Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

Peristiwa · 29 Jan 2022 18:34 WIB

Sejumlah Motor Siswa MAN 4 Batanghari di Kempesin, Ini Alasan Penjaga


 Foto ilustrasi Perbesar

Foto ilustrasi

Kabarjambikito.com – Peran utama seorang penjaga sekolah yaitu menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan dilingkungan sekolah. Dengan demikian, penjaga ini bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban. Serta mengawasi aktivitas siswa saat jam istirahat.

Selain itu seorang penjaga juga mengawasi keluar-masuk siswa, warga sekolah, dan tamu sekolah serta mengatur parkir sekolah. Dalam hal ini seorang juga harus memiliki sifat mendidik terhadap siswa-siswi, meskipun siswa tersebut membuat kesalahan. Dan tidak boleh berbuat merugikan siswa.

Tidak hanya itu, seorang penjaga sekolah juga tidak boleh memiliki sifat arogn. Kerena Arogan adalah sebagai sebuah perasaan yang menjadikan seseorang merasa paling hebat (superior) dibanding orang lain.

Sifat ini dimanifestasikan ke dalam tindakan yang angkuh, congkak, pongah dan suka memaksakan kehendak.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pemrov Terus Berupaya Berikan Pelayan Maksimal

Seperti terjadi di MAN 4 Batanghari, yang di Desa Rambutan Masam, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari, sejumlah ban motor milik siswa di kempis oleh oknum penjaga MAN 4 Batanghari dengan beralasan memberi efek jera bagi siswa.

Karena kata Izhar yang merupakan penjaga sekolah MAN 4 Batanghari, dirinya sengaja membuang angin siswa yang motornya parkir diluar sekolah. Hal untuk membuat efek jera bagi siswa.

” Saya sudah berulang kali memperingati kepada siswa, agar motor parkir di dalam pagar sekolah. Karena kalau parkir diluar sekolah nanti hilang. Bukan hanya itu, kalau motor diluar pagar kuatir anak-anak entah kemana-mana bawa motor, ” ungkap Izhar, saat dikonfirmasi Pemred Kabarjambikito.com, Sabtu (29/1/2022).

Terkait hal tersebut, salah seorang warga menyebutkan, apa yang dilakukan oleh penjaga sekolah ada benarnya ada pula sisi salahnya.

BACA LAINNYA  Kantornya Banjir, Deputi LPKNI Minta Pemerintah Provinsi Jambi Turun Tangan

Karena disisi lain boleh membuat pelajaran bagi siswa, karena pihak sekolah telah menyediakan tempat parkir di dalam sekolah . Tentunya untuk kebaikan siswa itu juga. Tapi penjaga juga harus tanya dulu kepada siswa, kenapa motor parkir diluar pagar?

” Kalau untuk memberikan pelajaran bagi siswa itu juga baik. Tapi apakah penjaga sudah tau alasan motor siswa diluar pagar. Bisa jadi karena terlambat dan pagar telah di kunci. Dan kalau Dia bijak tinggal buka kunci, perintahkan siswa bawa motor dalam pagar. Apakah hal ini sudah dilakukan?.” kata warga yang engan menyebutkan namanya.

Kata warga, yang dinamakan penjaga sekolah harus bersikap bijaksana, punya pemikiran yang kreatif. Tidak baik juga ambil tindakan yang akan berdampak buruk.

” Harus cerdas melihat permasalahan. Coba kita pikirkan, kalau ban motor di kempesin gimana siswa mau pulang dengan kondisi motor gak ada angin. Sementara pentil motor ditahan sama penjaga. Apakah hal ini disebut hukaman yang mendidik?,” sebut warga.

BACA LAINNYA  Sering Transaksi Narkoba di Kebun Sawit, Warga Teluk Leban Diringkus BNNK Batanghari

Karena pada pulang, tentunya motor itu akan diperlukan untuk orang tua mereka ( red – siswa).

” Sah-sah menghukum dengan acara kempis ban, tapi ketika waktu pulang harus diberikan lagi pentil motor. Nah saat memberi penti, bisa ditegaskan lagi kepada siswa tersebut, ” itu baru bijak.

Warga juga menilai, seharusnya Izhar itu warga asli Rambutan Masam harus mampu memberi edukasi yang baik siswa, bukan malah menimbulkan masalah baru.

” Saya banyak juga menemui penjaga sekolah tidak ada arogan, tau cara menghargai orang lain, ” katanya

Artikel ini telah dibaca 1.092 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sadis!! Warga Marosebo Ulu, Batanghari Ditemukan Dengan Leher di Gorok

13 Mei 2022 - 06:24 WIB

Antar Istri ke Kota Jambi, Pulangnya Rumah di Bobol Maling

30 April 2022 - 15:24 WIB

Mahasiswi FKIP Universitas Jambi Ditemukan Tidak Bernyawa di Kamar Kos

28 April 2022 - 08:33 WIB

Mengindap Penyakit Stroke, Warga Bajubang Laut Terabaikan, Ini Kata Kades

21 April 2022 - 12:29 WIB

Catut Nama Dandim 0419/ Dandim Tanjab, Oknum Lakukan Modus Minta Beli Tiket

20 April 2022 - 21:57 WIB

Sedang Buang Air Besar, Seorang Pekerja Kontraktor di Terkam Harimau

20 April 2022 - 16:45 WIB

Trending di Peristiwa