LIVE TV
Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi Kasatpol PP Tinjau Pos Penyekatan, Puluhan Sepeda Motor Balik Kanan Begini Cara Travel Bandel yang Nekat Melintas Masuk Jambi Saat Peniadaan Mudik 2021

Home / Kesehatan

Kamis, 1 April 2021 - 16:39 WIB

SETMAS-LPAS Dorong Kemakmuran Berkelanjutan Untuk Masyarakat

Kabarjambikito.com – Pengiat lingkungan yang berada di dalam tiga kelompok pemikiran, tentu tidak dapat disangkal. Namun, kehadiran SETMAS – LPAS bukan untuk mempertentangkan, melainkan berada ditengah.

“Terobosan pemikiran terkait isu lingkungan terkini memang harus dilakukan,” kata deklarator Sekretariat Masyarakat Lingkungan Pembangunan, Sosial dan Ekonomi (SETMAS – LPAS), Wisma Wardana, di Jambi, baru-baru ini.

Menurutnya, situasi pemikiran kelompok masyarakat lingkungan, kelompok pembangunan dan kelompok sosial ekonomi masyarakat yang secara terpisah sebenarnya saling membutuhkan (symbiosis mutulaisma).

Baca Juga   17.420 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Jambi

Namun, sifat saling ketergantungan itu belum disadari secara penuh oleh ketiga pihak. Padahal ini sangat penting untuk menekan resiko-resiko dan dampak buruk dari ketiga kebutuhan tersebut.

“Keseimbangan antara daya dukung lingkungan yang proporsional, pembangunan yang terus menerus serta upaya pemberdayaan masyarakat akan menciptakan pertumbuhan berkelanjutan yang akan membentuk kemajuan masyarakat dan negara sebagai tujuan akhir untuk mendapatkan kemakmuran berkelanjutan,” katanya.

Diskusi untuk mencapai kemakmuran berkelanjutan tidak akan tercapai tanpa rencana dan intervensi menyeimbangkan pelaksanaan ketiga kelompok tersebut secara bersamaan.

Baca Juga   Apakah Pasar Bedug Dibuka? Disperindag Akan Berkoordinasi dengan Bupati Fadhil Arief

Untuk mulai memperhatikan dan melihat hambatan tercapainya proses tersebut, katanya, beberapa stakeholders mulai merespon pemikiran taktis untuk mengorganisir dan mengakumulasi gagasan merangsang pertumbuhan berkelanjutan terwujud di Provinsi Jambi maupun Indonesia.

“Prinsipnya, adalah jangan memisahkan daya dukung lingkungan, pembangunan berkelanjutan dan peningkatan sosial ekonomi masyarakat,” katanya dilansir Bitnews.id media partner Kabarjambikito.com.

Keterlanjuran kerusakan lingkungan, ataupun pembangunan yang tidak memperdulikan kemajuan masyarakat secara sosial ekonomi, sudah semestinya disikapi dengan cepat.

Baca Juga   Perkuat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi, Dandrem : Olahraga itu Penting

“Mungkin saja, telah ada pihak yang berpikir tentang hubungan ketiganya. Dan kami mengajak mereka untuk berpikir bersama-sama dalam kerangka berpikir yang disini dianggap ‘baru’ ini,” katanya.

Sebab, tidak ada waktu lagi untuk menunda. Karena lingkungan harus asri, pembangunan harus berjalan, dan masyarakat diuntungkan secara sosial ekonomi

“Ini tugas kita bersama,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Beras Petani Sepi Pembeli, Bupati Tanjabbar Usulkan Seluruh ASN Beli Beras Lokal

Kesehatan

Ini Alasan Tak Ada Alfamart dan Indomaret di Sumatera Barat

Kesehatan

Budidaya Hidroponik Salahatu  Pendongkrak Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi

Batanghari

TRC BPBD Batanghari di Suntik Vaksin Sinovac, Sekretaris Syamral: Tetap Jaga Prokes

Batanghari

Bersama Sang Istri di Suntik Vaksin Sinovac, Bupati Fadhil Arief Sempat Grogi

Kesehatan

Beras Petani Sepi Pembeli, Ketua Gerbang Tani Tanjabbar Minta  Pemkab Carikan Solusi

Kesehatan

PLN: Diskon 50% Token Listrik Mulai April Hingga Juni

Kesehatan

Usai Vaksinasi Covid-19 Sinovac, Al Haris Mengaku Terasa Enjoy