LIVE TV
Cegah Claster Baru, Tempat Wisata di Kota Jambi Ditutup Pasca Lebaran, 98 Warga Tanjabbar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, Ini Himbauan Bupati Fadhil Arief Komunitas Sahabat Sejati Bersama Wawako Maulana Beri Santunan 10 Ton Daging Kerbau Beku Perum Bulog Jambi, Habis di Serbu Pembeli

Home / Nusantara

Jumat, 23 April 2021 - 23:08 WIB

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Minta Kepala Daerah Tidak Larang Santri Mudik

Wapres Ma'ruf Amin ingin pemerintah daerah membolehkan santri mudik lebaran agar bisa merayakan Idulfitri bersama keluarga (Arsip Setwapres)

Wapres Ma'ruf Amin ingin pemerintah daerah membolehkan santri mudik lebaran agar bisa merayakan Idulfitri bersama keluarga (Arsip Setwapres)

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah tidak menerapkan larangan mudik Idulfitri bagi para santri. Dia ingin para santri bisa merayakan Idulfitri bersama keluarga di rumah masing-masing.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, berkata para santri biasanya menghabiskan Ramadan di pondok pesantren. Namun, kegiatan pesantren ditiadakan saat hari raya.

Baca Juga   Gegara Disebut Giring Saksi, Rizieq ke Jaksa: Anda Takut

“Wakil Presiden minta agar ada dispensasi untuk santri bisa pulang ke rumah masing-masing, tidak dikenakan aturan-aturan ketat terkait larangan mudik yang berhubungan dengan konteks pandemi saat ini,” kata Masduki kepada wartawan, Jumat (23/4/2021).

Masduki menyebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa telah memberi contoh yang baik. Pemprov Jatim sudah memperbolehkan para santri mudik saat lebaran.

Baca Juga   Siap Geruduk KPU, Massa Minta Sanusi Dinonaktifkan Jelang PSU

Dia menyampaikan dispensasi serupa belum dilakukan oleh Jawa Barat dan Jawa Tengah. Mar’ruf berharap pemerintah daerah segera memberi keringanan bagi para santri.

Ma’ruf menyarankan agar organisasi kemasyarakatan ikut mengusulkan dispensasi larangan mudik bagi santri. Dia berharap ormas Islam seperti Pengurus Besar Nahdlatul Ulama bisa menyurati pemerintah.

Baca Juga   Teguh Santosa Daftarkan JMSI, Untuk Jadi Konstituen Dewan Pers

“Membikin surat kepada khusus, apakah kepada presiden, atau wakil presiden, atau kaditlantas supaya ada dispensasi. Itu penting agar santri yang pulang belajar bisa bertemu dengan orang tuanya dengan lancar,” tutur Masduki.

Pemerintah menerapkan larangan mudik Idulfitri pada 6-17 Mei 2021. Keputusan diambil merujuk pengalaman lonjakan kasus Covid-19 di setiap libur panjang.

Klik Disini

Share :

Baca Juga

Nusantara

Akun Facebook Bupati Cantik Anne Mustika Dicatut, Kirim Pesan Pribadi Sensitif ke Banyak Orang

Nusantara

Memiliki Segudang Pengalaman, Irjen Pol Wahyu Widada Layak Memimpin Polri

Nusantara

Klarifikasi Pernyataan Bubarkan FPI, Pangdam Dudung Sebut Tak Ada Kewenangan TNI

Nusantara

Ilham Bintang: Konstitusi Lebih Tinggi dari Maklumat Kapolri

Nusantara

Habib Rizieq Umumkan Pulang, Waketum MUI: Banyak yang Rindukan Beliau

Nusantara

JK Sebut Habib Rizieq Pemimpin Kharismatik

Nusantara

Hamdan Zoelva Khawatir Hukum Digunakan untuk Kepentingan Kekuasaan

Nusantara

Lantik Pengurus Pusat, Ketua MPR-RI Menaruh Harapan Besar Kehadiran JMSI