Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Ekonomi / Kabar Terbaru / Wisata Budaya

Senin, 27 September 2021 - 10:32 WIB

Tingkatkan Pendapatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak

Kabarjambikito.com – Pelaku becak wisata yang beroperasi di Candi Muara Jambi, Provinsi Jambi di latih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata daerah itu untuk menjadi pramuwisata untuk meningkatkan layanan dan menambah pendapatan.

“Kita menyasar pemberdayaan kepada pelaku becak wisata menjadi pramuwisata agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, mengingat banyak wisatawan yang berkunjung pada sore hari namun pramuwisata yang ada sudah tidak ada di candi,” kata Plt Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam di Jambi, Minggu.

Sri Purnama Syam menjelaskan pelaku becak wisata yang paling sering berinteraksi dengan wisatawan, sehingga pelaku becak wisata sangat berpotensi menjadi pramuwisata. Sehingga pelaku becak wisata dapat mengantar wisatawan berkeliling kawasan Percandian Muara Jambi sembari memberikan penjelasan terkait dengan sejarah-sejarah Candi Muara Jambi.

BACA LAINNYA  Al Haris Dorong Porang DJadi Komoditi Unggulan

Pelatihan yang diberikan kepada pelaku becak wisata tersebut terkait dengan pengembangan wawasan terhadap sejarah percandian Muara Jambi, melatih sapta pesona serta melatih pelaku becak wisata berbahasa inggris.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Candi Muara Jambi serta menambah pendapatan pelaku becak wisata.

“Tarif becak wisata dari Rp10 ribu harapannya bisa meningkat karena pelaku becak wisata juga bertindak sebagai pramuwisata ,” kata Sri Purnama Syam.

BACA LAINNYA  Panen Raya Padi di Danau Embat, Wabup Bakhtiar Sebut Petani Jadi Prioritas Fadhil-Bakhtiar

Selain mendapatkan pelatihan, pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi juga akan diberikan seragam serta dilakukan reparasi terhadap becak wisata agar lebih seragam dan menarik.

Ketua Asosiasi Becak Wisata Candi Muara Jambi Fiki menyambut baik pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Menurut Fiki pelatihan tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan pelaku becak wisata.

“Kami memang butuh pelatihan ini, karena kami berhubungan langsung dengan wisatawan, dengan adanya pelatihan pengembangan wawasan kami bisa mengajak wisatawan berkeliling kawasan candi, tidak hanya sekedar mengantar wisatawan masuk ke dalam Candi,” kata Fiki.

BACA LAINNYA  Gubernur Jambi Sebut, 2022 Program Dumisake Diterapkan

Tidak semua pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi mendapatkan pelatihan pengembangan wawasan. Untuk tahap pertama ada sekitar 30 orang pelaku becak wisata yang akan mendapatkan pelatihan wawasan.

Fiki menjelaskan pelaku becak wisata yang mengikuti pelatihan yakni pelaku becak wisata yang memiliki potensi, masih berusia muda dan komunikatif.

“Pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi ada 47 armada, namun yang mengikuti pelatihan hanya 30 orang, karena di pilih yang memiliki potensi dan pelaku becak yang sudah berusia tua juga menyarankan hal demikian,” kata Fiki.

Antarajambi.com

Share :

Baca Juga

Hukrim

Polres Kerinci Ringkus Dua Pemuda Aniayah Kakek

Batanghari

Sengketa Lahan Terusan Bersatu Tak Kunjung Usai, Hasbi Ansory Siap Antar Berkas Ke Menteri

Kesehatan

Waspada! Ini 3 Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah

Peristiwa

Wow !!! Kebun Ganja Seluas 1 Hektare Ditemukan di Sungai Penuh

Politik

Kawula Muda di Jambi Antuasias Ikuti SKPP Dasar, Ketua Bawaslu RI Bilang Gini

Bisnis

SKK Migas Resmikan Proyek WB NAG Compression and Condensate Pumping System

Peristiwa

BKSDA Jambi Evakuasi Buaya dari Penangkaran Terbengkalai

Batanghari

Pemkab Batanghari Bakal Anggarkan 31 Unit Power Thresher Untuk Petani Padi