Menu

Mode Gelap
Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi Demi Mempertahankan Seluruh Honorer Indonesia, Anies Baswedan Temui Jokowi Persiapan Kenduri Swarnabhumi, Tim Kemendikbud Turun ke Tebo Prabowo-AHY Kompak Bilang Punya Kesamaan Usai Bertemu 2 Jam Tajak 21 Juni 2022, SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

DPRD Provinsi Jambi · 17 Jun 2022 08:56 WIB

Waka DPRD Provinsi Jambi Minta Pihak Terkait Duduk Bersama Bahas Masalah Batubara


 Wakil Ketua Provinsi Jambi Pinto Jayanegara. (Ist) Perbesar

Wakil Ketua Provinsi Jambi Pinto Jayanegara. (Ist)

Kabarjambikito.com – Masalah angkutan truk batubara memang jadi sorotan bagi semua kalangan, bahkan masalah ini sudah menyebar sampai ke tingkat nasional. Bahkan Dirjen Minerba ESDM telah memberi sanksi terhadap delapan perusahaan untuk tidak boleh beroperasi.

Wakil Ketua Provinsi Jambi Pinto Jayanegara pun ikut bersuara, dirinya juga minta Dirjen Minerba Kementerian ESDM bersama Gubernur Jambi untuk duduk bersama mencari solusi yang terbaik.

BACA LAINNYA  UAS Tausyiah di Batanghari, Bupati Batanghari: Bangga Kedatangan Ulama Besar

Pinto Jayanegara juga menyebutkan, pemegang izin pertambangan wajib mematuhi peraturan terkait ekspoitasi, angkutan, persediaan, pengelolaan lingkungan dan reklamasi galian penambangan.

“Kita ketahui angkutan batubara dari mulut tambang sampai ke pelabuhan Talang Duku masih menggunakan jalan umum dengan muatan yang melebihi kapasitas. Kapasitas angkut truk normal 7,5 ton diberikan dispensasi sampai 14 ton, hampir 2x lipat,” sebut Pinto Jayanegara.

BACA LAINNYA  Lagi... Siswa SMP Jadi Korban Lakalantas di Rantau Puri

Selain itu yang memicu terjadinya kemacetan jumlah truk batubara yang melintas perhari mencapai 6000 unit sehingga sepanjang jalan di isi mereka semua (truk batubara)

Kata Pinto Jayanegara, Kecamatan panjang akan terjadi jika truk batubara melakukan konvoi dari jalan Muara Tembesi menuju Talang Duku melintas jalan negara Muara Bulian – Muara Bulian, dan jalan umum Bajubang – Tempino – Talang Duku.

BACA LAINNYA  Anggota DPRD Provinsi Jambi, Akmaludin Minta Audit Seluruh Aset Kerjasama

“Solusi permanen permasalahan angkutan batubara adalah perusahaan-perusahaan batubara membuat konsorsium untuk membuat jalan khusus di beberapa jalur alternatif dari mulut tambang menuju pelabuhan Talang Duku dan menuju dermaga privat di sepanjang hilir sungai batanghari,” jelasnya.

Lanjut Pinto Jayanegara, salah satu solusi paling tidak baik adalah pihak yang terkait atau leading sektor harus duduk bersama untuk sama-sama mencari solusi terbaik

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Fadhil Arief Minta Pegawai Berikan Pengaruh Yang Baik Kepada Instansi

25 Juni 2022 - 09:17 WIB

Ketua Bamperda Akmaludin Minta OPD Buat Pergub Turunan dari Perda

23 Juni 2022 - 16:40 WIB

Kinerja ASN Buruk, Fadhil Arief Persilahkan Masyarakat Melapor

23 Juni 2022 - 15:03 WIB

Zulva: Menikah Harus Dipersiapkan Secara Matang

23 Juni 2022 - 07:58 WIB

Fadhil Arief Sebut, PNS Malas-malasan Akan Ditindak

22 Juni 2022 - 18:58 WIB

Ditanya Jurnalis Tentang Pilgub, Fadhil Arief: Itu Nanti, Kita Sudahi Janji Kita Dengan Rakyat

22 Juni 2022 - 12:32 WIB

Trending di Kabar Terbaru