Firli Bahuri Rangkul Pers, Wujudkan Tujuan Indonesia JMSI Silaturahmi ke HIPMI Bahas HUT JMSI Ke2 di Kendari SulTeng Kepala SKK Migas Tinjau Sumur Eksplorasi Manpatu-1X Iin Kurniasih Ajak Pemerintah dan Masyarakat Promosikan Senam Rentak Kudo Sekda Provinsi Jambi Harapkan BI Turut Bantu Pulihkan Masyarakat

Home / Bisnis

Selasa, 11 Januari 2022 - 18:23 WIB

Wahai Ahli Hisap Elektrik, Jangan Senang Dulu Harga Rokok Elektrik Juga Naik

Kantor Bea Cukai Provinsi Jambi

Kantor Bea Cukai Provinsi Jambi

Kabarjambikito.comDiketahui Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) telah menerima permintaan pita cukai hasil tembakau (PCHT) 2022 dari perusahaan rokok. Sebanyak 90% PCHT sudah dicetak.

Yang artinya harga rokok akan segera naik setelah menggunakan Pita Cukai 2022. Hingga saat ini harga rokok dipasaran terpantau belum naik dikarenakan masih menggunakan cukai 2021.

Sebagai pemahaman bersama sesuai ketentuan yang ada terkait batas waktu pelekatan pita cukai, maka untuk HT yang masih diproduksi di bulan Januari 2022 juga masih dimungkinkan pelekatan pita cukainya dengan PC HT 2021 (tarif lama) sampai dengan tanggal 1 Februari 2022.

BACA LAINNYA  BKSAP DPR-RI Kunjungi Jambi, Al Haris: Dapat Meningkatkan Sinergitas Eksekutif dan Legislatif di Provinsi Jambi

Enny Efriani, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) Bea Cukai Jambi, menyebutkan kenaikan tarif cukai tidak hanya terjadi pada rokok sigaret, cerutu, rokok daun dan tembakau iris namun juga terjadi kenaikan rokok elektrik.

Sesuai peraturan mentri keuangan RI Nomor : 193/PMK.010/2021 tentang cukai hasil tembakau berupa rokok elektrik dan hasil pengolahan tembakau lainnya.

” Rokok elektrik juga naik, berupa rokok elektri padat per gram, elektrik cair sistem terbuka per mililiter dan sister cair tertutup per cartridge-nya ” Imbuh Enny, Selasa (11/01/2022).

Selain itu hasil pengolahan tembakau lainnya turut melonjak naik seperti tembakau molases, tembakau hirup dan tembakau kunyah, yang artinya (HJE) jenis rokok elektrik (RE) dan Hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL) naik 17.5%.

BACA LAINNYA  Siswa Batanghari Nekat Ahiri Hidupnya Dengan Meminum Racun Rumput

Menurut Enny Kebijakan CHT 2022 tersebut bertujuan untuk menekan angka konsumsi rokok sebesar rata-rata 3.0% pertahun.

” Iya karena konsumsi rokok ini terbesar ke 2 setelah beras, terutama pada perokok berusia dibawah 18 tahun ” Ujarnya.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Jambi itu juga mempertegas akan melakukan sidak terhadap HJE rokok di pasaran.

” Biasanya 3 bulan sekali, jika kita temukan HJE di pasaran lebih tinggi dari pada Harga Jual Ecer yang telah di tetapkan produsen akan kita beri teguran ” Katanya.

BACA LAINNYA  Ciptakan Herd Immunity, SKK Migas-KKKS Galakkan Vaksinasi Bersinergi dengan DMI di Seluruh Daerah Wilayah Kerja

Hal tersebut sudah jelas dalam peraturan Menkeu Republik Indonesia Nomor : 192/PMK.010/2021 tentang tarif cukai hasil tembakau berupa sigaret, cerutu, rokok daun atau klobot dan tembakau iris.

Disamping itu Kasi PLI Bea Cukai Jambi itu juga akan terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat di Kabupaten Bungo Tahun 2022 ini.

” Tahun ini di Kabupaten Bungo, tidak hanya masyarakat tapi pemerintahannya juga ” Bebernya.

(Ade)

Share :

Baca Juga

Bisnis

PetroChina Mendapatkan Perpanjangan Kontrak Wilayah Kerja Jabung

Bisnis

Lantik Komisaris dan Direktur, Gubernur Minta PT JII Kompetitif dan Profitable

Bisnis

SKK MIGAS – PHE Jambi Merang Survei Seismik Terpanjang di Pulau Jawa

Bisnis

KKKS MontD’Or Oil Tungkal Limited (“MOTL”) Memulai Pemboran 4 Sumur Pengembangan di Blok Tungkal, Jambi

Bisnis

Tingkatkan SDM dan Ekonomi, SKK Migas-KKKS Lakukan Program Pengembangan Masyarakat

Bisnis

Brigjen TNI M Zulkifli: Dibutuhkan Srategi Jangka Panjang, Sebagai Solusi Penyelesaian Permasalahan Illegal Drilling

Bisnis

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Bisnis

KK Migas – KKKS SRMD Serahkan Bansos Untuk Masyarakat Sarolangun