Diduga Oknum TNI Bekingi Perusahaan, Brigjen Junior Tumilaar Marah Besar: Jalan Takut Kita Lawan Centul City Dapat Untung Besar, Pedagang Sebut NasDem Membawa Berkah Fasha Instruksikan Kader Nasdem Batanghari Dukung Pemerintahan Fadhil – Bakhtiar Oknum Polda Jambi Ditahan Jaksa Peduli, Polsek Batin XXIV Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

Home / Kabar Daerah / Wisata Budaya

Senin, 27 Desember 2021 - 10:23 WIB

Ternyata Orang Melayu Jambi Punya Peradaban Sangat Maju di Bidang Pendidikan

Rapat Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi

Rapat Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi

Kabarjambikito.com– Ternyata orang Melayu Jambi zaman dahulu sangat hebat. Salah satu peninggalannya komplek Candi Muaro Jambi yang menjadi pusat pendidikan, agama dan kebudayaan dunia. Candi ini lebih tua dari acandi Borobudur di Jawa Tengah.

” Kehebatan ini seharusnya inspirasi bagi generasi sekarang. Bukan kita untuk mengagungkan salah satu agama tetapi sebagai spirit generasi muda Provinsi Jambi,” jelas Agus Widiatmoko, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi dalam paparannya di hadapan Pengurus Lembaga Adat Melayu ( LAM ) Provinsi Jambi, Sabtu ( 25/12/2021) di Kantor LAM.

BACA LAINNYA  Dengan Cara Humanis, Binmas Polresta Jambi AKP Mardonna Turun Langsung Vaksin Lansia

Menurut Agus, Kawasan Candi Muaro Jambi cukup luas sekitar 3981 hektar yang didalamnya itu desa-desa yang juga berbudaya melayu, dibalik desa itu juga ada peradaban yang cukup tua kira-kira sebelum munculnya peradaban Islam dan peradaban yang di bawa oleh bangsa barat.

“Peradaban orang Jambi di kala itu sudah sangat maju, terutama di bidang pendidikan. Banyak orang China, India dan bangsa lain belajar di Muaro Jami,” jelas Agus Widiatmoko.

BACA LAINNYA  Bupati UAS : Validasi Data Calon Pelanggan Jaringan Gas Tanjabbar Sudah Selesai

Ketika datang melihat Candi Muaro Jambi bukan hanya melihat bangunan. Candi itu sumber pengetahuan, orang-orang dahulu misal ada kanal, kolam kuno yang dibuat orang dulu menata kota.

Ketua LAM Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus mengapresiasi paparan tentang peradapan nenek moyang orang Jambi dahulu kala. ” Pencapaian peradaban yang sangat hebat itu, menjadi inspirasi bagi anak cucu kita masa kini dan masa yang akan datang,” ujar anggota DPR RI dari Partai Golkar ini.

BACA LAINNYA  Ngneng Budayo, Warga Rambutan Masam Disuguhkan Berbagai Tarian

Menurut Hasan Basri Agus yang akrab disapa HBA ini berharap pengurus LAM periode 2021 – 2026 bisa membuat program kerja yang realistis dan bersinergi dengan pemerintah.

Dalam rapat pengurus LAM ini selain paparan dari Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi juga paparan dari bidang bidang yang ada dalam kepengurusan periode 2021 – 2026.

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Maulana Dukung Kontes Channa Fish Sumatera

Batanghari

Panen Jagung Raya di Karmeo, Sekda Azan Berharap Bisa Jadi Motivasi Petani Lain

Merangin

Al Haris Serahkan Alat PCR Untuk Masyarakat Merangin

Merangin

Jas Biru Wawako Maulana, Jadi Sorotan di Acara KAHMI

Provinsi Jambi

Undang Anggota DPRD Coffee Morning Al Haris Minta Dukungan Bangun Jambi

Kesehatan

Dapat Kabar Bayi Kekurangan Gizi, Bupati Anwar Sadat Langsung Kunjungi RSUD Daud Arif Kualatungkal

Kota Jambi

Kantornya Banjir, Deputi LPKNI Minta Pemerintah Provinsi Jambi Turun Tangan

Bisnis

SKK Migas – Pertamina Dukung Upaya Pemadaman Kebakaran Sumur Minyak Ilegal di Jambi