Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Batanghari · 17 Sep 2021 11:37 WIB

Seluruh BUMDes Akan di Audit Inspektorat Batanghari, Tunggu Giliran Desa Anda


 Kantor Inspektorat Batanghari Perbesar

Kantor Inspektorat Batanghari

Kabarjambikito.com – Membicarakan perihal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)memang tak pernah ada habisnya. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kini telah diidam-idamkan oleh banyak khalayak perdesaan.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dianggap mampu menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat di desa di mana ia berdiri. Hanya saja, posisi Badan Usaha Milik Desa (Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memang dijatahkan mendapatkan kucuran anggaran dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ini justru dianggap rentan menjadi lahan penyimpangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Meskipun rawan terjadi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), hal ini justru membuat Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun Perangkat Desa tidak dapat semena-mena dalam menggunakan uang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kenapa demikian? Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai badan usaha tidak bisa terlepas dari pengawasan dan audit.

Jadi, perlu diketahui pengawasan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilakukan oleh pihak internal dan pihak eksternal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pada struktur kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), terdapat Dewan Pengawas Internal yang diambil dari tokoh-tokoh masyarakat yang kompeten tentunya.

BACA LAINNYA  Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP

Selain itu, setiap tahun Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan wajib disampaikan kepada Pengawas dan Penasehat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ) . Selanjutnya, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menyampaikan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di forum Musyawarah Desa (Musdes).

BACA LAINNYA  Cakap Ketua Edi: BLT Sebagai Solusi yang Dibutuhkan Emak-emak

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka ini anggap telah menyalahi prosedur yang telah berlaku. Sebagai mana kita ketahui dalam kurun waktu beberapa tahun ini acapkali oknum yang bermain-dengan dana BUMDes sehingga berujung ke ranah hukum.

Terkait hal ini, mulai tahun 2021 Ispektorat Batanghari akan mengaudit seluruh Dana Desa / BUMDes setiap desa dalam Kabupaten Batanghari. Hal guna terciptanya pemerintahan yang bersih.

BACA LAINNYA  Mobil Truck Pengangkut Minyak Terguling, Warga Antusias Masukan Minyak ke Ember

” Ini salah satu program kita, saat sedang berjalan. Nanti desa yang belum masuk akan kita masukan agar di audit,” tegas Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Batanghari, Ahmad Fathan, SE, Jumat (17/2021).

Ia juga menuturkan, jika pada saat pengauditan nanti ditemukan penyimpangan, maka pihak akan menindak dengan tegas sesuai aturan yang berlaku. Karena yang dikelola adalah uang rakyat, bukan uang pribadi. ” Kita tindak secara tegas jika ada penyimpangan. ” katanya.

Artikel ini telah dibaca 472 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Jelang Kedatangan Dirjen Kebudayaan Direktorat PTLK Datang, Masyarakat Rambutan Masam Bentuk Kepanitiaan

26 Juni 2022 - 22:13 WIB

Lantik Pejabat Fungsional Tertentu, Fadhil Arief Minta PNS Harus Punya Inovasi

21 Juni 2022 - 18:03 WIB

Peduli Lingkungan, PD IWO Batanghari Edukasi Warga di Tahura

21 Juni 2022 - 11:58 WIB

Ada Apa Dengan Tambang Batubara PT Kasongan di Batanghari?

21 Juni 2022 - 09:49 WIB

Fadhil Arief Minta Camat dan Kades Bantu Masyarakat Dalam Pengurusan Sertifikat Tanah

10 Juni 2022 - 08:54 WIB

Sambut 1 Muharam Rambutan Masam Bakal Kedatangan Habib, Ust Dhenny Al Fiqrie: Kita Gaungkan Syiar Islam

6 Juni 2022 - 15:51 WIB

Trending di Batanghari