Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Tak Mendidik, Oknum Guru Hukum Siswa Makan Sampah PetroChina Mulai Program Pengeboran di 11 Sumur Wilayah Kerja Jabung Sambut Hari Raya Imlek, Ditpolairud Polda Jambi Gelar Jumat Bersih

Home / Muaro Jambi / Peristiwa

Minggu, 26 September 2021 - 14:57 WIB

Resahkan Warga, Buaya Jumbo Dievakuasi BKSDA Jambi

Petugas BKSDA Jambi evakuasi buaya jumbo

Petugas BKSDA Jambi evakuasi buaya jumbo

Kabarjambikito.com- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengevakuasi buaya jumbo yang berada di penangkaran milik seorang warga. Buaya yang dirawat sejak 20 tahun itu dievakuasi karena warga di sekitar lokasi mulai resah.

“Ini penangkaran milik warga, penangkaran buaya ini pada intinya memiliki izin dan legal. Hanya, karena penangkaran ini sudah banyaknya permukiman warga, serta buaya-buaya itu sudah berukuran rata-rata 400 kg, makanya kita lakukan evakuasi karena warga sekitar sudah mulai resah,” kata Kordinator Tempat Penyelamatan Satwa BKSDA Jambi, Syahron, kepada wartawan, Sabtu (25/9/2021).

BACA LAINNYA  PMII dan HMI FEBI Terlibat Konflik Disaat HMI FEBI Tengah Diskusi

Penangkaran buaya itu berada di Desa Kebon 9, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Syahron mengatakan buaya-buaya di lokasi itu dievakuasi karena mulai tak terawat.

“Penangkaran ini memang sudah lama berada di sini, tetapi sejak 5-9 tahun belakangan ini penangkaran buaya itu sudah tidak terawat lagi. Jumlah buaya di penangkaran ini juga cukup banyak, kurang-lebih 20 ekor, tetapi yang baru kita evakuasi dua ekor, itu pun beratnya sekitar 400 kg dan panjang 4,5 meter,” ujar Syahron.

BACA LAINNYA  Kapolres AKBP Yuyan Priatmaja Tinjau Jalur 2 Batubara, dan Cek Kesehatan Sopir

Petugas BKSDA juga sudah melakukan evakuasi terhadap buaya di sekitar sungai yang tak jauh dari penangkaran itu. Ada tiga buaya ukuran besar yang dievakuasi petugas dari sungai yang tak jauh dari permukiman warga.

“Kalau yang baru dievakuasi di penangkaran memang baru dua buaya, tetapi sebelumnya kita juga sudah evakuasi tiga ekor buaya dengan ukuran besar juga di sekitar sungai. Walau kita tidak bisa memastikan apakah buaya itu adalah buaya dari penangkaran atau tidak, yang jelas dengan ditemukan buaya di sekitar sungai, itulah yang membuat warga mulai resah dan minta semua buaya di penangkaran dievakuasi,” kata Syahron.

BACA LAINNYA  Kapolres Merangin Ingatkan Anggotanya Jangan Pamer Harta dan Jaga Nama Baik Polri

Dia mengatakan pemilik penangkaran telah mengizinkan buaya-buaya itu untuk dibawa ke BKSDA Jambi. Buaya-buaya tersebut bakal dibawa ke kolam penangkaran BKSDA yang lebih aman.

“Buaya yang kita evakuasi juga akan kita letakkan sementara di kolam penangkaran kita di daerah Kabupaten Batanghari. Kolam penangkaran kita itu juga aman dan jauh dari permukiman warga,” ujarnya.

Sumber: Detik.com

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Tiba-tiba Mobil Bawa BMM Meledak Saat Dalam Perjalanan

Peristiwa

Warga Batanghari Dihebohkan Dengan Kebakaran Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram

Hukrim

Polisi Berhasil Ungkap Modus Baru Angkutan Illegal Drilling Gunakan Mobil Tanki Air

Peristiwa

Pasca Longsor, Kapolda Jambi: Saat Ini Masih Dilakukan Pembersihan di Lokasi

Peristiwa

Diduga Masalah Keluarga, Wanita Ini Ditemukan Membusuk di Rumah Kontrakan

Peristiwa

Setelah Aniaya Sang Istri, Warga Batanghari Tengak Racun Rumput

Peristiwa

Tiang Listrik Patah Ditabrak Mobil Minibus

Kabar Daerah

Kunjungan Mentan RI ke Provinsi Jambi Ciderai Profesi Pers