Menu

Mode Gelap
JMSI Apresiasi Inisiatif KBRI Madrid dan Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Ketua LAM se Kecamatan Sungai Gelam Wagub Sani Hadiri Halal bi Halal Serta Pelantikan Fatayat NU se Jambi Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi Anggaran Pemilu 2024 Rp 76 T Mendapat Kritikan Dari PAN

DPRD Provinsi Jambi · 14 Mar 2022 20:16 WIB

Wacana Sungai Batanghari Bersih, Edi Purwanto : Jika Tidak Ada Anggaran Berarti Cuma Ngomong Doang


 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

Kabarjambikito.com — Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan wacana Sungai Batanghari bersih yang di godok oleh Pemerintah Provinsi Jambi, harus benar-benar dianggarkan.

Setelah Edi melakukan pemeriksaan terhadap APBD Provinsi Jambi pada zaman sebelumnya, memang tidak pernah di aggarkan untuk Sungai Batanghari, dirinya dengan lantang menyebut gerakan Sungai Batanghari bersih ini jika tidak ada anggaran berarti hanya omong kosong.

” Baru kali ini kita khusus untuk Batanghari, dari jaman bengen saya buka buku APBD memang tidak ada anggaran untuk Batanghari, kalau gak ada anggaran untuk ngurus sungai Batanghari berarti cuma ngomong doang pak, saya pikir dengan komitmen bersama pencanangan Sungai Batanghari bersih tanpa pencemaran ” Beber Ketua DPRD Provinsi Jambi, Senin (14/03/2022).

BACA LAINNYA  Diduga Bangunan Jalan Rabat Beton Asal Jadi Sudah Retak, Mana Pengawasannya?

Menurut Edi, ada tiga pendekatan yang harus dilakukan agar wacana Sungai terpanjang di pulau Sumatera itu bisa bersih dan berjalan dengan baik, dimana karakteristik masyarakat Provinsi Jambi menjadi salah satu hal penting untuk kelancaran dan keberlangsungan wacana tersebut.

” Menurut saya ada 3 pendekatan bagaimana sungai Batanghari ini menjadi urat nadi bagi Provinsi Jambi, dengan luas provinsi dan sungai sepanjang 800 KM bagi saya ini masalah yang kompetitif, yang pertama itu budaya, adat maka melalui ini akan ada kesadaran kolektif masyarakat Provinsi Jambi untuk menjaga alam ini ” Jelasnya.

BACA LAINNYA  Tinjau Peternakan Sapi, Bupati Anwar Sadat: Budidaya Sapi Bisa Ditiru Kelompok Lain

Yang kedua Edi Purwanto menyebutkan, pendekatan politik turut menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga Pemerintah Desa sebagai bentuk kontrol dalam wacana Pemerintah Provinsi Jambi itu.

” Mengapa butuh pendekatan politik, ya kita butuhkan komitmen bersama tadi seperti yang bapak katakan tadi dan secara tertulis saya pikir kontrol kita akan lebih kuat ” Katanya.

Kemudian yang terakhir menurut kaca mata Edi Purwanto adalah pendekatan hukum mengingat banyaknya aktivitas pembalakan liar dan PETI menjadi salah satu penyebab Sungai Batanghari Keruh.

BACA LAINNYA  Soal Hepatitis Akut, Pinto Minta Dinkes Tingkatkan Sosialisasi dan Imbauan ke Masyarakat

” Pendekatan Hukum itu penting karena ada 3 hal yang menyebabkan keruh seperti saat ini, yang pertama pembalakan liar, yang kedua diduga pembuangan limbah ke Sungai Batanghari beberapa laporan ada, dan yang ketiga Pertambangan Emas Tanpa Izin karena kita juga belum serius mengatasi Peti ” Tutupnya.

Diketahui permasalahan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tidak hanya masalah penegakan hukum saja, namun ada permasalahan sosial dan ekonomi yang juga harus dipikirkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. (Ade)

Artikel ini telah dibaca 156 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Komisi IV DPRD Provinsi Cek Pembangunan Gedung SMA Negeri 12 Kota Jambi

16 Mei 2022 - 17:14 WIB

Edi Purwanto: Momentum Halal Bihalal Mari Kita Berlapang Dada

11 Mei 2022 - 16:09 WIB

DPRD Provinsi Jambi Gelar Halal Bihalal, Edi Purwanto: Dapat Jalin Silaturahmi Lebih Erat Lagi

10 Mei 2022 - 19:07 WIB

Soal Hepatitis Akut, Pinto Minta Dinkes Tingkatkan Sosialisasi dan Imbauan ke Masyarakat

9 Mei 2022 - 11:01 WIB

Waka DPRD Provinsi Jambi Pantau Sembako di Dua Kabupaten

28 April 2022 - 14:36 WIB

Edi Purwanto Apresiasi Kegiatan Remaja Masjid Miftahurrahmah

27 April 2022 - 09:29 WIB

Trending di DPRD Provinsi Jambi