LIVE TV
Cegah Claster Baru, Tempat Wisata di Kota Jambi Ditutup Pasca Lebaran, 98 Warga Tanjabbar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, Ini Himbauan Bupati Fadhil Arief Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli

Home / Wisata & Budaya

Minggu, 24 Januari 2021 - 13:22 WIB

Sungai Batanghari, Jalur Perdagangan Penting di Sumatera

Foto (Istimewa)

Foto (Istimewa)

Kabarjanbikito.com – Sungai Batanghari adalah salah satu landmark Kota Jambi. Sungai ini menjadi objek wisata, memiliki nilai sejarah dan menjadi jalur perdagangan penting.
Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra, sehingga jika kita berkunjung ke Jambi tidak akan lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri mengunjungi tepian Sungai Batanghari.

Sebagian dari sungai ini juga mengaliri Provinsi Sumatra Barat, namun lebih dari 70% daerah aliran sungai berada di Provinsi Jambi. Sungai Batang hari melintasi Jambi dan Sumatera Barat sepanjang 800 kilometer.

Baca Juga   Bupati Tanjabbar Wajibkan ASN dan Honorer Pakai Batik Khas Daerah

Untuk menemukan Sungai Batanghari sangatlah mudah, karena sungai ini hampir mengaliri setiap kabupaten yang ada di Jambi. Karena panjangnya sungai Batanghari maka sungai ini melintasi beberapa kabupaten di Jambi diantaranya meliputi Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur dan Kota Jambi sebelum bermuara ke Selat Malaka di daerah Muara Sabak.

Sungai Batanghari memiliki peran utama dalam kehidupan masyarakat sekitar Jambi dan Sumatra Barat. Sungai Batanghari menurut sejarah perkembangan Kerajaan Melayu menjadi sungai ini sebagai pusat jalur perdagangan penting.

Baca Juga   Ziarah ke Makam Raja Jambi Paduka Berhala, Al Haris Prihatin

Sebenarnya Sungai Batanghari berpotensi besat menjadi objek dan tempat wisata jika dikelola dengan baik sehingga mampu menjadi dayatarik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Sungai Batanghari bersumber dari Gunung Rasan dan sekaligus hulu dari Sungai Batanghari. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.585 meter diatas permukaan laut, dan terletak pada Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat.

Baca Juga   Al Haris Resmikan Taman Geopark Merangin, dan 17 Proyek Fisik

Dalam pembangunannya saat ini di sepanjang bantaran Sungai Batanghari sudah diubah menjadi tempat nongkrong, dan cafe yang menawarkan pemandangan sungai sebagai nilai jual utama. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, pengunjung bisa berwisata menyusuri sungai dengan menyewa perahu-perahu motor milik warga setempat.

Tak kalah dengan sensasi yang ditawarkan di Sungai Musi Palembang, wisata susur Sungai Mahakam di Kaltim, dan juga Barito di Banjarmasin. Batanghari menawarkan pengalaman tersendiri bagi pejalan.****

Share :

Baca Juga

Wisata & Budaya

Hadiri Launching Buku Adat Perkawinan Uhang Batin 19, Muhammad Zen: Al Haris Sangat Peduli Adat Budaya

Tanjabbar

Bupati Tanjabbar Wajibkan ASN dan Honorer Pakai Batik Khas Daerah

Wisata & Budaya

Pertempuran Simpang lll Sipin Petjah, Begini kronologinya

Wisata & Budaya

Ziarah ke Makam Raja Jambi Paduka Berhala, Al Haris Prihatin

Wisata & Budaya

Raden Mattaher Pejuang Asal Jambi yang Jadi Pahlawan Nasional

Provinsi Jambi

Kampoeng Raja Kembali Dibuka

Peristiwa/ Sejarah

Tawaran Investasi Bodong Makin Marak saat Ramadhan, Kenali Cirinya

Kabar Daerah

Al Haris Resmikan Taman Geopark Merangin, dan 17 Proyek Fisik