Menu

Mode Gelap
Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi Mursyid : Tepat Mendagri dan Gubernur Jambi Pilih Hendrizal, Pengalamannya Sangat Lengkap. Muncul Wajah Baru di Tubuh Pengurus Pemuda Pancasila Jambi, Begini Komentar Panglima Ardi Jum’at Berkah, Masyarakat: Bertemu Bupati Saja Kami Sudah Senang Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru

Batanghari · 26 Okt 2021 20:12 WIB

Produksi Petani Alami Peningkatan, Pemkab Batanghari Bakal Tambah Petugas Penyuluhan


 Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane Perbesar

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane

Kabarjambikito.com – Guna untuk meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Batanghari, Pemkab Batanghari akan menambahkan sebanyak 16 petugas penyuluhan pertanian.

“Sudah dianggarkan di APBD tahun 2022 untuk penambahan 16 orang penyuluh pertanian, tujuannya untuk mendampingi petani meningkatkan produksi,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari Mara Muliya Pane di Batanghari, Selasa (26/10/2021).

Lebih lanjut Ia mengatakan, di masa pandemi COVID-19 Pemerintah Kabupaten Batanghari mengambil peluang untuk meningkatkan produksi pertanian. Dimana di masa pandemi COVID-19 permintaan bahan pangan yang diproduksi oleh petani mengalami peningkatan. Peluang tersebut di manfaatkan pemerintah daerah itu untuk meningkatkan produksi pertanian sebagai upaya memenuhi permintaan yang meningkat.

BACA LAINNYA  Polres Merangin Temukan Kebun Ganja di Lembah Masurai

Dengan demikian sektor pertanian memiliki peluang yang sangat besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Batanghari yang mana sebagian besar mata pencaharian masyarakat di daerah itu sebagai petani.

Peraturan Menteri Pertanian nomor 72 tahun 2011 tentang pedoman formasi jabatan fungsional penyuluh pertanian mengatur satu orang penyuluh pertanian minimal mendampingi delapan kelompok tani. Sementara saat ini perbandingan penyuluh pertanian terhadap kelompok tani di Kabupaten Batanghari jumlahnya tidak seimbang.

BACA LAINNYA  AKD DPRD Batanghari Sudah Rampung, PKB Tersingkirkan

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari mencatat kelompok tani di daerah itu saat ini berjumlah 1.267 kelompok tani. Sedangkan jumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) sebanyak 114 Gapoktan.

Sementara jumlah penyuluh pertanian di daerah itu saat ini berjumlah 73 orang. Penyuluh pertanian di daerah itu terdiri dari 57 orang penyuluh PNS dan 16 orang Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP).

BACA LAINNYA  Lantik Eselon III dan IV, Wagub Abdullah Sani Minta Pejabat Bangun Tim Work

“Rasio antara penyuluh pertanian dan kelompok tani di Batanghari masih tidak sebanding, maka dari itu dilakukan rekrutman,” kata Mara Muliya Pane.

Penyuluh-penyuluh pertanian tersebut nantinya akan di sebar ke delapan kecamatan di daerah itu yang bertugas mendampingi petani meningkatkan produksi pertanian serta memanfaatkan teknologi pertanian.

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

19 Mei 2022 - 15:22 WIB

SKK Migas Kunjungi Lokasi Temuan Migas Baru di Sumatera Selatan

15 Mei 2022 - 19:36 WIB

Premier Oil Melakukan Pengeboran Laut Dalam di WK Andaman II

13 Mei 2022 - 07:35 WIB

SKK Migas – KKKS Jindi South Jambi Serahkan 75 Al Qur’an Kepada Komunitas Milenial Santri Peduli

5 Mei 2022 - 08:27 WIB

Ribuan Pawai Obor Terangi Sepanjang Jalan Rambutan Masam

1 Mei 2022 - 21:31 WIB

Optimasi Pengembangan Lapangan Tahap-2 WK Rokan Disetujui, Tambah Investasi Hulu Migas Rp. 35 Trilyun

29 April 2022 - 06:03 WIB

Trending di Bisnis