Menu

Mode Gelap
Al Haris: Semangat Idul Fitri Jadi Energi Baru Abdullah Sani ke Pejabat: Tugas Kita Memberikan Pelayanan Bukan Untuk Dilayani Al Haris Tegaskan, Fokus Pemberataan Pembangunan Setiap Kabupaten/ Kota Al Haris Jenguk Anak Jadi Korban Bacok Ibunya di Tebo Harga TBS dan Pupuk Tidak Sebanding, Petani Sawit Harapkan Pemerintah Bijaksana

Batanghari · 16 Sep 2021 22:12 WIB

Tidak Hanya Batik, Zulva Fadhil: Pelaku Seni Yang Lain Juga Kita Bina


 Ketua Dekranasda Batanghari, Zulva Fadhil melihat motif batik Perbesar

Ketua Dekranasda Batanghari, Zulva Fadhil melihat motif batik

Kabarjambikito.com -Bangga dilahirkan dan menjadi orang Indonesia salah satunya dengan kebudayaan yang harus tetap dilestarikan diindonesia adalah kesenian batik. Di Indonesia bahkan di dunia internasional, batik telah memiliki tempat di hati masyarakat. Kebudayaan tersebut sangat khas dan terkenal di Indonesia. Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai dan bangga akan kebudayaannya sendiri.

Sekarang batik sudah mendunia di mata dunia karena para desainer Indonesia yang memamerkan hasil karyanya diberbagai kesempatan dengan hasil karya menurut versi mereka masing-masing, batik yang diperagakan oleh para model wanita maupun pria. Batik juga banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik itu dalam kehidupan sehari-hari. Membuat kesenian batik menurutku bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan kesabaran yang tinggi dan proses yang cukup Panjang.

BACA LAINNYA  Tegas !!!  Tokoh Pemuda Bungo Minta Ketua DPP Gerindra Pecat Ketua DPRD Bungo

Dan setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas gaya batik atau motif batik. Terkait hal itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batanghari Zulva Fadhil mengajak warga Batanghari mencintai produk batik lokal. Hal ini disampaikan pada acara lomba desain motif dan literasi batik khas Batanghari.

Lomba diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi bekerjasama dengan Dekranasda dilaksanakan di Gedung Pemuda yang diikuti 30 finalis , peserta hasil dari kualifikasi 130, peserta umum 20 orang, dan dari tingkat pelajar 10 orang.

BACA LAINNYA  AKD DPRD Batanghari Sudah Rampung, PKB Tersingkirkan

Pada kesempatan Zulva mengatakan, pemenang lomba motif batik akan di patenkan dan dapat di produksi oleh pengrajin. Pasca lomba untuk pemenang dan peminat pekerja batik akan di didik oleh Dekranasda Batanghari dan diberikan bantuan alat untuk membatik.

“Kedepan kita akan bekerjasama dengan pihak lain untuk memasarkan batik daerah, seperti kerjasama dengan Lazada, Shoppe, BukaLapak dan pihak lain yang dapat memasarkan batik,” kata Zulva, Kamis (16/09/2021).

BACA LAINNYA  Edi Purwanto Minta OPD Formulasikan Program-program Bantuan Bantuan Dari Pemprov

Ia juga menuturkan, bahwa di Kabupaten Batanghari masih sangat minim pengrajin batik.

“Nanti melalui Dekranasda kita akan terus membina pengerajin. Tidak hanya batik, pelaku seni lainnya juga akan dibina. Kita harus mencintai karya lokal,” pungkasnya.

Adapun acara kegiatan grand final lomba desain motif dan literasi batik khas Batanghari tahun anggaran 2021 tersebut dibuka oleh Sekertaris Daerah Batanghari (Sekda) H. M Azan, SH mewakili Bupati Batanghari.

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berbagai Daerah Kunjungi Objek Wisata Jambi Faradise

5 Mei 2022 - 16:43 WIB

Ribuan Pawai Obor Terangi Sepanjang Jalan Rambutan Masam

1 Mei 2022 - 21:31 WIB

Peduli Sesama, Amsindo Provinsi Bagikan Sembako Untuk Warga Lopak Aur Kecamatan Pemayung

27 April 2022 - 00:55 WIB

Kejari Batanghari Peduli Panti Asuhan, Indahnya Berbagi Menyambut Hari Raya Idul Fitri

26 April 2022 - 18:28 WIB

DPRD Batanghari Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2021 dab Ranperda TA 2022

22 April 2022 - 06:35 WIB

Terdaftar Dalam Bansos, Sekdes Ini Berikan Bantuan Tersebut Kepada Masyarakat Miskin

15 April 2022 - 19:39 WIB

Trending di Batanghari