Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Batanghari

Jumat, 17 September 2021 - 11:37 WIB

Seluruh BUMDes Akan di Audit Inspektorat Batanghari, Tunggu Giliran Desa Anda

Kantor Inspektorat Batanghari

Kantor Inspektorat Batanghari

Kabarjambikito.com – Membicarakan perihal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)memang tak pernah ada habisnya. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kini telah diidam-idamkan oleh banyak khalayak perdesaan.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dianggap mampu menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat di desa di mana ia berdiri. Hanya saja, posisi Badan Usaha Milik Desa (Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memang dijatahkan mendapatkan kucuran anggaran dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ini justru dianggap rentan menjadi lahan penyimpangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Meskipun rawan terjadi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), hal ini justru membuat Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun Perangkat Desa tidak dapat semena-mena dalam menggunakan uang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kenapa demikian? Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai badan usaha tidak bisa terlepas dari pengawasan dan audit.

Jadi, perlu diketahui pengawasan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilakukan oleh pihak internal dan pihak eksternal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pada struktur kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), terdapat Dewan Pengawas Internal yang diambil dari tokoh-tokoh masyarakat yang kompeten tentunya.

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Rakor Bersama Pejabat OPD Batanghari

Selain itu, setiap tahun Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan wajib disampaikan kepada Pengawas dan Penasehat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ) . Selanjutnya, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menyampaikan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di forum Musyawarah Desa (Musdes).

BACA LAINNYA  Ini Penyebab Pelajar SMA Negeri 7 Batanghari Minum Racun

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka ini anggap telah menyalahi prosedur yang telah berlaku. Sebagai mana kita ketahui dalam kurun waktu beberapa tahun ini acapkali oknum yang bermain-dengan dana BUMDes sehingga berujung ke ranah hukum.

Terkait hal ini, mulai tahun 2021 Ispektorat Batanghari akan mengaudit seluruh Dana Desa / BUMDes setiap desa dalam Kabupaten Batanghari. Hal guna terciptanya pemerintahan yang bersih.

BACA LAINNYA  Gadis Ini Bakar Motor Bersama Rekannya, Hanya Masalah...

” Ini salah satu program kita, saat sedang berjalan. Nanti desa yang belum masuk akan kita masukan agar di audit,” tegas Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Batanghari, Ahmad Fathan, SE, Jumat (17/2021).

Ia juga menuturkan, jika pada saat pengauditan nanti ditemukan penyimpangan, maka pihak akan menindak dengan tegas sesuai aturan yang berlaku. Karena yang dikelola adalah uang rakyat, bukan uang pribadi. ” Kita tindak secara tegas jika ada penyimpangan. ” katanya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Dua Minggu Jabat Kapolsek Marosebo Ulu, IPTU Parlindungan Sagala Tangani Dua Kasus di Satu Lokasi

Batanghari

Agar Tepat Sasaran, Penerima PKH di Rengas IX di Verifikasi dan Validasi Kembali

Batanghari

Target 2024 Seluruh Masyarakat Sudah Miliki Sertifikat, Fadhil Arief: Segera Urus Sertifikat

Batanghari

Lantik 299 Pejabat Malam Hari, BKPSDM Batanghari: Jika Diberi Sanksi

Batanghari

Lakalantas Jupiter Z1 VS Grandmax, Warga Batanghari Meninggal Ditempat

Batanghari

Warga Hendak ke Pasar Sungai Rengas di Stop Petugas

Batanghari

Mewakili Bupati Batanghari, Sekda H M Azan Tandatangan MoU Dengan Pemkab Tanjab Barat

Batanghari

Mantap!! Kades Termuda dan Masih Lajang di Batanghari Siap Bangun Desa Tebing Tinggi