Menu

Mode Gelap
Facebook Mulai Uji Coba Kurangi Konten Politik di 80 Negara, Termasuk Indonesia Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid Al Haris Janji Berantas Sumur Illegal Drilling di Batanghari Pemaparan Visi Misi Cakades Bajubang Laut, Warga : Joni Punya Jaringan, dan Pergaulan Luar Biasa Maulana Terima Penghargaan Menkes Terkait Sanitasi Berbasis Masyarakat

Nasional · 28 Sep 2021 00:08 WIB

Waspada! Ada Investasi Bodong dengan Iming-iming Surat Izin OJK Palsu


 Waspada! Ada Investasi Bodong dengan Iming-iming Surat Izin OJK Palsu Perbesar

NASIONAL- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan agar masyarakat berhati-hati pada tawaran investasi bodong. Kali ini ada modus baru, yaitu menunjukkan atau menyantumkan surat izin palsu yang mengatasnamakan OJK.
Maka dari itu masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dan mengecek keaslian surat izin yang mengatasnamakan OJK.

“Sobat OJK, waspada dan berhati-hatilah ketika mendapat tawaran investasi. #CekDulu keaslian surat izin yang mengatasnamakan OJK yang kamu terima,” bunyi keterangan unggahan Instagram di akun resmi @ojkindonesia, dikutip Senin (27/9/2021).

BACA LAINNYA  Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Ditangkap dan Diikat di Tiang Telepon

Beberapa ciri-ciri surat izin palsu juga dipaparkan OJK. Misalnya saja bisa dilihat dari jenis dan ukuran font atau huruf yang tidak konsisten dalam satu surat. Surat izin palsu juga biasanya menduplikasi nama perusahaan yang legal namun menggunakan alamat palsu.

Kemudian, biasanya surat izin palsu juga mencantumkan jenis usaha yang bukan pengawasan OJK, misalnya forex, koperasi simpan pinjam, aset kripto, investasi trading, hingga emas.

BACA LAINNYA  Napoleon Bonaparte Bak Pembuka Keran yang Tersumbat

Beberapa surat izin palsu juga mencantumkan QR code palsu yang tidak bisa di-scan. Atau ada juga yang saat di-scan justru mengarah ke website yang tidak jelas juntrungannya.

Kalau masih ragu, masyarakat juga bisa memastikan keaslian surat izin OJK dengan cara menghubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui nomor telepon 157, whatsapp 081 157 157 157, atau email konsumen@ojk.go.id.

BACA LAINNYA  Diduga Komsumsi Narkoba, Warga Muara Tembesi Diamankan Petugas Polisi

OJK juga mengingatkan agar masyarakat bisa memastikan legalitas dan identitas sebuah tawaran investasi telah sesuai. Bisa dengan cek di website, akun resmi media sosialnya, nomor telepon, alamat, ataupun email.

“Ingat perusahaan yang berizin OJK dilarang menawarkan melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan konsumen,” tegas OJK.

Detik.com

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanahnya Ditawar Miliaran Rupiah, Pensiunan PNS Ini Pilih Wakafkan untuk Masjid

15 Oktober 2021 - 20:26 WIB

Brigadir NP Siap Tanggung Jawab soal Aksi Banting Pendemo Mahasiswa

14 Oktober 2021 - 08:23 WIB

Catat! ASN Dilarang Cuti Pada Tanggal Ini

13 Oktober 2021 - 11:52 WIB

Soal Tagar #PercumaLaporPolisi, IPW: Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga

12 Oktober 2021 - 08:58 WIB

Libur Hari Besar Islam Sering Digeser, MUI: Harusnya Mengikuti Hari Besar Keagamaan

12 Oktober 2021 - 08:43 WIB

Demi Keadilan, DPR Minta Usut Tuntas Kasus Pemerkosaan Anak di Luwu Timur

12 Oktober 2021 - 07:38 WIB

Trending di Hukrim