Menu

Mode Gelap
Facebook Mulai Uji Coba Kurangi Konten Politik di 80 Negara, Termasuk Indonesia Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

Bisnis · 1 Okt 2021 20:38 WIB

SKK Migas – Pertamina Dukung Upaya Pemadaman Kebakaran Sumur Minyak Ilegal di Jambi


 SKK Migas – Pertamina Dukung Upaya Pemadaman Kebakaran Sumur Minyak Ilegal di Jambi Perbesar

Kabarjambikito.com – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina EP Jambi dibawah pengawasan SKK Migas mendukung upaya pemadaman kebakaran sumur minyak illegal yang terjadi di Kabupaten Batanghari, Jambi. Dukungan yang diberikan oleh PEP Jambi berupa pengiriman tim Penanganan Keadaan Darurat (PKD) yang terlatih, terdiri dari Fungsi HSSE, Well Intervention & Well Services, Sipil dan Serco NPS, ke lokasi kebakaran pada Rabu, 28 September 2021.

Pada saat menuju ke lokasi kebakaran melalui jalan darat, tim PKD Pertamina terhambat oleh akses jalan yang rusak. Jalan yang baru dibuka oleh tim terpadu (Polda Jambi, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) & PT Agronusa Alam Sejahtera (AAS)) sepanjang 10 km belum bisa dilalui kendaraan berat, seperti fire truck, cementing unit, dll.

BACA LAINNYA  Waspada! Ada Investasi Bodong dengan Iming-iming Surat Izin OJK Palsu

“Akses jalan tersebut perlu pemadatan dan pengerasan, mobil rombongan kami terhenti dan tim harus berjalan sejauh 3 km untuk mencapai lokasi kebakaran,” ujar Yudy Nugraha, Sr Manager Relations Pertamina Subholding Upstream Regional Sumatera.

Yudy menambahkan, penanggulangan sumur minyak ilegal yang terbakar ini akan dilakukan melalui 2 tahap, yaitu pemadaman api dan penutupan sumur.

“Proses pemadaman api meliputi perbaikan akses jalan menuju titik sumur sehingga dapat dilalui kendaraan berat, membuat oil catcher pit dan water pond, clearing area sumur, membuat landing zone dan drop zone, serta menyiapkan peralatan pemadam kebakaran dan peralatan penanggulangan tumpahan minyak. Sedangkan tahap penutupan sumur meliputi mobilisasi peralatan, material dan personil, set up peralatan, serta mematikan sumur dengan pemompaan fluida lumpur dan penyemenan (cementing job),” pungkas Yudy.

BACA LAINNYA  Bupati Tanjabbar Dampingi Gubernur Al Haris Pada Pertandingan Sepak Bola

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan, menyebutkan bahwa kendatipun sebetulnya SKK Migas dalam hal ini hanya memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan berdasarkan Kontrak Kerja Sama Migas tetapi terhadap kejadian ini, SKK Migas dan KKKS tetap berkomitmen untuk membantu masyarakat dan pemerintah setempat khususnya.

“Seperti yang pernah kami sampaikan dalam beberapa kali kesempatan bahwa dampak bahaya dan kerusakan terhadap lingkungan dari kegiatan pengeboran tanpa izin pemerintah ini sangat nyata, melalui permintaan yang kami terima dari Pemerintah Daerah dan aparat hukum setempat tentunya kami bersama KKKS meresponnya untuk membantu menanggulangi dan memadamkan semburan liar akibat kegiatan ilegal ini sesuai kemampuan, dampak kerusakan lingkungannya silahkan dilihat, kami akan monitor terus upaya-upaya yang dilakukan KKKS Pertamina EP Jambi, ini butuh dukungan semua pihak, semoga segera tuntas teratasi” Ujar Anggono.

BACA LAINNYA  LEGO Mainan Anak Yang Menarik dan Mendidik

***

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

SKK Migas Perwakilan Sumbagsel
Andi Arie P
Kepala Departemen Humas
08117876205
andiarie@skkmigas.go.id

Yudy Nugraha
Senior Manager Relations
Pertamina Subholding Upstream
Regional Sumatera
0812 1250 032
yudy_n@pertamina.com

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari

15 Oktober 2021 - 16:50 WIB

Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa

15 Oktober 2021 - 16:01 WIB

Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

15 Oktober 2021 - 14:59 WIB

Pemaparan Visi dan Misi Cakades, Warga: Program Nomor Urut 1 Banyak Menyentuh Masyarakat

15 Oktober 2021 - 14:46 WIB

Sumur Minyak Illegal di Batanghari Dipaparkan Depan Menteri ESDM RI

15 Oktober 2021 - 14:39 WIB

Mobilnya Hilang Tapi Denda Terus Berjalan, Kok Bisa, Simak Nih

15 Oktober 2021 - 14:30 WIB

Trending di Bisnis