Menu

Mode Gelap
Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Memasuki Masa Purna Tugas, Kajati Jambi Pererat Hubungan Dengan Awak Media Fadhil Arief Minta Pejabat Gali Motivasi Diri Gelontorkan Dana Ratusan Juta Untuk PKL Tugu Keris, Pedagang : Terimakasih PLN Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Hasbi Anshory : Kita Berpihak Kepada Rakyat

Kabar Daerah · 27 Des 2021 10:23 WIB

Ternyata Orang Melayu Jambi Punya Peradaban Sangat Maju di Bidang Pendidikan


 Rapat Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Perbesar

Rapat Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi

Kabarjambikito.com– Ternyata orang Melayu Jambi zaman dahulu sangat hebat. Salah satu peninggalannya komplek Candi Muaro Jambi yang menjadi pusat pendidikan, agama dan kebudayaan dunia. Candi ini lebih tua dari acandi Borobudur di Jawa Tengah.

” Kehebatan ini seharusnya inspirasi bagi generasi sekarang. Bukan kita untuk mengagungkan salah satu agama tetapi sebagai spirit generasi muda Provinsi Jambi,” jelas Agus Widiatmoko, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi dalam paparannya di hadapan Pengurus Lembaga Adat Melayu ( LAM ) Provinsi Jambi, Sabtu ( 25/12/2021) di Kantor LAM.

BACA LAINNYA  Al Haris: Pemerintah Provinsi Jambi Permudah Investor Berinvestasi di Jambi

Menurut Agus, Kawasan Candi Muaro Jambi cukup luas sekitar 3981 hektar yang didalamnya itu desa-desa yang juga berbudaya melayu, dibalik desa itu juga ada peradaban yang cukup tua kira-kira sebelum munculnya peradaban Islam dan peradaban yang di bawa oleh bangsa barat.

“Peradaban orang Jambi di kala itu sudah sangat maju, terutama di bidang pendidikan. Banyak orang China, India dan bangsa lain belajar di Muaro Jami,” jelas Agus Widiatmoko.

BACA LAINNYA  Soal Tagar #PercumaLaporPolisi, IPW: Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga

Ketika datang melihat Candi Muaro Jambi bukan hanya melihat bangunan. Candi itu sumber pengetahuan, orang-orang dahulu misal ada kanal, kolam kuno yang dibuat orang dulu menata kota.

Ketua LAM Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus mengapresiasi paparan tentang peradapan nenek moyang orang Jambi dahulu kala. ” Pencapaian peradaban yang sangat hebat itu, menjadi inspirasi bagi anak cucu kita masa kini dan masa yang akan datang,” ujar anggota DPR RI dari Partai Golkar ini.

BACA LAINNYA  Antisipasi Antrian Panjang, Walikota Jambi Akan Tempatkan Petugas di SPBU

Menurut Hasan Basri Agus yang akrab disapa HBA ini berharap pengurus LAM periode 2021 – 2026 bisa membuat program kerja yang realistis dan bersinergi dengan pemerintah.

Dalam rapat pengurus LAM ini selain paparan dari Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi juga paparan dari bidang bidang yang ada dalam kepengurusan periode 2021 – 2026.

Artikel ini telah dibaca 122 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meskipun Umurnya 300 Tahun, Rumah Tuo di Jangkat Masih Kokoh

25 Juni 2022 - 18:46 WIB

Patut Berbangga, Bakar Jaudah di Festival Pariwisata Jangkat Jambi Masuk Rekor Dunia

25 Juni 2022 - 14:16 WIB

Irwasum Komjen Pol Agung Maryoto Gowes ke Candi Muaro Jambi

24 Mei 2022 - 10:45 WIB

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Jokowi Sebut Batik Batanghari Elegan, Zulva Fadhil: Kita Promosikan UMKM ke Tingkat Nasional

23 Maret 2022 - 17:25 WIB

Kejaksaan Negeri Batanghari Musnahkan Ratusan Gram Sabu

18 Maret 2022 - 19:11 WIB

Trending di Kabar Daerah