LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Kabar Islam

Rabu, 24 Maret 2021 - 18:10 WIB

Teman yang Baik Menurut Rasulullah

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup seorang diri. Dengan bersosialisasi, pemikiran seseorang dapat lebih terbuka dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Meskipun manfaat bersosialisasi amat penting, seseorang juga perlu selektif dalam bergaul. Rasulullah SAW selalu berpesan agar dapat memilih pergaulan yang baik dan dapat membawa pada kebaikan.

Baca Juga   Sambut Ramadan, Al Haris Gelar Doa Bersama dan Syukuran di Haji Ibrahim

“Teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi, engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalau pun tidak, engkau tetap dapat mendapatkan bau harum darinya. Adapun pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tidak sedap.” (HR. Bukhari-Muslim).

Baca Juga   Menyambut Bulan Mulia Rajab, Ini Amalan Utama yang Diperintahkan Nabi SAW

Dari sabdanya, Rasulullah menyarankan umat Muslim pintar memilih teman, karena mereka dapat memiliki pengaruh besar dalam pembentukan pemikiran dan perasaan kita. Selain itu, Nabi juga berpesan bila seseorang ingin sukses maka bergaullah dengan orang yang berkualitas.

Baca Juga   Syekh Ali Jaber Ajak Umrah Bocah Pemulung Viral yang Baca Alquran

Jika dilihat, kebanyak orang-orang sukses akan lebih dekat atau nyaman bergaul dengan mereka yang memiliki kebiasaan positif dan memprioritaskan diri untuk meraih keberhasilan. Berbeda dengan mereka yang cenderung tidak memiliki semangat saing, akan lebih suka bergabung dengan orang yang belum jelas tujuan hidupnya.***

Share :

Baca Juga

Kabar Islam

Islamic Centre’ antara Membangun Gedung dan Membangun Manusia

Kabar Islam

Tingkatkan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata, Tanjab Barat Jalin Kerjasama Dengan UNJA

Kabar Islam

Malaysia Kecam Karikatur Nabi dan Kebencian pada Islam

Kabar Islam

Innalillahi… Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Tutup Usia

Kabar Islam

Keutamaan Serta Amalan yang Dapat Dilakukan pada Malam Nisfu Syaban

Kabar Islam

Pilih Jadi Jurnalis, Bushra Ingin Kabarkan Palestina ke Dunia

Kabar Islam

Pahala Besar untuk Para Petani Menurut Rasulullah SAW

Kabar Islam

Masya Allah, Prajurit TNI Jadi Imam Salat Tentara Amerika di Hutan