Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Hukrim

Senin, 20 September 2021 - 15:14 WIB

Sumur Minyak Illegal Meledak, Satu Oknum Polisi Diamankan Polda Jambi

Polda Jambi gelar konferensi pers

Polda Jambi gelar konferensi pers

Kabarjambikito.com – Sumur minyak Ilegal yang berlokasi di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari tepatnya di wilayah Konsesi PT. AAS meledak dan mengeluarkan Api.

seperti yang di kutip dari Ampar.id Dari peristiwa tersebut, hingga kini api belum bisa dipadamkan dan setidaknya ada dua hektar hutan terbakar.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan kejadian kebakaran tersebut pertama kali dilaporkan oleh Satgas udara Karhutla Provinsi Jambi, pada hari Sabtu, (18/09/20021) lalu sekitar pukul 10:00 WIB.

Api diperkirakan berasal dari sumber titik ilegal drilling atau sumur pengeboran minyak ilegal yang diawali insiden percikan api saat proses eksploitasi minyak ilegal.

“Sampai saat ini kondisi api masih belum padam. Karena apinya sangat besar yang bersumber dari salah satu titik sumur minyak Ilegal yang memiliki sumber gas, ketinggian Api mencapai 20 meter ke atas,”katanya, Senin (20/09).

BACA LAINNYA  Janji Mau Nikahi, Seorang Pelaku Disetubuhi Pelajar SMP

Saat ini, Satgas Karhutla Provinsi Jambi, terus berusaha melakukan mitigasi bencana melalui operasi water bombing untuk melokalisir api agar tidak meluas.

Operasi pemadaman juga dilakukan oleh pasukan pemadaman darat dengan dibantu Polres, Kodim dan BPBD Kabupaten Batanghari dan Sarolangun bersinergi dengan PT REKI dan PT AAS.

“Alhamdulillah dari kemarin sudah dilakukan operasi water bombing sebanyak 110 kali, sebanyak 400 ton digunakan untuk melokalisir area disekitaran Api,” jelasnya.

BACA LAINNYA  Diduga Selewengkan Uang Negara    Rp 13,9 M, AL Ditahan Jaksa

Guna memadamkan Api tesebut, saat ini Polda Jambi telah berkoordinasi dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM dalam mitigasi bencana karhutla ini.

Selanjutnya, operasi pemadaman juga akan melibatkan dukungan PT Pertamina yang memiliki kompetensi dalam mitigasi kebakaran pada sumur minyak.

Kemudian, Polda Jambi telah berhasil mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab dalam insiden kebakaran ini yakni UJ, warga Desa Bungku RT 29 yang saat ini menghilang sejak kejadian dan DR seorang oknum anggota Polres Batanghari.

“Satu oknum polri berinisial DR sudah diamankan dan akan dilakukan proses hukum selanjutnya,”ujarnya.

Pada kejadian tersebut berhasil diselamatkan seorang korban HS dari lokasi dengan luka bakar 80 persen yang saat ini sedang menjalani perawatan di RS Bhayangkara dengan pengawasan dari Polda Jambi.

BACA LAINNYA  Warga Tanjabtim Dihebohkan Dengan Penemuan Warga Gantung Diri

“Ada juga satu korban yang diduga juga ikut melakukan kegiatan ilegal drilling, sebagai korban kebakaran dengan luka bakar sekitar 80 persen,”ungkapnya.

Seiring proses pemadaman yang terus diupayakan oleh semua pihak secara bersinergi untuk dapat memadamkan api, Polda Jambi terus berupya mengungkap jaringan illegal drilling dan akan terus memberantas praktik illegal drilling yang terjadi di Provinsi Jambi dari hulu sampai hilir.

“Ini menjadi pembelajaran yang berharga bagi warga Jambi, agar masyarakat khususnya di lokasi ilegal drilling memahami betapa besar dampak dan resiko akibat kegiatan ilegal drilling tersebut,”tandasnya.(Ade)

Share :

Baca Juga

Hukrim

Dugaan Penipuan yang Seret Mayang Sari, Ari Gabot Dipanggil Penyidik Polda Jambi

Hukrim

Dinilai Ciderai Rasa Keadilan, Kejagung Lakukan Banding Atas Putusan Kasus Heru Hidayat

Hukrim

Oknum Polisi Peras Pengendara Kini Terancam 9 Tahun Penjara

Hukrim

Dugaan Korupsi Asabri, Kejagung Tersangkakan Adik Kandung Benny Tjokro

Hukrim

Pelaku Pembunuhan Dengan Air Keras di Jambi Sempat Melawan Saat Ditangkap

Hukrim

Janji Mau Nikahi, Seorang Pelaku Disetubuhi Pelajar SMP

Hukrim

Coreng Nama Fakultas, Oknum Dekan Jadi Tersangka Kasus Pencabulan

Hukrim

Reskrimsus Polda Jambi Temukan Gudang Penyimpanan BBM Oplosan