Menu

Mode Gelap
Geger!!! Ibu Rumah Tangga Ditemukan Bersimbah di Dapur Masya Allah… Ibu di Muaro Jambi Melahirkan Bayi Kembar Tiga Lantik Tiga Pj Bupati, Ini Pinta Al Haris HIMIP UNJA Gelar Mubes ke 3 Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi

Muaro Jambi · 23 Mar 2022 17:05 WIB

Restorative Justice, Doni Hariansyah Menangis Dipelukan Ibu dan Ayahnya


 Doni Hariansyah menangis di hadapan kedua orang tuanya Perbesar

Doni Hariansyah menangis di hadapan kedua orang tuanya

Kabarjambikito.com — Penuntutan kasus percobaan penjambretan dengan tersangka Doni Hariansyah, akhirnya berujung pada keadilan restorative justice dari Kejaksaan Negeri Muaro Jambi.

PLH Kepala Kejari Muaro Jambi, Andy Sasongko menuturkan, restorative justice yang diberikan terhadap tersangka kasus tindak pidana pasal 362 KUHP tersebut telah memenuhi persyaratan.

Diantaranya, korban dan tersangka telah sama-sama saling memaafkan, sehingga kedua belah pihak sepakat untuk berdamai.

Selanjutnya, tersangka Doni baru pertama kali melakukan tindak pidana, serta ancaman hukumannya juga kurang dari lima tahun. “Pihak korban telah memaafkan tersangka,”kata PLH Kajari Muaro Jambi, Andy Sasongko kepada wartawan, Rabu (23/03/2022).

BACA LAINNYA  HUT JMSI Ke - 2 di Sulawesi Tenggara Dihadiri Ketua KPK dan Beberapa Menteri

Penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif terhadap tersangka Doni Hariansyah ini dilakukan di Kantor Kejari Muaro Jambi, Selasa 23 Maret 2022.

Keputusan keadilan restoratif tersebut dilakukan pihak Kejari Muaro Jambi yang langsung dihadiri pihak korban, tersangka, kedua orang tua tersangka, istri tersangka dan penyidik dari Kepolisian Sektor Jaluko.

“Harapannya tersangka dapat kembali ke masyarakat, dapat menjadi sosok atau person yang lebih baik lagi,”harap Andy Sasongko.

Keputusan restorative justice oleh Kejari Muaro Jambi ini pun disambut bahagia pihak keluarga. Tersangka Doni tampak menangis haru di pelukan ibunda dan ayahnya, setelah menerima surat ketetapan penghentian penuntutan dari Jaksa.

BACA LAINNYA  Sahabat Batanghari Tangguh Gelar Event UMKM, Sekda Batanghari: Ayoo Milenial Bangkit

Sang bunda juga terlihat tak mampu membendung air mata bahagia nya sembari memeluk erat sang buah hati, begitupun juga dengan ayah dan istri tersangka.

Sejak proses hukum kasus di kepolisian dan kejaksaan selama dua bulan berjalan, Doni Hariansyah harus menjalani hari-harinya di hotel prodeo.

Tindak pidana pasal 362 KUHP yang dilakukan tersangka Doni terjadi di wilayah hukum Polsek Jaluko, tersangka yang menggunakan sepeda motor membuntuti korbannya yang merupakan seorang wanita. Tersangka berniat mengambil tas korban, korban yang mengetahui niat tersangka pun langsung berteriak meminta pertolongan, tersangka pun akhirnya berhasil diamankan oleh warga.

BACA LAINNYA  Wabup BBS Dampingi Wagub Abdullah Sani Hadiri Kegiatan Program Peremajaan Sawit Rakyat di Sungai Bahar

“Tidak sempat dilakukan pengambilan oleh tersangka, kemudian korban lari menuju perumahan dan berteriak minta tolong. Masyarakat keluar, kemudian tersangka dilakukan penangkapan,”jelas Andy Sasongko.

Tersangka mengaku terpaksa melakukan perbuatan tindak pidana tersebut, lantaran kesulitan keuangan untuk membayar cicilan rumah. Tersangka sendiri merupakan tulang punggung keluarga.

“Pekerjaannya sehari-hari berjualan makanan di warung pesantren dan ojek online,”tandasnya. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 140 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Masnah Busro Kukuhkan Kades Sebagai Pemangku Adat

17 Mei 2022 - 23:07 WIB

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam

16 Mei 2022 - 21:23 WIB

Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

16 Mei 2022 - 09:14 WIB

Bupati Masnah Busro Resmikan Jembatan Gantung Putri Ponjen

15 Mei 2022 - 07:32 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri Pengukuhan Adat Kepala Desa Se-Kecamatan Taman Rajo

13 Mei 2022 - 23:06 WIB

Seminggu Lagi Masa Jabatan Berakhir, Masnah dan BBS Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat

13 Mei 2022 - 17:19 WIB

Trending di Kabar Terbaru