LIVE TV
Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli Ratusan Warga Bersama Pengemudi Ojol di Jambi Terima Zakat Maal Bupati Tanjabbar Saksikan Secara Virtual Gema Membumi Arakan Sahur Online PT Putra Duta Indahwood Mangkir di Sidang Karhutla Jambi

Home / Hukrim / Nusantara

Selasa, 4 Mei 2021 - 09:32 WIB

Tersandung Perkara Perusakan Hutan, Syamsu Rizal Resmi Dipecat dari Ketua DPC Demokrat Tebo

Syamsu Rizal

Syamsu Rizal

Kabarjambikito.com – Herman Khaeron memastikan bahwa Syamsu Rizal sudah diberhentikan dari posisi Ketua DPC Demokrat Kabupaten Tebo, Jambi. Sementara statusnya sebagai Anggota DPRD Tebo masih menunggu proses inkrah dari pengadilan.

“Ketua DPC (Demokrat) sudah saya Plt. Kalau status anggota DPRD (Tebo) menunggu hasil inkrah pengadilan,” kata Herman Khaeron selaku Ketua Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat kepada detail pada Senin, 3 Mei 2021.

Menurutnya, pengganti Syamsu Rizal adalah Rasyid dari DPP Demokrat. “Ya betul, penggantinya Rasyid dari DPP. Saya amati ada pertarungan politik kurang sehat di Tebo,” ujarnya.

Baca Juga   Diduga Dukung Salah satu Paslon, Komisaris BUMN Cecep Suryana Dilaporkan ke Bawaslu

Informasinya, pemecatan Syamsu Rizal S.E., M.Si, sebagai Ketua DPC Partai Demokrat berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor: 066/SK/DPP.PD/DPC/III/2021 tertanggal 7 Maret 2021 tentang penunjukan Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tebo, Jambi.

Dalam Surat Keputusan tersebut dijelaskan bahwa Ir. H. Abdullah Rasyid M.E.
telah ditunjuk dan diangkat sebagai (Plt) Ketua DPC Partai Demokrat menggantikan Syamsu Rizal S.E. M.Si. Dengan SK tanggal 7 Maret 2021 maka SK lama yaitu SK DPP PD Nomor: 122/SKK/DPP.PD/DPC/IX/2017 tertanggal 29 September 2017, dinyatakan tidak berlaku lagi.

Baca Juga   Gugus Covid-19 Batanghari Diri Posko Disetiap Kecamatan / Kelurahan

Di tempat terpisah, Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir membenarkan informasi tersebut. “Kalau tanggal yang persis saya sudah lupa, mungkin sebulan yang lalu. Benar dia sudah diberhentikan. PLT-nya dipegang oleh orang pusat,” katanya kepada detail pada Senin, 3 Mei 2021.

Ketika ditanyakan soal proses hukum Syamsu Rizal di Pengadilan Negeri Tebo, Burhanuddin Mahir menjawab bahwa menyangkut masalah hukum, itu adalah masalah pribadi, menyangkut masalah hukum.

“Kita tunggulah bagaimana proses hukum. Tidak ada kaitan dengan partai. Betul sudah di-PLTkan, sekarang sudah dipegang pusat karena itu sudah menjadi kewenangan DPP bukan DPD,” ujarnya.

Baca Juga   Warga Ini Kena Bacokan di Perut dan Tangan Dilarikan ke RS

Seperti diketahui, Syamsu Rizal merupakan tersangka kasus perusakan hutan di Kabupaten Tebo. Syamsu Rizal disangkakan dengan Pasal 82 Ayat 1 Huruf B, UU Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan jo Pasal 55 ayat 1 ke 2 KUHPidana.

Pengadilan Negeri Tebo menetapkan Syamsu Rizal menjadi tahanan kota sejak 29 Maret 2021 hingga 27 April 2021. Namun dia, justru sudah berangkat ke Jakarta pada 26 April 2021 untuk mengikuti kunjungan kerja DPRD Tebo pada 27 April 2021 hingga 1 Mei 2021. (*)

Share :

Baca Juga

Nusantara

Mesin Mati Jadi Penyebab Trigana Air Gagal Landing Hingga Tergelincir

Hukrim

Pleno Kota Sungai Penuh Gagalkan Penggelembungan Suara CE-Ratu, Keunggulan Haris-Sani Melebar

Nusantara

Ketua MPR RI: JMSI Harus Bantu Pemerintah Jaga Keutuhan Bangsa

Nusantara

PKB Minta Abu Janda Diproses: Hukum Tak Boleh Pandang Bulu

Hukrim

Polisi Tangkap 3 Tersangka Pembuat Dokumen Hasil Rapid Test Palsu

Nusantara

Ironis, 3 Media Cetak Berhenti Terbit Justru Jelang HPN 2021

Nusantara

Modus Pilot ‘Nakal’ Kencani Pramugari, Ngajak Makan hingga Bayarin Apartemen

Hukrim

Bejat !!! Seorang Ayah Tega Hamili Anaknya Sendiri