Menu

Mode Gelap
Al Haris Apresiasi Upaya Muhamadiyah Tingkatkan SDM Jambi Kebakaran Dzulhijah Muara Bulian, Santri Harus Kehilangan Tempat Tinggal Saat Fadhil Arief Pidato, Tiga Oknum Camat Ini Asyik Ngobrol Jamaah Haji Asal Sarolangun Persiapkan Diri Sebelum Wukuf di Arafah Tuntut Kenaikan Gaji, Anggota BPD Se-Sarolangun Gelar Unjukrasa

Ekonomi · 27 Sep 2021 10:32 WIB

Tingkatkan Pendapatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak


 Tingkatkan Pendapatan,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak Perbesar

Kabarjambikito.com – Pelaku becak wisata yang beroperasi di Candi Muara Jambi, Provinsi Jambi di latih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata daerah itu untuk menjadi pramuwisata untuk meningkatkan layanan dan menambah pendapatan.

“Kita menyasar pemberdayaan kepada pelaku becak wisata menjadi pramuwisata agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, mengingat banyak wisatawan yang berkunjung pada sore hari namun pramuwisata yang ada sudah tidak ada di candi,” kata Plt Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam di Jambi, Minggu.

Sri Purnama Syam menjelaskan pelaku becak wisata yang paling sering berinteraksi dengan wisatawan, sehingga pelaku becak wisata sangat berpotensi menjadi pramuwisata. Sehingga pelaku becak wisata dapat mengantar wisatawan berkeliling kawasan Percandian Muara Jambi sembari memberikan penjelasan terkait dengan sejarah-sejarah Candi Muara Jambi.

BACA LAINNYA  Al Haris Minta CRS Berikan Dampak Positif yang Nyata

Pelatihan yang diberikan kepada pelaku becak wisata tersebut terkait dengan pengembangan wawasan terhadap sejarah percandian Muara Jambi, melatih sapta pesona serta melatih pelaku becak wisata berbahasa inggris.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Candi Muara Jambi serta menambah pendapatan pelaku becak wisata.

“Tarif becak wisata dari Rp10 ribu harapannya bisa meningkat karena pelaku becak wisata juga bertindak sebagai pramuwisata ,” kata Sri Purnama Syam.

BACA LAINNYA  Pagi-pagi Moeldoko Datangi Rumah SBY Minta Sesuatu, SBY Langsung Marah Besar

Selain mendapatkan pelatihan, pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi juga akan diberikan seragam serta dilakukan reparasi terhadap becak wisata agar lebih seragam dan menarik.

Ketua Asosiasi Becak Wisata Candi Muara Jambi Fiki menyambut baik pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Menurut Fiki pelatihan tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan pelaku becak wisata.

“Kami memang butuh pelatihan ini, karena kami berhubungan langsung dengan wisatawan, dengan adanya pelatihan pengembangan wawasan kami bisa mengajak wisatawan berkeliling kawasan candi, tidak hanya sekedar mengantar wisatawan masuk ke dalam Candi,” kata Fiki.

BACA LAINNYA  Al Haris: Kejuaraan ini Bertujuan Mencari Potensi dari Generasi Muda

Tidak semua pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi mendapatkan pelatihan pengembangan wawasan. Untuk tahap pertama ada sekitar 30 orang pelaku becak wisata yang akan mendapatkan pelatihan wawasan.

Fiki menjelaskan pelaku becak wisata yang mengikuti pelatihan yakni pelaku becak wisata yang memiliki potensi, masih berusia muda dan komunikatif.

“Pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi ada 47 armada, namun yang mengikuti pelatihan hanya 30 orang, karena di pilih yang memiliki potensi dan pelaku becak yang sudah berusia tua juga menyarankan hal demikian,” kata Fiki.

Antarajambi.com

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kebakaran Dzulhijah Muara Bulian, Santri Harus Kehilangan Tempat Tinggal

7 Juli 2022 - 20:12 WIB

Saat Fadhil Arief Pidato, Tiga Oknum Camat Ini Asyik Ngobrol

7 Juli 2022 - 19:34 WIB

Jamaah Haji Asal Sarolangun Persiapkan Diri Sebelum Wukuf di Arafah

7 Juli 2022 - 18:21 WIB

Pelayanan Tidak Bagus, Fadhil Arief Minta Warga Ingat Nama Petugasnya

7 Juli 2022 - 07:34 WIB

Cucunya Kejang-kejang, Malah Dipersulit Saat Berobat ke RS, Fadhil Arief: Kalau Ibu Ingat Nama Petugasnya?

7 Juli 2022 - 01:23 WIB

Al Haris Beri Apresiasi Kepada SKK Migas Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jambi

6 Juli 2022 - 20:44 WIB

Trending di Kabar Terbaru