Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

Pencerahan/ Hikmah · 25 Feb 2022 11:37 WIB

UAS: Azan Itu Lafadz Allah, Yang Terganggu Musti di Ruqyah


 Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D. Perbesar

Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D.

NASIONAL – Polemik masalah azan menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat Muslim. Tak hanya dari masyarakat biasa, para pejabat maupun ustadz ikut membahas massal azan ini.

Terkait hal ini, beredar video ceramah Ustadz Abdul Somad ( UAS) menyinggung pihak yang merasa terganggu dengan adzan. Kemudian, video itu kembali viral sejak Kementerian Agama mengesahkan aturan baru tentang penggunaan pengeras suara di masjid dan musola.

Sebuah channel youtube dengan nama Redaksi Islam, menampilkan video pernyataan Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan adzan dengan suara anjing. Masih dalam video yang sama, channel itu juga mengunggah ceramah ustadz Abdul Somad ketika menyinggung orang yang merasa terganggu dengan suara adzan.

BACA LAINNYA  Muktamar NU ke-34 Akan Digelar 23-25 Desember 2021

Menurut Yaqut Cholil, suara adzan yang tidak teratur juga dapat berpotensi mengganggu sesama, sebagaimana gonggongan anjing yang dapat mengganggu sesama.

“Rumah ibadah saudara-saudara kita muslim itu, bunyikan toa sehari 5 kali, dengan kenceng-kenceng secara bersamaan itu rasanya bagaimana?,” ujar Yaqut Cholil dalam video yang diunggah channel youtube Redaksi Islam, pada Kamis, 24 Februari 2022, dengan judul ‘Gempar! UAS Murka Bungkam Menag yang Samakan Suara 4nj1ng dengan Adzan dan Batasi Suara Adzan’.

BACA LAINNYA  Muslimah Rajin Shalat Tapi tidak Menutup Aurat, Bagaimana Menurut Islam?

“Yang paling sederhana lagi, tetangga kita ini, kalau kita hidup dalam satu komplek misalnya, kiri, kanan, depan, belakang, pelihara anjing semua, menggonggong dalam waktu yang bersamaan, kita nih terganggu ga?,” ujar Yaqut Cholil melanjutkan.

“Artinya apa? bahwa suara-suara, apapun suara itu ya, ini harus kita atur!, supaya tidak menjadi gangguan,” ujar Yaqut Cholil menandaskan.

BACA LAINNYA  Pengukuhan PB Kabari, Hasbi Ansori: Harus Terus Berjalan Jangan Berjalan Diawal Saja

Kemudian, channel youtube itu mengunggah video ceramah ustadz Abdul Somad ketika menyinggung pihak yang merasa terganggu dengan suara adzan.

“Bunyi adzan itu apa?, lafadz Allah kan!, yang terganggu dengan lafadz Allah itu setan!,” ujar Abdul Somad menjelaskan.

“Maka orang yang terganggu mendengar adzan, dia musti diruqyah!,” ujar Abdul Somad melanjutkan.

“Kumpulkan se-Indonesia ini, berapa anggota DPR, pejabat, orang kaya, yang terganggu mendengar adzan, diadakan ruqyah masal!,” ujar Abdul Somad menandaskan.

Sumber: Gelora.co

Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Siapa Sebenarnya Sosok Ebit Lew

13 Mei 2022 - 14:23 WIB

Merawat Persaudaraan

10 Februari 2022 - 08:09 WIB

Refliksi Sumpah Pemuda Dalam Mendorong Generasi Muslim Berkualitas

28 Oktober 2021 - 08:29 WIB

Ganjaran Istri yang tak Membangkang pada Suami

28 Oktober 2021 - 07:36 WIB

Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

12 Oktober 2021 - 07:32 WIB

Orang yang Memperoleh Syafaat Khusus di Hari Kiamat

10 Oktober 2021 - 23:19 WIB

Trending di Pencerahan/ Hikmah