Polisi Gelar Festival Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri Alhamdulillah… Hasil Panen Padi Memuaskan, Petani: Kami Kekurangan Mesin Thresher dan Pupuk Sumur Energi di Kawasan PT Reki di Batanghari Meledak, Satu Orang Alami Luka Serius Heboh !!! Warga Muaro Jambi Temukan Mayat Dalam Lobang Jenderal Kapolri Listyo Sigit: Penerapan PPKM Level 1 Hingga 4 di Jambi Menunjukkan Progres yang Baik

Home / Batanghari / Hukrim

Selasa, 14 September 2021 - 06:48 WIB

Tercium Aroma Penyimpangan, Masyarakat Minta Ispektorat Batanghari Periksa dan Audit Dana BumDes Setiap Desa

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

Kabarjambikito.com – Bumdes adalah kependekan dari badan usaha milik desa, artinya, suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan profesional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan.

Bumdes sendiri dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan di mana selanjutnya dapat memperkuat Pendapatan Asli Desa (PADes), memajukan perekonomian desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa seperti menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa pasal 78 ayat (1).

Bumdes menjadi salah satu usaha atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di desa terutama di lingkup kesejahteraan.

Manfaat BUMdes

Manfaat BUMDes sendiri dapat memberi dampak ekonomi dan sosial, sejalan dengan tujuan pendirian BUMDes yang tercantum dalam Pasal 3 Permendesa PDTT No. 4 Tahun 2015, yaitu:

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Minta Mahasiswa Mampu Melestarikan Kearifan Lokal

1. Meningkatkan perekonomian Desa

2. Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa

3. Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa

4. Mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga

5. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan Iayanan umum warga

6. Membuka lapangan kerja

7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa

8. Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa.

NDana desa yang mestinya diperuntukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa jika ternyata malah diselewengkan oleh oknum-oknum nakal yang mengeruk keuntungan pribadi.

Hal ini tentu saja akan menghambat pertumbuhan ekonomi desa. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan soal penggunaan dana desa salah satu jalan adalahg transparansi dan juga peran aktif warga untuk turut serta mengawasi penggunaan dana desa tersebut.

BACA LAINNYA  Lantik 16 Pejabat Eselon III, Wabup Bakhtiar Minta Pejabat Mampu Menambah Kinerja 0PD

Ahmad salah (45) seorang warga Kabupaten Batanghari menilai, ada beberapa oknum pengurus BumDes itu sendiri yang menyalahgunakan dana tersebut. Bahkan tak jarang oknum pemerintahan desa ikut mengambil kesempatan ini untuk kepentingan pribadi.

Terkait hal tersebut, Ahmad yang mewakili dari suara masyarakat Batanghari minta kepada Pemerintah Kabupaten Batanghari, dalam hal Ispektorat untuk mengaudit dana BumDes. Karena jika tidak di audit akan menjadi ladang empuk bagi oknum-oknum yang nakal untuk menikmati uang rakyat itu.

” Selama ini sudah banyak masyarakat kita yang mengeluh. Karena berdirinya BumDes di desa tidak terlihat dampak kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Walaupun tidak semua desa seperti itu. Kami masyarakat minta Ispektorat Batanghari periksa / audit dana BumDes itu, jangan dibiarkan dana BumDes dimanfaatkan oleh oknum tertentu. ” Pintanya, Selasa (14/9/2021).

BACA LAINNYA  Heboh!!! Warga Tembesi Tikam Istrinya Sendiri

Kata Ahmad, jika dana BumDes dikelola dengan baik tentu akan mampu membantu perekonomian masyarakat setempat. Tapi jika dikelola tidak benar, atau pengurus BumDes tak mampu mengelolanya. Ini juga akan sia-sia.

” Apa yang di belanjakan oleh pengurus BumDes? Apakah barang yang mereka belanja di pakai untuk kepentingan pribadi atau untuk masyarakat? Ini perlu di periksa. Kita berharap pihak Ispektorat Batanghari turun langsung ke lapangan. Jika ditemukan indikasi penyimpangan harus di beri sanksi tegas secara hukum berlalu. Coba kita lihat di daerah lain oknum penyimpangan dana BumDes atau Dana Desa masuk penjara, dan harusnya di Batanghari jika terbukti harus di hukum agar perubahan pemerintah bersih terwujud. ” tegasnya.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Kreen…. BKP Batanghari Bakal Jadikan Hutan Kota Muara Bulian Tempat Wisata

Batanghari

Berikut Jumlah ASN dan PTT Batanghari Yang Telah di Vaksin

Hukrim

Mantan Kepsek Tersangka Korupsi Dana Bos Ditangkap, Rugikan Negara Rp 450 Juta

Batanghari

Wabup Bakhtiar: Program Prioritas Butuh Dukungan Infrastruktur Dasar

Hukrim

Ditangkap KPK Saat Tidur, Bupati Probolinggo Korupsi Menjabat ke Periode Kedua

Batanghari

Tingkatkan SDM, Fadhil Arief Adakan MoU Dengan UIN STS Jambi

Batanghari

Tidak Hanya Batik, Zulva Fadhil: Pelaku Seni Yang Lain Juga Kita Bina

Daerah

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?