Menu

Mode Gelap
Facebook Mulai Uji Coba Kurangi Konten Politik di 80 Negara, Termasuk Indonesia Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

Ekonomi · 27 Sep 2021 10:32 WIB

Tingkatkan Pendapatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak


 Tingkatkan Pendapatan,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi Latih Pelaku Becak Perbesar

Kabarjambikito.com – Pelaku becak wisata yang beroperasi di Candi Muara Jambi, Provinsi Jambi di latih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata daerah itu untuk menjadi pramuwisata untuk meningkatkan layanan dan menambah pendapatan.

“Kita menyasar pemberdayaan kepada pelaku becak wisata menjadi pramuwisata agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, mengingat banyak wisatawan yang berkunjung pada sore hari namun pramuwisata yang ada sudah tidak ada di candi,” kata Plt Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam di Jambi, Minggu.

Sri Purnama Syam menjelaskan pelaku becak wisata yang paling sering berinteraksi dengan wisatawan, sehingga pelaku becak wisata sangat berpotensi menjadi pramuwisata. Sehingga pelaku becak wisata dapat mengantar wisatawan berkeliling kawasan Percandian Muara Jambi sembari memberikan penjelasan terkait dengan sejarah-sejarah Candi Muara Jambi.

BACA LAINNYA  Atlet Dayung Jambi Sabet Tiga Medali PON XX Papua

Pelatihan yang diberikan kepada pelaku becak wisata tersebut terkait dengan pengembangan wawasan terhadap sejarah percandian Muara Jambi, melatih sapta pesona serta melatih pelaku becak wisata berbahasa inggris.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Candi Muara Jambi serta menambah pendapatan pelaku becak wisata.

“Tarif becak wisata dari Rp10 ribu harapannya bisa meningkat karena pelaku becak wisata juga bertindak sebagai pramuwisata ,” kata Sri Purnama Syam.

BACA LAINNYA  Sengketa Lahan Terusan Bersatu Tak Kunjung Usai, Hasbi Ansory Siap Antar Berkas Ke Menteri

Selain mendapatkan pelatihan, pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi juga akan diberikan seragam serta dilakukan reparasi terhadap becak wisata agar lebih seragam dan menarik.

Ketua Asosiasi Becak Wisata Candi Muara Jambi Fiki menyambut baik pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Menurut Fiki pelatihan tersebut akan mampu meningkatkan pendapatan pelaku becak wisata.

“Kami memang butuh pelatihan ini, karena kami berhubungan langsung dengan wisatawan, dengan adanya pelatihan pengembangan wawasan kami bisa mengajak wisatawan berkeliling kawasan candi, tidak hanya sekedar mengantar wisatawan masuk ke dalam Candi,” kata Fiki.

BACA LAINNYA  Fadhil Arief Minta Mahasiswa Mampu Melestarikan Kearifan Lokal

Tidak semua pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi mendapatkan pelatihan pengembangan wawasan. Untuk tahap pertama ada sekitar 30 orang pelaku becak wisata yang akan mendapatkan pelatihan wawasan.

Fiki menjelaskan pelaku becak wisata yang mengikuti pelatihan yakni pelaku becak wisata yang memiliki potensi, masih berusia muda dan komunikatif.

“Pelaku becak wisata di Candi Muara Jambi ada 47 armada, namun yang mengikuti pelatihan hanya 30 orang, karena di pilih yang memiliki potensi dan pelaku becak yang sudah berusia tua juga menyarankan hal demikian,” kata Fiki.

Antarajambi.com

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Angka Kemiskinan Meningkat 7,79 Persen, Wagub Abdullah Minta Perhatikan 6T

13 Oktober 2021 - 01:58 WIB

Peringati Hari Batik Nasional, Hesti Haris Kenalkan Buku Sejarah dan Filosofi Batik Jambi

10 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Perkuat Satgas BINTER TNI AD, SKK Migas – SKK Sumbagsel Serahkan Kendaraan Operasional

9 Oktober 2021 - 15:20 WIB

KK Migas – KKKS SRMD Serahkan Bansos Untuk Masyarakat Sarolangun

8 Oktober 2021 - 19:53 WIB

Capai Produksi 500 Juta Barel Minyak,WK Cepu Berikan Rp 249 Triliun Penerimaan Negara

8 Oktober 2021 - 10:20 WIB

Pemerintah Batal Pungut Pajak Sembako

7 Oktober 2021 - 15:16 WIB

Trending di Ekonomi