Hanya Gegara Ini Warga Marosebo Ulu Bakar Rumah Sarminsen Jambi- Jatim Tandatangan MoU Misi Dagang dan Investasi Sani: Membangunan Mental Ummat Sangat Penting Sekali Membegal Tukang Ojek di Muaro Jambi, Pelaku Diamankan Polisi Penampakan Dua Ekor Harimau Membuat Warga Muaro Jambi Getar-Getir

Home / Nasional

Selasa, 28 September 2021 - 00:08 WIB

Waspada! Ada Investasi Bodong dengan Iming-iming Surat Izin OJK Palsu

NASIONAL- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan agar masyarakat berhati-hati pada tawaran investasi bodong. Kali ini ada modus baru, yaitu menunjukkan atau menyantumkan surat izin palsu yang mengatasnamakan OJK.
Maka dari itu masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dan mengecek keaslian surat izin yang mengatasnamakan OJK.

“Sobat OJK, waspada dan berhati-hatilah ketika mendapat tawaran investasi. #CekDulu keaslian surat izin yang mengatasnamakan OJK yang kamu terima,” bunyi keterangan unggahan Instagram di akun resmi @ojkindonesia, dikutip Senin (27/9/2021).

BACA LAINNYA  Tragis! Pasutri Penjual Soto Tewas Disambar Kereta Api

Beberapa ciri-ciri surat izin palsu juga dipaparkan OJK. Misalnya saja bisa dilihat dari jenis dan ukuran font atau huruf yang tidak konsisten dalam satu surat. Surat izin palsu juga biasanya menduplikasi nama perusahaan yang legal namun menggunakan alamat palsu.

Kemudian, biasanya surat izin palsu juga mencantumkan jenis usaha yang bukan pengawasan OJK, misalnya forex, koperasi simpan pinjam, aset kripto, investasi trading, hingga emas.

BACA LAINNYA  Saat Maksiat Berdampak pada Sulitnya Syahadat di Ujung Ajal

Beberapa surat izin palsu juga mencantumkan QR code palsu yang tidak bisa di-scan. Atau ada juga yang saat di-scan justru mengarah ke website yang tidak jelas juntrungannya.

Kalau masih ragu, masyarakat juga bisa memastikan keaslian surat izin OJK dengan cara menghubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui nomor telepon 157, whatsapp 081 157 157 157, atau email konsumen@ojk.go.id.

BACA LAINNYA  Dugaan Pencabulan Anak di Luwu Timur, KPAI Dorong Pemda Lindungi Ibu & Korban

OJK juga mengingatkan agar masyarakat bisa memastikan legalitas dan identitas sebuah tawaran investasi telah sesuai. Bisa dengan cek di website, akun resmi media sosialnya, nomor telepon, alamat, ataupun email.

“Ingat perusahaan yang berizin OJK dilarang menawarkan melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan konsumen,” tegas OJK.

Detik.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Sudah Konstituen Dewan Pers, JMSI Kaltim Komitmen Ciptakan Anggota Berkualitas

Nasional

Pemerintah Akan Mengakhiri PPKM level 1-4 Hari Ini, Simak Penjelasan

Nasional

Bela Konsumen, LPKNI Berhasil Kembalikan Hak Konsumen

Nasional

Muncul Seruan Tangkap Airlangga & Luhut: Rakyat Mmati-matian Bayar pajak, sialan lu! – Viral & Trending

Nasional

TVRI Tak Ikut Tayangkan Film G30S PKI, Jejak Digital Dirut Iman Brotoseno Dibongkar

Nasional

Heboh !! Gus Miftah Tarif Dakwah Miliaran, Ini Katanya

Nasional

MA Goes to Campus, Membedah UU ITE dan Kebebasan Berekspresi dalam Media Sosial

Nasional

Penyidik KPK Lakso Anindito Mengaku Langsung Dipecat Tanpa Terima SK Hasil TWK