan fungsional penyuluh pertanian mengatur satu orang penyuluh pertanian minimal mendampingi delapan kelompok tani. Sementara saat ini perbandingan penyuluh pertanian terhadap kelompok tani di Kabupaten Batanghari jumlahnya tidak seimbang.

BACA LAINNYA  Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari mencatat kelompok tani di daerah itu saat ini berjumlah 1.267 kelompok tani. Sedangkan jumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) sebanyak 114 Gapoktan.

Sementara jumlah penyuluh pertanian di daerah itu saat ini berjumlah 73 orang. Penyuluh pertanian di daerah itu terdiri dari 57 orang penyuluh PNS dan 16 orang Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP).

BACA LAINNYA  Tragis! Pasutri Penjual Soto Tewas Disambar Kereta Api

“Rasio antara penyuluh pertanian dan kelompok tani di Batanghari masih tidak sebanding, maka dari itu dilakukan rekrutman,” kata Mara Muliya Pane.

Penyuluh-penyuluh pertanian tersebut nantinya akan di sebar ke delapan kecamatan di daerah itu yang bertugas mendampingi petani meningkatkan produksi pertanian serta memanfaatkan teknologi pertanian.

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Terima Sertifikat Penetapan Warisan Budaya Takbenda, Salah Satunya Tari Ngebeng Asal Rambutan Masam

9 Desember 2021 - 07:24 WIB

Pemilihan Bujang Gadis Batanghari 2021, Bima Aditia Raih Sebagai Wakil III

8 Desember 2021 - 20:33 WIB

Mantan Istri Zumi Zola Diperiksa KPK

8 Desember 2021 - 14:37 WIB

M ZineDine Zidane Dinobatkan Sebagai Bujang Favorit Batanghari 2021

8 Desember 2021 - 14:01 WIB

Belum Puas Sembunyi Untuk Hirup Udara Segar, Malah Diserahkan Pihak Keluarga Ke Polisi

8 Desember 2021 - 08:43 WIB

Malam Puncak Launching Rock Rise 2021, Empat Band Rock Legendaris Bangkitkan Gairah Musisi Jambi

8 Desember 2021 - 07:03 WIB

Trending di Kabar Daerah