Menu

Mode Gelap
Gubernur Jambi Sebut, 2022 Program Dumisake Diterapkan Wanita Kerja Honorer di Dispenda Ditemukan Meninggal di Kos Belasan Pejabat Struktural Tanjab Barat Dilantik Wabup Hairan Warga Minta Pemkot Jambi Tindak Tegas Masalah Bangunan Liar Charles Robin Lie Tuntut Hak Konsumen, LPKNI Disambut Hangat Oleh BM Maybank Finance Jambi

Batanghari · 17 Sep 2021 11:37 WIB

Seluruh BUMDes Akan di Audit Inspektorat Batanghari, Tunggu Giliran Desa Anda


 Kantor Inspektorat Batanghari Perbesar

Kantor Inspektorat Batanghari

Kabarjambikito.com – Membicarakan perihal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)memang tak pernah ada habisnya. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kini telah diidam-idamkan oleh banyak khalayak perdesaan.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dianggap mampu menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat di desa di mana ia berdiri. Hanya saja, posisi Badan Usaha Milik Desa (Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memang dijatahkan mendapatkan kucuran anggaran dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ini justru dianggap rentan menjadi lahan penyimpangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Meskipun rawan terjadi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), hal ini justru membuat Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun Perangkat Desa tidak dapat semena-mena dalam menggunakan uang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kenapa demikian? Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai badan usaha tidak bisa terlepas dari pengawasan dan audit.

Jadi, perlu diketahui pengawasan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilakukan oleh pihak internal dan pihak eksternal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pada struktur kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), terdapat Dewan Pengawas Internal yang diambil dari tokoh-tokoh masyarakat yang kompeten tentunya.

Selain itu, setiap tahun Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan wajib disampaikan kepada Pengawas dan Penasehat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ) . Selanjutnya, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus menyampaikan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di forum Musyawarah Desa (Musdes).

BACA LAINNYA  Tingkatkan SDM, Fadhil Arief Adakan MoU Dengan UIN STS Jambi

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka ini anggap telah menyalahi prosedur yang telah berlaku. Sebagai mana kita ketahui dalam kurun waktu beberapa tahun ini acapkali oknum yang bermain-dengan dana BUMDes sehingga berujung ke ranah hukum.

BACA LAINNYA  Komitmen Membangun Batanghari, TAPD dan Banggar Terus Dibangun

Terkait hal ini, mulai tahun 2021 Ispektorat Batanghari akan mengaudit seluruh Dana Desa / BUMDes setiap desa dalam Kabupaten Batanghari. Hal guna terciptanya pemerintahan yang bersih.

BACA LAINNYA  Serahkan Berkas Keanggotaan, BITnews.id Merapat ke JMSI Jambi

” Ini salah satu program kita, saat sedang berjalan. Nanti desa yang belum masuk akan kita masukan agar di audit,” tegas Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Batanghari, Ahmad Fathan, SE, Jumat (17/2021).

Ia juga menuturkan, jika pada saat pengauditan nanti ditemukan penyimpangan, maka pihak akan menindak dengan tegas sesuai aturan yang berlaku. Karena yang dikelola adalah uang rakyat, bukan uang pribadi. ” Kita tindak secara tegas jika ada penyimpangan. ” katanya.

Artikel ini telah dibaca 444 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pilkades Serentak Tinggal 3 Hari Lagi, Cakades Anang Fahri Optimis Menang Untuk Perubahan Kembang Seri

18 Oktober 2021 - 09:31 WIB

Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari

15 Oktober 2021 - 16:50 WIB

Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa

15 Oktober 2021 - 16:01 WIB

Pemaparan Visi dan Misi Cakades, Warga: Program Nomor Urut 1 Banyak Menyentuh Masyarakat

15 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Lagi… Siswa SMP Jadi Korban Lakalantas di Rantau Puri

15 Oktober 2021 - 13:43 WIB

Fadhil Arief: Kesepakatan Bentuk Kererpaduan dan Sinergisitas Saling Membantu

15 Oktober 2021 - 06:00 WIB

Trending di Batanghari