Menu

Mode Gelap
Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN Fadhil Arief Sebut Orang Yang Kritik dan Protes Berarti Sudah Cerdas Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

Muaro Jambi · 23 Feb 2022 19:50 WIB

Tradisi Sedeka Payo, Al Haris: Kerarifan Lokal Mengajarkan Kita Gotong Royong


 Gubernur Jambi  Al Haris turun ke payo Perbesar

Gubernur Jambi Al Haris turun ke payo

Kabarjambikito.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengapresiasi kegiatan Sedekah payo (Turun ke Sawah) yang memiliki nilai positif bagi masyarakat, karena kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang mengajarkan saling membantu, gotong royong, memelihara dan meningkatkan kepedulian sosial, bermusyawarah dalam mengambil keputusan, dan berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan khususnya sebelum melakukan tanam padi.

Hal tersebut disampaikan Al Haris saat menghadiri Sedekah Payo, bertempat di Desa Sarang Burung Simpang Limo Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (22/02/2022).

“Saya sangat mengapresiasi tradisi khas yang sangat positif bagi masyarakat yaitu Sedekah Payo di Desa Sarang Burung dan Simpang Limo ini. Kegiatan ini memiliki makna bahwa petani telah memberikan berkah yang luar biasa, tak hanya hasilnya bisa dinikmati untuk keberlangsungan hidup manusia, namun juga keindahan sawah dapat memberikan ketenangan dan kesejukan bagi jiwa manusia,” ujar Al Haris.

BACA LAINNYA  Viral Papan Informasi Tangkap Maling Berhadiah, Polsek Jaluko Langsung Turun ke Lokasi

Al Haris menuturkan, dalam kegiatan Sedekah Payo ini, masyarakat melakukan doa bersama, yang merupakan tradisi warisan dari nenek moyang dan masyarakat terus melestarikannya sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah.

“Kegiatan ini mencerminkan perhatian kita terhadap tradisi yang sangat positif dari orangtua terdahulu yang tentunya untuk kebaikan bagi masyarakat semua, terlebih lagi sebelum melakukan Sedekah Payo terlebih dahulu melakukan musyawarah,” tutur Al Haris.

BACA LAINNYA  Al Haris Berikan Bantuan Bagi Anak Yatim di Batanghari

Al Haris mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung Sedekah Payo dan siap membantu memfasilitasi kelompok tani melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota memberikan perhatian besar untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, terutama swasembada beras, karena petanilah merupakan ujung tombak dalam mewujudkan swasembada beras.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Jambi yaitu Visi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) dibawah Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan misi kedua Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah,” ungkap Al Haris.

BACA LAINNYA  Cabor Wushu Asal Jambi Persembahkan Medali Emas

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi mulai menurunkan program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE), untuk membantu permasalahan yang ada di desa misalnya untuk normalisasi sungai, pembangunan infrastruktur desa dan lainnya. Kepala Desa juga bisa mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk meminta bantuan dan Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu,” lanjut Al Haris.

Al Haris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengganti lahan persawahan yang ada menjadi lahan sawit dan mengharapkan hasil produksi pertanian di Desa Sarang Burung Simpang Lamo terus meningkat dan membantu swasembada beras di Provinsi Jambi.

(Adv)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam

16 Mei 2022 - 21:23 WIB

Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi

16 Mei 2022 - 21:21 WIB

Bupati Masnah Busro Apresiasi Juara III Tim PBM Desa Pulau Karo

16 Mei 2022 - 09:14 WIB

Bupati Masnah Busro Resmikan Jembatan Gantung Putri Ponjen

15 Mei 2022 - 07:32 WIB

Bupati Muaro Jambi Hadiri Pengukuhan Adat Kepala Desa Se-Kecamatan Taman Rajo

13 Mei 2022 - 23:06 WIB

Al Haris Tegaskan, Pemrov Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

13 Mei 2022 - 20:27 WIB

Trending di Kabar Terbaru