Kapolda Jambi Hadiri Pemakaman Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa

Home / Kabar Daerah / Provinsi Jambi

Senin, 13 Desember 2021 - 20:14 WIB

Rakor Persoalan Batubara, Ini Janji Gubernur Al Haris

Gubernur Jambi Al Haris menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong dalam terwujudnya pembangunan jalan khusus angkutan batubara.

Gubernur Jambi Al Haris menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong dalam terwujudnya pembangunan jalan khusus angkutan batubara.

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi Al Haris menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong dalam terwujudnya pembangunan jalan khusus angkutan batubara.

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada sesi wawancara usai memimpin langsung Rapat Koordinasi terkait Persoalan batubara, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (13/12/2021).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Perwakilan Korem 042/Garuda Putih, Walikota Jambi, Perwakilan Kabupaten Muaro Jambi, Perwakilan Kabupaten Batanghari dan Perwakilan Aliansi Truk Sopir batubara.

BACA LAINNYA  Al Haris: Kami Menunggu Ide-ide Cerdas dan Gagasan dari KAHMI dan FORHATI Untuk Jambi

Al Haris menerangkan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan beberapa rencana salah satunya adalah, Pemerintah Provinsi Jambi terus mendorong 2 investor yang sebelumnya ingin membangun jalan khusus angkutan batubara.

“Investor yang pertama memang murni untuk bisnis, sehingga ketika jalan khusus angkutan batu bara selesai dibangun, para pengusaha batu bara yang melewati jalannya akan membayar restribusi. Investor kedua adalah perusahaan batu bara yang ingin membangun jalan khusus angkutan batu baranya sendiri, sehingga apabila ada perusahaan lain yang melewat jalan tersebut, maka harus membayarkan retribusi kepada perusahaan batu bara yang membangun jalan,” terang Al Haris.

BACA LAINNYA  Bupati bersama Wabup Hadiri Tahlilan Dirumah Tokoh Masyarakat Desa Kelagian

Lebih lanjut, Al Haris menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi juga memiliki alternatif lain dalam membangun jalan khusus angkutan batu bara, yaitu Pemerintah Provinsi Jambi telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi untuk mengkaji ulang perencanaan Feasibility Study terkait jalan khusus angkutan batu bara ini.

BACA LAINNYA  Sidak di Kantor Samsat Batanghari, Al Haris Tekankan Jangan Lakukan Pungli

“Jika 2 investor ini tidak menemui titik temu, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengajukan pola kerjasama dengan Pemerintah Pusat melalui BUMN untuk membangun jalan angkutan batubara. Ini artinya, kita akan berhutang kepada BUMN dan kita membayarnya dengan cara bertahap, melalui cara menarik retribusi kepada perusahaan batubara yang kendaraannya melewati jalan tersebut,” tutur Al Haris.

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Al Haris Instruksi Seluruh Bupati/ Walikota Segera Penuhi Target Vaksinasi

Kota Jambi

Tuntaskan Kendala PDAM, Pemkab  Pasang Booster Berkapasitas 2000

Batanghari

Besok Kamis Pilkades, Animo Masyarakat Cukup Tinggi Terhadap A Roni Ali

Tebo

Resmikan MHD SAD, Al Haris: Mereka Perlu Kita Bina

Provinsi Jambi

Al Haris: Gernas BBI Mendorong Ekonomi Masyarakat

Bungo

Ribuan KK di Bungo Terdampak Banjir

Kabar Daerah

Diskominfo Provinsi Jambi Siapkan Program Atasi Kesenjangan Teknologi Informasi di 285 Desa

Ekonomi

Tinjau Peternakan Sapi, Bupati Anwar Sadat: Budidaya Sapi Bisa Ditiru Kelompok Lain