Menu

Mode Gelap
Harga Buah Sawit Anjlok, Dewan Batanghari Gelar RDP Agar BBM Subsidi Tepat Sasaran, Al Haris Gandeng Polda Jambi Al Haris Harapkan Qori dan Qori’ah Harus Percaya Diri Bupati Masnah Busro Kukuhkan Kades Sebagai Pemangku Adat Terima Kunjungan Silaturahmi Pengurus KNPI, Irjen Pol Rachmad: Polri Siap Bersinergi

Pemprov Jambi · 29 Mar 2022 16:06 WIB

Serikat Pekerja Tidak Memenuhi Syarat Sesuai UU, Sekda Sudirman Bilang Gini


 Sekda Provinsi Jambi, Sudirman di dampingi oleh Kadisnakertrans provinsi jambi, Bahari Perbesar

Sekda Provinsi Jambi, Sudirman di dampingi oleh Kadisnakertrans provinsi jambi, Bahari

Kabarjambikito.com — Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Jambi harus segera mengambil sikap untuk menertibkan atau memverifikasi serikat pekerja yang tidak memenuhi syarat.

Hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya menjalankan Undang-undang nomor 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja, sementara itu di Provinsi Jambi di ketahui masih banyak sekelompok oknum masyarakat yang mengatasnamakan serikat pekerja.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Narasumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan pekerja harus tahu mana serikat pekerja yang memenuhi ketentuan UU dan mana yang tidak memenuhi syarat.

BACA LAINNYA  Tiga Pengeroyokan Terhadap Ketua KNPI Ditangkap Polisi

Menurut Narasumber itu penertiban atau verifikasi perlu dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi maupun Kabupaten yang ada di Jambi karena sangat penting bagi masyarakat karena serikat pekerja ini merupakan wadah untuk memperjuangkan hak-hak pekerja.

” Inikan wadah bagi aspirasi pekerja, dimana salah satu tugas utamanya untuk memperjuangkan hak-hak pekerja, baik itu dari upah, kesehatan dan sebagainya, ketika serikat pekerja itu tidak memenuhi ketentuan UU tersebut maka jelas tidak memenuhi syarat (TMS), dan ketika nanti ada permasalah diduga tidak akan mampu menyelesaikan permasalah yang ada, karena tidak memenuhi undang-undang no 21 tahun 2000 itu ” Ungkapnya, Selasa (29/03/2022).

BACA LAINNYA  Al Haris Ajak Seluruh Kepala Daerah Jaga Air Sungai Batanghari Untuk Kembali Jernih

Sementara itu Sudirman, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi seusai membukan Liga Futsal Ketupat Mayday 2022 dengan moto raih kemenangan dengan mengutamakan silahturahmi menuju industrial peace di salah satu lapangan futsal ternama di Kota Jambi.

Sudirman menyebut akan ada langkah – langkah awal yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi terkait perihal tersebut seperti memverifikasi Serikat Pekerja.

BACA LAINNYA  Al Haris Dampingi JK Berkunjung ke PLTA Batang Merangin, Kerinci

” Beginilah untuk menyatakan itu tidak sesuai undang-undang ada semacam penelitian lah jangan langsung di just, Tentunya ada langkah-langkah awal klarifikasi dan verifikasi ” Kata Sudirman, Selasa (29/03/2022).

Kendati demikian kemelut adanya oknum masyarakat yang mengatasnamakan serikat pekerja itu ditakutkan akan merugikan pekerja itu sendiri jika tidak selektif memilih serikat pekerja yang seharusnya mampu menjadi wadah aspirasi untuk memperjuangkan hak-hak pekerja. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Harapkan Qori dan Qori’ah Harus Percaya Diri

18 Mei 2022 - 08:35 WIB

Al Haris Akan Bantu Pemkab Tanjung Jabung Barat Tangani Permasalahan Listrik

17 Mei 2022 - 21:28 WIB

Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

16 Mei 2022 - 21:21 WIB

Al Haris Tegaskan, Pemrov Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

13 Mei 2022 - 20:27 WIB

Sani Harapkan Peran Strategis Para Konsultan

12 Mei 2022 - 07:20 WIB

Terima Gelar Adat Depati Tiang Negeri, Al Haris Minta Jaga dan Lestarikan Ada Budaya

12 Mei 2022 - 06:25 WIB

Trending di Pemprov Jambi