Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Edi Purwanto Apresiasi FORMAJA Gelar Aksi Sosial Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan Dirjen IKP: Dewan Pers Satu-satunya Lembaga yang Lakukan Sertifikasi Jurnalis Lepaskan JCH, Fadhil Arief: Doakan Kami Agar Jadi Pemimpin Istiqomah Tinjau Jalan di Sabak, Al Haris: Pemrov Jambi Segera Mengangani Dengan 2 Skema

Muaro Jambi · 26 Sep 2021 14:57 WIB

Resahkan Warga, Buaya Jumbo Dievakuasi BKSDA Jambi


 Petugas BKSDA Jambi evakuasi buaya jumbo Perbesar

Petugas BKSDA Jambi evakuasi buaya jumbo

Kabarjambikito.com- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengevakuasi buaya jumbo yang berada di penangkaran milik seorang warga. Buaya yang dirawat sejak 20 tahun itu dievakuasi karena warga di sekitar lokasi mulai resah.

“Ini penangkaran milik warga, penangkaran buaya ini pada intinya memiliki izin dan legal. Hanya, karena penangkaran ini sudah banyaknya permukiman warga, serta buaya-buaya itu sudah berukuran rata-rata 400 kg, makanya kita lakukan evakuasi karena warga sekitar sudah mulai resah,” kata Kordinator Tempat Penyelamatan Satwa BKSDA Jambi, Syahron, kepada wartawan, Sabtu (25/9/2021).

BACA LAINNYA  Pj Bupati Muaro Jambi Serahkan Bantuan Bedah Rumah Kepada Warga

Penangkaran buaya itu berada di Desa Kebon 9, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Syahron mengatakan buaya-buaya di lokasi itu dievakuasi karena mulai tak terawat.

“Penangkaran ini memang sudah lama berada di sini, tetapi sejak 5-9 tahun belakangan ini penangkaran buaya itu sudah tidak terawat lagi. Jumlah buaya di penangkaran ini juga cukup banyak, kurang-lebih 20 ekor, tetapi yang baru kita evakuasi dua ekor, itu pun beratnya sekitar 400 kg dan panjang 4,5 meter,” ujar Syahron.

BACA LAINNYA  Si Jago Merah Amuk Rumah Warga Kota Jambi

Petugas BKSDA juga sudah melakukan evakuasi terhadap buaya di sekitar sungai yang tak jauh dari penangkaran itu. Ada tiga buaya ukuran besar yang dievakuasi petugas dari sungai yang tak jauh dari permukiman warga.

“Kalau yang baru dievakuasi di penangkaran memang baru dua buaya, tetapi sebelumnya kita juga sudah evakuasi tiga ekor buaya dengan ukuran besar juga di sekitar sungai. Walau kita tidak bisa memastikan apakah buaya itu adalah buaya dari penangkaran atau tidak, yang jelas dengan ditemukan buaya di sekitar sungai, itulah yang membuat warga mulai resah dan minta semua buaya di penangkaran dievakuasi,” kata Syahron.

BACA LAINNYA  Kecelakaan di Batanghari, Mobil Bupati Merangin Ringsek Hantam Truk Batubara

Dia mengatakan pemilik penangkaran telah mengizinkan buaya-buaya itu untuk dibawa ke BKSDA Jambi. Buaya-buaya tersebut bakal dibawa ke kolam penangkaran BKSDA yang lebih aman.

“Buaya yang kita evakuasi juga akan kita letakkan sementara di kolam penangkaran kita di daerah Kabupaten Batanghari. Kolam penangkaran kita itu juga aman dan jauh dari permukiman warga,” ujarnya.

Sumber: Detik.com

Artikel ini telah dibaca 528 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Selingkuh Dengan Istri Polisi, Oknum Polisi Berpangkat AKP Digerebek

23 Juni 2022 - 22:28 WIB

Truck Meledak, Warga Muaro Pijoan Meninggal Dunia

23 Juni 2022 - 19:01 WIB

Gegara Membuat Konten, Seorang Emak-emak Ditilang Polisi

23 Juni 2022 - 17:00 WIB

Antisipasi Curas, Curat, dan Begal Polda Jambi Lakukan Patroli

18 Juni 2022 - 09:38 WIB

Pernikahan Sesama Jenis di Jambi Terbongkar

17 Juni 2022 - 18:31 WIB

Kejati Jambi di Demo Atas Kasus Dugaan Korupsi Pada Anak Perusahaan PTPN VI 

17 Juni 2022 - 11:02 WIB

Trending di Peristiwa