Menu

Mode Gelap
Geger!!! Ibu Rumah Tangga Ditemukan Bersimbah di Dapur Masya Allah… Ibu di Muaro Jambi Melahirkan Bayi Kembar Tiga Lantik Tiga Pj Bupati, Ini Pinta Al Haris HIMIP UNJA Gelar Mubes ke 3 Besok Pj Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo Dilantik Gubernur Jambi

Wisata Budaya · 23 Feb 2022 18:52 WIB

Sahabat PMII UNJA Gelar Nobar Film Dokumenter Wadas Waras


 Sahabat PMII UNJA Gelar Nobar Film Dokumenter Wadas Waras Perbesar

Kabarjambikito.com – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Jambi yang tergabung dalam forum Sahabat PMII UNJA mengelar nonton bareng sekaligus bedah film dokumenter Wadas Waras yang di produksi oleh Watchdog Dokumentery pada Selasa malam, (22/2/2022).

Film dokumenter yang bertajuk konflik lahan di desa Wadas Kecamatan bener Jawa Tengah yang menyebabkan terpecahnya dua kubu masyarakat desa Wadas yang pro dan kontra terhadap penambangan batu andesit yang akan digunakan sebagai bahan pembangunan bendungan bener dalam proyek nasional.

Konflik ini mulai memuncak sejak tiga bulan yang lalu dikarenakan bentrok antara aparat dan masyarakat desa yang menolak adanya pengambil Alihan lahan mereka secara paksa. Hingga akhirnya konflik ini pun kian menjadi perhatian publik dan naik sebagai isu nasional

BACA LAINNYA  Terima Gelar Adat Depati Mudo Terawang Lidah Payung Negeri, Al Haris: Kenduri SKO Adat Sejak Dahulu

Konflik ini pun memunculkan bnyak reaksi dari semua kalangan dalam menanggapi nya. Tak terkecuali organisasi mahasiswa. Seperti yang di lakukan oleh PMII Universitas Jambi yang tergabung dalam Sahabat PMII UNJA melakukan bedah film Wadas waras sebuah film yang di produksi oleh Wacthdoc documetery.

“Kegiatan ini merupakan representasi makna paradigma PMII yg kritis dan transformatif, kita sebagai agent of change sudah semestinya untuk peka terhadap isu isu sosial saat ini karena Dinamika didalamnya adalah nafas bagi kita sebagai makluk sosial dan warga pergerakan,” ujar Koordinator Acara Aldi Afrihadi.

BACA LAINNYA  Hj. Hesti Haris Buka Pertunjukan Teater Sangar Seni Ananda Sekato

Pada kegiatan bedah film ini sahabat PMII UNJA mendatangkan para aktivis lingkungan, sosial Pemerintahan dan pertanian serta pertambangan sebagai pemantik diskusi dalam beda film ini.

Syahrial Darmanto selaku salah satu pemantik pada bedah film ini mengatakan, konflik wadas ini bukanlah konflik yang baru.

“Konflik yg terjadi di Wadas ini bukanlah konflik baru di Indonesia namun ini merupakan contoh kecil konflik lahan karena tambang, jadi kita jgn melihat kisruh konflik ini dari bentrok anatara polisi dan masyarakat nya saja tapi apa yg ada di balik isu ini,” jelas Syahrial.

BACA LAINNYA  Gubernur Al Haris Ingin Anak Jambi punya Karakter dan Cinta Budaya Jambi

Aldi menambahkan, kedepan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan.

“Untuk kedepannya kami dari sahabat PMII UNJA akan selalu memproduktifkan Kegiatan kegiatan seperti ini agar dapat mengasah pisau analisis kader-kader PMII UNJA khususnya dan dapat menunjukkan bahwa gerakan mahasiswa itu bukan cuma hanya sekedar turun kejalan saja tapi mari kita ramaikan forum forum diskusi seperti ini,” pungkasnya. (Edo )

Artikel ini telah dibaca 133 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Jokowi Sebut Batik Batanghari Elegan, Zulva Fadhil: Kita Promosikan UMKM ke Tingkat Nasional

23 Maret 2022 - 17:25 WIB

Al Haris Dorong Destinasi Wisata Unggulan Jambi

3 Maret 2022 - 19:45 WIB

Kunjungi Candi Muaro Jambi Bersama Sandiaga Uno Al Haris Minta Seluruh Kabupaten/ Kota Buat SK Desa Wisata

3 Maret 2022 - 19:17 WIB

Al Haris Targetkan Geopark Merangin Masuk Dalam UGG

18 Februari 2022 - 21:23 WIB

Al Haris Ajak Generasi Muda Jadikan Museum Geologi Sebagai Sarana Edukasi

2 Februari 2022 - 19:55 WIB

Trending di Provinsi Jambi