Menu

Mode Gelap
Badan Intelijen Negara Door Tu Door di Jambi, Ada Apa ? Selain Dipecat, Oknum Kapolsek Yang Berbuat Mesum Juga Bakal di Pidana Dana Bansos Diselewengkan, Lapor ke Sini Adu Kambing Kijang LGX VS Mitsubishi, Sopir dan Penumpang Meninggal di TKP Kampoeng Radja Siap Kembali Menghibur Keluarga di Jambi, KJK Beri Apresiasi

Pencerahan/ Hikmah · 1 Okt 2021 17:47 WIB

Wanita Tidak Berhijab Tapi Punya Hati yang Baik, Ini Tanggapan Ustadz Abdul Somad


 Ustadz Abdul Somad (Ist) Perbesar

Ustadz Abdul Somad (Ist)

Kabarjambikito.com – Pemuka agama Ustadz Abdul Somad (UAS) sempat mendapat pertanyaan tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik. Bagaimana tanggapan dan penjelasannya?

Akhir-akhir ini kita sering menjumpai kalimat bahwa tidak ada masalah jika tidak memakai hijab atau berhijab dengan syar’i dan yang paling terpenting memiliki hati yang baik.

Melalui sebuah video yang diunggah di YouTube Channel miliknya, Ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik.

UAS menjelaskan, “Ada pepatah mengatakan ‘kalau anak kencing berdiri maka cucunya kencing marathon’. Sekarang emaknya begini (tak pakai jilbab) nanti anaknya tak pakai celana, pas ditanya anaknya kok ngga pakai celana dia bakal jawab yang penting hatinya baik”.

BACA LAINNYA  Jindi South Jambi Berikan Perlengkapan Salat untuk Ponpes Darul Hijrah

Menggunakan hijab hukumnya wajib dan Allah SWT juga akan melihat dari kebaikan hati dan amalan seseorang.

Hal ini telah tercantum dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk-bentuk kalian dan tidak pula harta-harta kalian akan tetapi Dia melihat kepada hati-hati dan amalan-amalan kalian.” (HR. Muslim).

Perintah Menutup Aurat

Setiap umat muslim wajib untuk menutup aurat, baik laki-laki maupun perempuan.

Laki-laki memiliki batas aurat yang dimulai dari pusat hingga lutut. Sedangkan setiap perempuan tentu memiliki kewajiban untuk menutup aurat dari ujung kepala hingga kaki.

BACA LAINNYA  Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

Oleh karena itu, bagi perempuan juga wajib untuk menggunakan hijab pada kepalanya untuk menutup rambut dan leher.

Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), aurat pada seorang perempuan ketika berhadapan saat sholat adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangannya.

Sedangkan saat berhadapan dengan bukan mahram memiliki batasan aurat adalah seluruh tubuh kecuali wajah, telapak tangan dan kedua telapak kaki.

Perintah untuk menggunakan hijab telah disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Oleh karena itu, setiap perempuan wajib untuk menutup aurat dan juga menggunakan hijab sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran dan juga Rasulullah SAW yang ada pada hadist.

BACA LAINNYA  Menteri ATR/BPN Ajak Gubernur Jambi Al Haris Capai Target 2025 Seluruh Tanah Terdaftar

Sekian, penjelasan dan tanggapan dari Ustadz Abdul Somad tentang wanita tidak berhijab tapi punya hati yang baik. (Eramuslim.com)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Masjid Terbesar di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan pada Jumat Sore

12 Oktober 2021 - 07:32 WIB

Orang yang Memperoleh Syafaat Khusus di Hari Kiamat

10 Oktober 2021 - 23:19 WIB

Tingkatkan Kewaspadaan, Umat Islam Diminta Jaga Ulama

27 September 2021 - 08:19 WIB

Muktamar NU ke-34 Akan Digelar 23-25 Desember 2021

26 September 2021 - 10:45 WIB

Mozaik Sejarah dalam Alquran

25 September 2021 - 03:49 WIB

Sudah Tobat, Mantan Penganut Aliran Sesat Dapat Rumah

24 September 2021 - 18:09 WIB

Trending di Pencerahan/ Hikmah