Menu

Mode Gelap
Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru Abdullah Sani ke Pejabat: Tugas Kita Memberikan Pelayanan Bukan Untuk Dilayani Al Haris Tegaskan, Fokus Pemberataan Pembangunan Setiap Kabupaten/ Kota Al Haris Jenguk Anak Jadi Korban Bacok Ibunya di Tebo Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

Nasional · 8 Okt 2021 20:52 WIB

Survei Caketum PBNU: Marzuki Mustamar 24,7%, Said Aqil 14,8%, dan Gus Baha’ 12,4%


 Survei Caketum PBNU: Marzuki Mustamar 24,7%, Said Aqil 14,8%, dan Gus Baha’ 12,4% Perbesar

Kabarjambikito.com– Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) merilis survei calon Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada posisi pertama muncul nama Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sementara petahana Said Aqil pada posisi ketiga.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret-5 April 2021. Basis sampel adalah 1.200 responden, dengan margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%. Sebanyak 30,2% total responden berasal dari segmen masyarakat yang merasa memiliki kedekatan dengan NU.

Berikut ini hasil survei itu:

KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jawa Timur) 24,7%
KH Hasan Mutawakkil Alallah (Mantan Ketua PWNU Jatim) 22,2%
KH Said Aqil Siroj (Petahana) 14,8%
KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha (Rais Syuriah PBNU) 12,4%
KH Yahya Cholil Staquf (Katib Syuriah PBNU) 3,7%
KH Marsyudi Syuhud (Ketua PBNU) 1,2%
KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan (Wakil Ketua PWNU Jatim) 1,2%
KH Ali Maschan Moesa (Mantan Ketua PWNU Jatim) 1,2%

BACA LAINNYA  Sekjen JMSI Pusat Hadiri Pelantikan Pengda JMSI Bukittinggi

Tidak Tahu/ Tidak Jawab 18,5%
Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan temuan survei itu memang memiliki sejumlah catatan. Dari hasil crossed-tabulasi asal responden, kata Umam, angka-angka dukungan warga nahdliyin terhadap nama-nama tokoh dalam survei ini dipengaruhi oleh lebih terbukanya dukungan warga nahdliyin dari basis wilayah Jawa Timur.

“Sehingga menempatkan dua nama Kiai Senior asal Jawa Timur di dua posisi awal, yakni KH Marzuki Mustamar dan KH Hasan Mutawakil Alallah,” kata Umam dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021), seperti dilansir detik.com.

BACA LAINNYA  Dihadapan Wisudawan PATI, Kapolri Yakin Polri Akan Semakin Dicintai Rakyat

Umam mengatakan nama Said Aqil Siroj masih termasuk populer. Usulan nama Said Aqil juga disebut merata.

“Di sisi lain, nama KH Said Aqil Siroj memang termasuk masih populer dan usulan nama beliau muncul secara merata dari berbagai wilayah. Namun di sisi lain, munculnya nama-nama baru dengan dukungan warga nahdliyin yang memadai di bursa ini, juga bisa dipengaruhi oleh kuatnya aspirasi regenerasi kepemimpinan, untuk menghadirkan warna NU yang lebih fresh dan dinamis,” katanya.

Adapun munculnya nama Gus Baha, kiai muda asal Rembang, kata Umam, menunjukkan menguatnya ekspektasi warga nahdliyin terhadap pemberian peran kepada para Kiai Muda. Dia mengatakan kehadiran Gus Baha berkomitmen serius terhadap upaya penguatan tradisi intelektual pesantren yang belakangan dinilai sejumlah kalangan mengalami pergeseran metode pembelajaran dan output pendidikan pesantren yang diharapkan.

BACA LAINNYA  Maju di Pileg 2024, Irwanto Mulai Silaturahmi Bersama Masyarakat

“Selain itu, media exposure Gus Baha di berbagai channel media sosial belakangan ini juga menambah literasi keilmuan sekaligus popularitas nama Gus Baha di kalangan warga nahdliyin secara general, khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur,” tuturnya.

Meski demikian, Umam mengatakan dinamika dukungan kekuatan politik terhadap nama-nama tersebut juga akan menentukan calon Ketua Umum PBNU potensial. Sebab, ketum dipilih oleh PWNU dan PCNU pada Muktamar mendatang.

Suaraislam.id

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Terpilih Sebagai Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Bangun Kualitas Pers

19 Mei 2022 - 06:39 WIB

JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol

17 Mei 2022 - 13:29 WIB

Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

16 Mei 2022 - 13:54 WIB

Tito Karnavian Bakal Lantik 5 Pj Gubernur Hari Ini

12 Mei 2022 - 07:30 WIB

DOR! Pak Guru MIT Tewas Ditembus Peluru

28 April 2022 - 06:01 WIB

Benarkah Habib Rizieq Dinobatkan Imam Besar oleh Dedengkot NU?

27 April 2022 - 00:45 WIB

Trending di Nasional