Menu

Mode Gelap
Irwasum Komjen Pol Agung Maryono Gowes ke Candi Muaro Jambi Atlet Jambi Raih 14 Medali di Sea Games Vietnam Kapolri Perintahkan Berantas Perjudian, Kapolres Hasan Bilang Gini Bersama Al Haris, Kapolda Jambi Sambut Kedatangan Irwarsum Komjen Pol Agung Budi Maryoto Awas!! Plafont Gedung Dinas Pendidikan di Batanghari Banyak Yang Ambruk

Kabar Daerah · 22 Okt 2021 09:34 WIB

Wagub Abdullah Sani Minta Tingkatkan Tata Kelola Zakat


 Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I Perbesar

Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I

Kabarjambikito.com -Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I melantik pengurus Forum Zakat Jambi dalam Rakerwil Forum Zakat di Jambi, Kamis (21/10/2021) bertempat di Ev Garden.

Dikesempatan ini Wakil Gubernur mengapresiasi keberadaan forum ini dan untuk meningkatkan tata kelola zakat.

“Selain mengelola zakat, saya berharap agar FOZ Jambi juga turut mengajak masyarakat kaum Muslimin dan Muslimat di Provinsi Jambi untuk membayar zakat,’ ungkap Wagub di hadapan pengurus Forum Zakat Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi Jambi serta pihak terkait lainya.

BACA LAINNYA  Polda Jambi Gelar Sosialisasi dan Penyerahan DIPA Petikan Satuan Kerja

Menurut Wagub, zakat merupakan salah satu konsep penting dalam Islam dan menjadi bagian dari Lima Rukun Islam, juga memainkan peran penting dalam hal keuangan. Hukum zakat sendiri adalah wajib tanpa pengecualian bagi setiap umat Islam mampu.

Dengan berzakat bisa menenangkan hati, berzakat dapat melatih umat muslim untuk ikhlas. Jika dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan sedikit pun, maka dalam hal ini zakat dapat menjadi media untuk melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan pada orang lain.

BACA LAINNYA  Lantik Tiga Pj Bupati, Ini Pinta Al Haris

“Manfaat zakat ini dua arah, bagi pemberi dan penerima. Selain sangat bermanfaat bagi yang membayar/mengeluarkan zakat, zakat juga tentunya sangat bermanfaat bagi penerima. Zakat sangat bermanfaat dalam pembangunan, terutama dalam pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, zakat yang merupakan konsep Islami sejalan dengan pembangunan, dimana muara pembangunan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka, semangat berzakat sesungguhnya selaras dengan semangat pembangunan, dan zakat sangat mendukung pembangunan.

BACA LAINNYA  Megawati Pimpin Dewan Pengarah BRIN, Prof Azyumardi Azra: Harusnya Dijabat Peneliti bukan Politisi

Wagub juga menjelaskan, pengelolaan dan pemanfaatan zakat sejalan dengan Visi dan Misi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional) di Bawah Ridho Allah SWT, yakni visi kedua “Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah,” dan misi ketiga “Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia.”

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pasca Idul Fitri, Kapolda Jambi Pimpin Apel Pagi

9 Mei 2022 - 11:15 WIB

Pengacara Muda Ini Minta HS, HPH dan OH Selesaikan Konflik Agar Tidak Terjadi Gesekan Dibawah

27 April 2022 - 18:07 WIB

Gelar Nuzulul Qur’an, DPW PPP Jambi Ajak Anak Muda Wariskan Kepemimpinan Masa Mendatang

19 April 2022 - 04:46 WIB

Jadwal Buka Puasa Hari Ini

16 April 2022 - 18:07 WIB

Ratusan Warga Tuntut Hak Mereka Atas Lahan Yang Diberikan Jokowi

10 April 2022 - 16:37 WIB

Jokowi Bagikan Bantuan Kepada Warga, Iriana Setia Memayungi

7 April 2022 - 20:06 WIB

Trending di Provinsi Jambi